Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Bank OCBC NISP 2023

11 Apr 2023

Selama lebih dari 82 tahun, Bank OCBC NISP Berdiri Tangguh dan Secara Konsisten Membukukan Kinerja Yang Positif, Serta Prudent dalam Menjalankan Bisnisnya

Persetujuan Pemegang Saham atas Enam Agenda Rapat

Bank OCBC NISP menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (“RUPST”) pada Selasa, 11 April 2023 (“Rapat”) dan memperoleh persetujuan atas seluruh agenda rapat. Enam agenda rapat yang telah mendapat persetujuan dari Pemegang Saham adalah sebagai berikut:

  1. Laporan Tahunan Perseroan termasuk Laporan Direksi dan Laporan Pengawasan Dewan Komisaris untuk tahun buku 2022.
  2. Penetapan penggunaan Laba Bersih Perseroan untuk tahun buku 2022, yakni sebesar Rp3,3 triliun sebagai berikut:
    • 40% atau sebesar Rp1,3 triliun atau Rp58 per saham ditetapkan sebagai Dividen Tunai.
    • Sebesar Rp100 juta digunakan untuk cadangan umum.
    • Sisa Laba Bersih ditetapkan sebagai laba ditahan.
  3. Pembelian kembali saham Perseroan (Share Buyback) maksimum 402.000 saham dan pengalihan saham hasil buyback untuk pemberian remunerasi yang bersifat variabel sesuai dengan POJK serta perundang-undangan yang berlaku.
  4. Persetujuan Rencana Resolusi (Resolution Plan) sesuai peraturan Lembaga Penjamin Simpanan Nomor 1 Tahun 2021.
  5. Perubahan susunan Pengurus Perseroan sebagai berikut:
    • Pengangkatan Nicholas Tan sebagai Komisaris Independen untuk masa jabatan efektif setelah mendapat persetujuan OJK sampai ditutupnya RUPST tahun 2026.
    • Pengangkatan kembali anggota Dewan Komisaris:
      • Pramukti Surjaudaja sebagai Presiden Komisaris, Jusuf Halim dan Betti S. Alisjahbana sebagai Komisaris Independen untuk masa jabatan efektif sejak ditutupnya Rapat sampai dengan ditutupnya RUPST tahun 2026.
      • Lai Teck Poh sebagai Komisaris untuk masa jabatan efektif sejak ditutupnya Rapat sampai dengan ditutupnya RUPST tahun 2025.
      • Kwan Chiew Choi sebagai Komisaris Independen untuk masa jabatan efektif sejak ditutupnya Rapat sampai dengan tanggal efektif Komisaris Independen yang baru.
    • Pengangkatan kembali anggota Direksi:
      • Parwati Surjaudaja sebagai Presiden Direktur, Emilya Tjahjadi, Hartati, Joseph Chan Fook Onn, Ka Jit, dan Lili S. Budiana sebagai Direktur.
    • Pengangkatan kembali anggota Dewan Pengawas Syariah:
      • Muhammad Anwar Ibrahim sebagai Ketua, dan Mohammad Bagus Teguh Perwira sebagai Anggota.
  6. Pemberian wewenang dan kuasa kepada Dewan Komisaris untuk menunjuk Akuntan Publik dan Kantor Akuntan Publik yang akan mengaudit Laporan Keuangan Konsolidasian Perseroan untuk tahun buku 2023.

Kinerja Positif Perbankan Terus Terjaga

  • Di tengah kondisi ekonomi yang semakin pulih, Bank OCBC NISP terus berkomitmen mewujudkan aspirasi nasabah individu dan bisnis dengan menyediakan solusi layanan keuangan yang komprehensif. Wujud nyata dari komitmen tersebut tercermin dari total aset Bank OCBC NISP pada 2022 yang tumbuh 11% YoY menjadi Rp238,5 triliun sehingga laba bersih Bank turut mencatatkan pertumbuhan 32% YoY pada tahun 2022.
  • Tumbuhnya laba Bank OCBC NISP didorong antara lain oleh kenaikan pendapatan bunga bersih sebesar 14% YoY dan penurunan pada beban cadangan kerugian sebesar 25% YoY.
  • Simpanan Nasabah (DPK) pada akhir tahun 2022 mencapai Rp176 triliun, dengan komposisi 55% terdiri dari giro dan tabungan, serta 45% merupakan Deposito.
  • Peningkatan kinerja Bank OCBC NISP juga terlihat pada sisi penyaluran kredit, yang naik sebesar 14% YoY. Kenaikan tersebut didukung oleh penyaluran kredit segmen business banking yang tumbuh 13% YoY dan retail banking tumbuh sebesar 16% YoY. Salah satu faktor pendukung kenaikan di retail banking adalah pertumbuhan kredit konsumer sebesar 24% pada tahun 2022.
  • Membaiknya permintaan kredit telah mendorong peningkatan Loan to Deposits Ratio (LDR) menjadi 77,2% pada akhir tahun 2022. Di sisi lain, penyaluran kredit Bank OCBC NISP senantiasa diiringi kualitas yang terjaga, di mana tingkat NPL Gross (Kredit Bermasalah Bruto) berada di level 2,4%. Penyisihan Kerugian Kredit terhadap Kredit Bermasalah Bruto juga berada di posisi yang baik pada level di atas 200%, mencerminkan Bank telah menjalankan prinsip kehati-hatian dalam mengelola kredit yang disalurkan.
  • Bank OCBC NISP merupakan salah satu bank dengan peringkat kredit tertinggi di Indonesia yakni peringkat AAA(idn)/stabil dari PT Fitch Ratings Indonesia.

“Kinerja positif dan berkelanjutan Bank OCBC NISP tidak terlepas dari dukungan semua pemangku kepentingan yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk dapat menjadi mitra perbankan. Selanjutnya, Bank akan senantiasa konsisten menerapkan prinsip kehati-hatian dan berpedoman pada kegiatan perbankan yang bertanggung jawab serta berinovasi agar layanan keuangan dapat terjangkau di mana saja dan kapan saja,” papar Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur Bank OCBC NISP.

Konsisten Dukung Masyarakat Agar Lebih #FinanciallyFit

  • Saat ini, pemerintah tengah menggaungkan Indonesia Emas 2045, sebuah visi untuk membangun negara maju yang berdaulat, adil, dan makmur. Salah satu tujuan pilarnya adalah untuk memajukan kesejahteraan umum dengan tolak ukur sehat secara finansial. Dengan demikian, inklusi dan literasi keuangan sangat diperlukan. Selaras dengan hal tersebut, Bank OCBC NISP terus berinovasi untuk mengembangkan berbagai inisiatif guna membangun masyarakat yang #FinanciallyFit.
  • Hal tersebut juga sesuai dengan hasil OCBC NISP Financial Fitness Index 2022, sebuah riset tahunan hasil kolaborasi dengan NielsenIQ yang menunjukkan bahwa skor Financial Fitness atau skor kesehatan finansial generasi muda Indonesia naik menjadi 40.06 di tahun 2022, dibandingkan dengan tahun sebelumnya yaitu 37.72. Meskipun demikian, sebanyak 76% masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan keuangan yang perlu dibenahi.
  • Salah satu upaya Bank OCBC NISP untuk meningkatkan skor kesehatan finansial masyarakat adalah dengan terus mengampanyekan solusi Financial Fitness Bank OCBC NISP melalui berbagai inisiatif termasuk meluncurkan Financial Fitness Gym (FFG), kantor cabang Bank OCBC NISP yang berbentuk experience centre – di mana masyarakat datang ke sana tidak sekadar untuk bertransaksi, namun mengedepankan edukasi dengan konsep ‘financial fitness sama dengan physical fitness.’ Saat ini FFG terdapat di Mall Ciputra Surabaya, dan yang terbaru berlokasi di The COVE, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.
  • Lebih dari itu, Bank OCBC NISP juga secara aktif menyelenggarakan lebih dari 300 kelas edukasi daring dan luring, termasuk kelas webinar Ruang MeNYALA, kegiatan financial EducatiON dan kegiatan edukasi lainnya yang diikuti oleh lebih dari 78.000 peserta. Bank juga secara reguler membuat dan mendistribusikan konten-konten edukasi di media digital dan media sosial yang dimiliki.
  • Inisiatif-inisiatif Bank OCBC NISP untuk mengedukasi masyarakat terkait pengelolaan keuangan membuahkan hasil positif. Pada tahun 2022, minat nasabah untuk mengembangkan dananya melalui produk-produk investasi meningkat, terlihat dari transaksi produk wealth management Bank OCBC NISP untuk produk reksadana, bancassurance dan surat berharga yang secara keseluruhan mencatatkan pertumbuhan pendapatan sebesar 9% YoY.
  • Lebih dari itu, Bank mencatat peningkatan penyaluran KPR Bank OCBC NISP sepanjang tahun 2022 sebesar 25% YoY, baik untuk KPR Kendali & KPR Easy Start.

Akselerasi Kapabilitas Digital Mendukung Kebutuhan Nasabah

  • Bank OCBC NISP mencatat peningkatan aktivitas digital nasabah individu melalui aplikasi mobile banking, ONe Mobile – aplikasi untuk bantu menumbuhkan uang, sebesar 37% YoY. Nilai transaksi yang dilakukan nasabah mengalami peningkatan sebesar 23%, sementara jumlah pengguna bertambah 21% dibandingkan tahun 2021. Lebih lanjut, pertumbuhan transaksi valas melalui ONe Mobile juga tumbuh pesat. Hal tersebut memperlihatkan penerimaan yang baik dari nasabah akan fitur-fitur ONe Mobile yang dapat mendukung mereka, baik untuk kebutuhan wealth management hingga transaksi sehari-hari (daily banking).
  • Pada segmen business banking, Bank OCBC NISP mencatatkan kenaikan pengguna dan nilai transaksi velocity@ocbcnisp, aplikasi yang memberikan kemudahan transaksi bisnis, masing-masing sebesar 18%. Pertumbuhan ini menunjukkan bahwa semakin banyak pelaku usaha yang melakukan aktivitas perbankan melalui channel digital terintegrasi yang dimiliki oleh Bank OCBC NISP sehingga mereka dapat terus berkembang menjadi lebih kuat dan beroperasi dengan efisien.

“Peran perbankan sebagai salah satu ujung tombak perekonomian sangatlah penting. Untuk itu, kami akan terus berinovasi dan mengakselerasi kapabilitas digital sesuai dengan kebutuhan masyarakat sehingga kita semua dapat lebih #FinanciallyFit,” tambah Parwati.

Komitment dalam Menjalankan Pembiayaan Berkelanjutan (Sustainable Financing)

  • Sebagai Bank pertama di Indonesia yang menyalurkan pembiayaan berwawasan lingkungan yang bekerja sama dengan International Finance Corporation (IFC) dalam bentuk green bond dan gender bond, Bank OCBC NISP percaya bahwa pembiayaan berkelanjutan merupakan bagian penting dari ekonomi cerdas yang harus terus didorong. Untuk itu, Bank secara konsisten meneruskan eksplorasi atas potensi calon Debitur atau Debitur yang memiliki usaha yang bergerak pada sektor yang mendukung pembiayaan hijau.
  • Green bond Bank OCBC NISP utamanya disalurkan pada pengembangan proyek-proyek hijau dan pembiayaan properti hijau, termasuk Pollution Prevention, Renewable Energy, Land & Water Biodiversity Conservation, Water & Waste Treatment, Climate Change Adaptation, Eco-Efficient Product, Green Transportation, Green Building dan Waste Management. Sedangkan Gender Bond dituangkan melalui program #TAYTB Women Warriors, sebuah solusi dan layanan keuangan untuk para pengusaha perempuan dengan menggabungkan kebutuhan individu dan bisnis yang didukung dengan layanan beyond banking.
  • Pembiayaan berkelanjutan juga diberikan guna mendukung para UMKM naik kelas. Bank OCBC NISP menghadirkan ekosistem #ONPreneurship yang dilengkapi dengan inovasi pemberian modul pengembangan UMKM yang keseluruhan temanya telah disesuaikan dengan kebutuhan UMKM. #ONPreneurship menjadi wadah bagi setiap pelaku usaha untuk naik kelas lewat edukasi, pelatihan, networking, penghargaan, hingga mendekatkan ke akses pendanaan.
  • Per 31 Desember 2022, Bank OCBC NISP telah menyalurkan pembiayaan berkelanjutan sebesar Rp33,8 triliun dimana di antaranya disalurkan kepada program #TAYTB Women Warriors, sebesar Rp3,0 triliun atau meningkat 26% YoY. Sementara jumlah wirausaha perempuan sebanyak 1.254 pengusaha, dengan kata lain meningkat sebesar 17% YoY. Lebih lanjut, total pembiayaan berwawasan lingkungan di tahun 2022 sebesar Rp 13,83 triliun meningkat 12% dari tahun sebelumnya.
  • Tak hanya memberikan pembiayaan berkelanjutan, operasional Bank OCBC NISP juga dijalankan secara berkelanjutan. Pada 25 Juli 2022, Bank memperoleh sertifikasi green building dari IFC EDGE untuk Gedung ONSpace di BSD, Tangerang dengan desain, konstruksi dan operasional yang mendukung sustainability environment untuk mengurangi polusi (net zero carbon) serta dapat meningkatkan kualitas hidup karyawan dan masyarakat. Dengan sertifikasi green building ini, Bank telah melakukan 28% penghematan energi, 61% penghematan air, dan 25% penghematan atas konsumsi Embodied Energy Material. Semua itu merupakan bentuk komitmen Bank untuk turut berpartisipasi dalam mengatasi perubahan iklim.

Meraih Penghargaan Skala Nasional dan Internasional

  • Tahun 2022, lebih dari 60 penghargaan diterima oleh Bank OCBC NISP. Penghargaan tersebut terdiri dari berbagai bidang baik di Bisnis, Retail, Digitalisasi, Performance, Good Corporate Governance (GCG), Environmental, Social and Governance (ESG), SDM, Produk, dan Kampanye Komunikasi.
  • Beberapa penghargaan bergengsi dari organisasi internasional termasuk:
    • ‘The Best Bank of The Year Indonesia’, The Banker, London (2018 - 2022),
    • ‘Best Private Bank Indonesia’, ‘Best Corporate Governance Bank Indonesia’, and dan ‘Best Forex Bank Indonesia 2022’ by GBAF Publication, Global Banking & Finance Review Award, London, 3 tahun berturut-turut (2020 – 2022)
    • The SME Bank of The Year – Asian Banking & Finance, Retail Banking Awards, Singapura, 9 tahun berturut-turut (2014 – 2022)
    • Indonesia Domestic Cash Management Bank of the Year’ by ABF Wholesale Banking Awards, Singapore (2020 – 2022)
    • ‘Best Trade Finance Bank Indonesia’, The Digital Banker Global Transaction Banking Innovation Awards 2022.
  • Adapun berbagai penghargaan lokal yang diraih Bank OCBC NISP di antaranya adalah:
    • Top 50 Emiten Kapitalisasi Pasar Terbesar (Big Cap PLCs) oleh Indonesian Institute for Corporate Directorship (IICD) di The 13th IICD Corporate Governance Awards 2022, Indonesia, 2 tahun berturut-turut (2021 – 2022)
    • ‘Bank Terbaik 2022 kategori KBMI 3’ dari Majalah Investor
    • ‘Indonesia Best Bank 2022 for The Valuable Business Strategy Through Banking Products and Services Category: KBMI 3, Private Bank’ dari Warta Ekonomi
    • ‘Predikat kinerja “Sangat Bagus” Kelompok KBMI 3’, ‘Best Risk Management 2021 KBMI 3’, ‘The Best CGC 2021 KBMI 3’, dan ‘The Best Performance KBMI 3’ (Aset Rp200 Triliun Ke Atas) dari Infobank Award 2022
    • ‘The Most Efficient Bank – Kategori KBMI 3’ dari Bisnis Indonesia Finansial Award 2022.
  • Komitmen Bank OCBC NISP dalam hal ESG juga diapresiasi oleh berbagai organisasi seperti ‘Penghargaan Katadata Green Initiative Award’ dari Katadata Award 2022 dan ‘The Best Bank in Financial Sustainability category’ dari TEMPO Financial Award.

Sekilas Tentang Bank OCBC NISP
Bank OCBC NISP didirikan di Bandung pada tahun 1941 dengan nama Nederlandsch Indische Spaar en Deposito Bank. Per tanggal 31 Desember 2022, Bank OCBC NISP melayani nasabah melalui 200 jaringan kantor di 54 kota di Indonesia. Selain itu, nasabah juga dapat bertransaksi melalui 496 ATM Bank OCBC NISP, lebih dari 98.000 jaringan ATM di Indonesia, dan sekaligus terhubung dengan lebih dari 600 jaringan ATM OCBC Group di Singapura dan Malaysia. Bank OCBC NISP pun melayani nasabah melalui berbagai channel digital, termasuk mobile banking dan internet banking – baik untuk individu maupun korporasi. Bank OCBC NISP merupakan salah satu bank dengan peringkat kredit tertinggi di Indonesia yakni peringkat AAA(idn)/stabil dari PT Fitch Ratings Indonesia.

Brand & Communication Division, Bank OCBC NISP
OCBC NISP Tower, Jl Prof Dr Satrio Kav 25, Jakarta 12940
Tel: 021- 25533888; Fax: 021-57944000
brand.communication@ocbcnisp.com
Website : www.ocbcnisp.com

Aleta Hanafi
Division Head
aleta.hanafi@ocbcnisp.com,
Mobile: 62-8119860068
Chandra Novita
Publicist
chandra.novita@ocbcnisp.com
Mobile: 62-8111071069
Nadya Maharani
Publicist
nadya.maharani@ocbcnisp.com
Mobile: 62-8118725945
Novi Henriatika
Publicist
novi.henriatika@ocbcnisp.com
Mobile: 62-8119812329

News for your Inspiration

Read More
OCBC Premium Music Experience 2024

Event - 6 Mei 2024

OCBC Kembali Hadirkan Musisi Kancah Internasional untuk Menyapa Nasabah Tanah Air dalam Signature Event ‘Premium Music Experience 2024’

Read More
RUPST 2024 OCBC Indonesia

Event - 18 Mar 2024

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan OCBC 2024 “Semakin Tangguh dan Melaju Jauh dengan Praktik Bisnis Berkelanjutan”

See All