Korporasi

Kenali Ciri-ciri Phising Business Email Compromise (BEC)

22 Jul 2024 • Ditulis oleh: Redaksi OCBC

Bagikan Ke

Artikel Card Image
Promo Card Image

Kenali Ciri-ciri Phising Business Email Compromise (BEC)

Waspada email penipuan, modus Business Email Compromise (BEC) banyak menjebak korban!

Kejahatan siber melalui email terus terjadi hingga saat ini. Salah satunya melalui penyamaran atau pemalsuan identitas sebagai CEO, supplier, hingga perusahaan resmi dengan tawaran kerjasama dan lainnya, dengan tujuancalon korban tertarik dan mengikuti instruksi dari penipu termasuk arahan untuk transfer dana hingga pemberian informasi sensitif bisnis/Perusahaan.

Modus ini disebut juga dengan Business Email Compromise (BEC).

Jika Anda tidak hati-hati dan terjebak, tentu saja bisnis Anda akan mengalami kerugian yang sangat besar.

Lantas, apa yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penipuan ini?

YUK, KENALI 5 CIRI-CIRI BUSINESS EMAIL COMPROMISE (BEC)

  1. Alamat Email Mencurigakan (Suspicious Email Address)

    Biasanya penipu akan menggunakan alamat email yang menyerupai organisasi/perusahaan terkemuka namun mengubah atau menghilangkan beberapa huruf dan angka sehingga penerima mudah terkecoh.

    Misal:

    Email resmi -> clientservices@ocbc.id

    Email palsu -> clientservicess@ocbc.id

    Atau temukan info lengkap lainnya melalui Jangan klik link palsu! Bisa rampas harta dan data (ocbc.id)

  2. Menggunakan sapaan dan penutup yang umum digunakan (Generic Greetings and Signatures)

    Informasi yang disampaikan pada badan email terbatas dan biasanya menggunakan sapaan umum seperti “Bapak/Ibu" atau "Pelanggan yang Terhormat", serta pada kalimat penutup tidak memberikan informasi nama pengirim dan hanya menuliskan nama perusahaannya saja.

  3. Kesalahan ejaan atau tata letak kalimat (Misspelling and Layout)

    Menggunakan struktur kalimat yang aneh, salah ejaan, dan format yang tidak konsisten. Misal:

    1. Perubahan spasi antara paragraf satu dengan yang lain (dari 1,5 lalu ke 0,5).
    2. Ejaan kata yang salah, seperti segera mentransfer namun tertulis -> segera menransfer (Tidak sesuai dengan KBBI).
    3. Struktur kalimat yang aneh seperti hasil translate.
  4. Pemalsuan situs web atau Hyperlink (Spoofed Websites and Hyperlinks)

    Tautan yang dilampirkan di badan email mengarahkan ke situs palsu. Biasanya diarahkan ke situs palsu berbahaya dan telah divariasi dari domain sah (ejaan atau domain berbeda seperti .net, vs .com) atau menggunakan URL untuk menyembunyikan tujuan tautan yang sebenarnya.

  5. Lampiran mencurigakan (Suspicious Attachment)
  6. Berisikan pesan yang meminta korban untuk segera membuka atau mengunduh lampiran yang mengandung malware.

    Malware yang merupakan singkatan dari malicious software merupakan perangkat lunak tidak resmi yang bisa memberikan dampak kerusakan sistem hingga pencurian data penting yang merugikan.

CEGAH PENIPUAN AGAR TAK JADI KORBAN!

  • Segera lakukan konfirmasi ke TANYA OCBC jika ada informasi / transaksi mencurigakan Hubungi Tanya OCBC 1500999, email ke clientservices@ocbc.id atau +62-21-26506300 (dari luar negeri) dan pilih layanan “Nasabah Bisnis” atau WhatsApp ke 08121500999.
  • Selalu berhati-hati dan lakukan pemeriksaaan informasi terlebih dahulu pada website resmi/ call center resmi perusahaan terkait dan selalu waspada apabila terdapat arahan untuk mengunduh/mengakses link/file.
  • Jangan membagikan data pribadi Nasabah termasuk PIN, CVV, masa berlaku Kartu Kredit, dan kode OTP kepada pihak manapun.

Kini Anda harus lebih berhati-hati terhadap setiap email yang diterima. Lakukan pengecekkan lebih detail unutk setiap informasi yang tertera, agar Anda tidak menjadi korban kejahatan selanjutnya.

Tertarik dengan artikel kami?

Bagikan Artikel Ini?

Produk Terkait

Manajemen Kas

Manajemen Kas

Kelola bisnis jadi lebih mudah dan nyaman

Segala Kemudahan Ada
di Satu Genggaman

Nikmati berbagai layanan kartu OCBC sesuai kebutuhan Anda

Artikel Terbaru

Waspada Phishing Link Pembatalan Transaksi: Tingkatkan Kewaspadaan, Lindungi Akses Perbankan
  • Korporasi

Waspada Phishing Link Pembatalan Transaksi: Tingkatkan Kewaspadaan, Lindungi Akses Perbankan

14 Nov 2025

Aktivitas digital yang semakin meningkat di dunia usaha turut mendorong munculnya berbagai modus kejahatan siber yang menargetkan nasabah. Salah satu pola yang kembali marak adalah dengan kedok pembatalan transaksi dengan nada mendesak atau penting, di mana pelaku menyamar sebagai pihak bank untuk memperoleh akses terhadap informasi perbankan Perusahaan Anda.

Antisipasi Aplikasi Palsu & Link Phishing yang Beredar dengan Berbagai Modus Aksi
  • Korporasi

Antisipasi Aplikasi Palsu & Link Phishing yang Beredar dengan Berbagai Modus Aksi

10 Okt 2025

Seiring meningkatnya aktivitas digital, pelaku kejahatan siber terus mencari cara baru untuk menipu pengguna layanan perbankan. Salah satu risiko yang perlu diantisipasi sejak dini adalah beredarnya aplikasi palsu & link phishing yang dikirim dari pihak yang menyamar sebagai pihak resmi OCBC Business atau instansi lainnya.

Modus Phishing & APK Palsu Mengincar Data Penting Perusahaan
  • Korporasi

Modus Phishing & APK Palsu Mengincar Data Penting Perusahaan

10 Sep 2025

Seiring meningkatnya aktivitas digital, pelaku kejahatan siber semakin sering memanfaatkan pesan (SMS/WhatsApp/E-mail) untuk mengirimkan tautan berupa link phishing / APK (Android Package Kit) yang disamarkan sebagai pembaruan data NIB (Nomor Induk Berusaha) atau NPWP Badan oleh instansi berwenang/pemerintah, atau modus lainnya seperti penawaran pembatalan transaksi yang mengatasnamakan Bank.

Waspada Link Phishing! Jaga Keamanan Isi Rekening
  • Korporasi

Waspada Link Phishing! Jaga Keamanan Isi Rekening

17 Jul 2025

Link Phishing menjadi kejahatan siber yang semakin banyak memakan korban. Pelaku kerap menyamar sebagai pihak tepercaya seperti Bank, Agen Travel, Vendor, atau Rekan Kerja, lalu mereka akan mengirim link palsu melalui email chat WA, SMS, media sosial, atau telepon.

Kemudahan Transaksi Perbankan di Ujung Jari

Download OCBC mobile sekarang!