Awali Tahun Dengan Optimis, Laba Bersih Bank OCBC NISP Naik 65,8% YoY di Kuartal Pertama 2023

28 Apr 2023

Jakarta, 28 April 2023 – Bank OCBC NISP terus melanjutkan kinerja yang solid di tiga bulan pertama tahun 2023 dengan implementasi strategi bisnis yang konsisten dan berkelanjutan, diiringi optimalisasi digital perusahaan. Hal tersebut tercermin dari laba bersih Bank yang mencatatkan pertumbuhan 65,8% YoY pada Kuartal Pertama 2023 menjadi sebesar Rp1 triliun. Tumbuhnya laba Bank OCBC NISP juga didorong antara lain oleh kenaikan pendapatan bunga bersih sebesar 25,3% YoY dan penurunan pada beban cadangan kerugian sebesar 51,3% YoY.

Pada periode yang sama, Bank OCBC NISP juga membukukan peningkatan total kredit sebesar 11,6% YoY menjadi Rp137,6 triliun. Penyaluran kredit Bank OCBC NISP senantiasa diiringi kualitas yang terjaga, di mana tingkat NPL Gross (Kredit Bermasalah Bruto) berada di level 2,4%.

Kinerja Keuangan Utama per posisi 31 Maret
Keterangan 2023 2022 ∆% YoY
Laba Bersih (Rp miliar) 1.030 621 65,8%
Jumlah Aset (Rp triliun) 239,9 225,7 6,3%
Kredit - bruto (Rp triliun) 137,6 123,3 11,6%

Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur Bank OCBC NISP mengatakan, “Di situasi perekonomian yang semakin membaik, kami konsisten menjaga pertumbuhan berkelanjutan dan melangkah secara pruden ke depannya. Tahun ini kami optimis kondisi akan lebih kondusif sehingga ekonomi Indonesia akan bertumbuh. Selanjutnya, kami akan fokus untuk terus mengembangkan layanan keuangan yang inklusif.”

Namun demikian, Parwati juga menambahkan bahwa Bank OCBC NISP masih terus cermat dalam melihat perubahan yang terjadi, termasuk memperhatikan kondisi perekonomian nasional dan global, tren suku bunga acuan serta inflasi yang terjadi secara reguler.

Penambahan Fitur ONe Mobile & Velocity, Mudahkan Nasabah Kelola Keuangan

Perseroan terus mengakselerasi dan mentransformasi kemampuan dan kapabilitas perbankan, termasuk dalam hal digitalisasi untuk menghadirkan inovasi dan inisiatif yang relevan dengan kebutuhan nasabah individu melalui ONe Mobile, aplikasi yang dapat menumbuhkan uang dan untuk nasabah korporasi melalui Velocity@ocbcnisp.

Kenyamanan nasabah individu untuk bertransaksi secara online dengan menggunakan ONe Mobile Bank OCBC NISP tercermin dari meningkatnya aktivitas digital nasabah individu melalui aplikasi mobile banking tersebut sebesar 54% YoY. Saat ini, nasabah juga dengan mudah bertanya apapun mulai dari layanan, promo, kendala, hingga investasi melalui fitur Live Chat di aplikasi ONe Mobile. Fitur ini juga memberikan kemudahan apabila nasabah berada di luar negeri, sehingga mereka bisa bertanya tanpa mengeluarkan biaya telepon yang mahal.

Selain itu, Bank OCBC NISP juga meluncurkan fitur Life Goals di ONe Mobile; solusi inovatif untuk para nasabah dalam mengelola dan mengategorikan rencana masa depannya. Nasabah bisa memilih berbagai kategori perencanaan keuangan, sekaligus menghubungkan produk investasi yang dimiliki dengan kategori Life Goals yang dipilih; Pensiun, Pendidikan, Menikah, Travel, dan Wisata Rohani. Dengan begitu, nasabah dapat lebih bijak dalam memutuskan pengeluaran dan mewujudkan aspirasi keuangan mereka dengan lebih baik.

Pada segmen bisnis korporasi, Bank OCBC NISP mencatatkan kenaikan pengguna Velocity, aplikasi yang memberikan kemudahan transaksi bisnis sebesar 17% YoY. Hal ini menunjukkan bahwa semakin banyak nasabah korporasi menyukai channel digital terintegrasi yang dimiliki oleh Bank OCBC NISP OCBCNISP Information Classification: PublicOCBCNISP Information Classification: Internal tersebut agar bisnis dapat berjalan seamless. Salah satu fitur yang dapat membantu nasabah korporasi dalam menjalankan usahanya adalah Trade Finance yang menghadirkan layanan Bank Garansi, Letter of Credit (LC), dan Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri (SKBDN) berbasis online yang dapat diakses melalui platform Velocity@ocbcnisp.

Terus Dukung Pebisnis #NaikKelas

Bank OCBC NISP senantiasa berkomitmen mendukung pebisnis naik kelas untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat. Untuk itu, pada Maret 2023, perseroan menyelenggarakan OCBC NISP Business Forum 2023 untuk memberikan insight, ide, gagasan, dan pandangan perekonomian Indonesia maupun global, kepada lebih dari 500 nasabah yang terdiri dari para CEO korporasi, serta para pengusaha dari Premier dan Private Banking. Turut hadir dalam acara ini Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno secara virtual; Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Teten Masduki, serta Wakil Menteri Keuangan Republik Indonesia, Suahasil Nazara.

Lebih lanjut, Bank OCBC NISP secara konsisten menjalankan bisnis yang berkelanjutan. Bank terus menyalurkan pembiayaan berkelanjutan berupa kredit berwawasan lingkungan dan berbasis gender. Per 31 Maret 2023, Bank OCBC NISP terus menyalurkan kredit melalui program #TAYTB Women Warriors, meningkat 9,6% YoY. Sementara jumlah wirausaha perempuan meningkat sebesar 12,5% YoY.

Lebih dari sekadar pembiayaan berkelanjutan, perseroan juga merupakan Bank pertama di Indonesia yang menerima sertifikat energi hijau atau Renewable Energy Certificate (REC) dengan total penyediaan setara 11.000 (MWh) dari PT PLN Persero. Melalui REC ini, PLN akan memastikan bahwa tenaga listrik yang dibeli oleh Bank OCBC NISP merupakan produksi dari Pembangkit Listrik berbahan bakar energi terbarukan dan akan digunakan di cabang-cabang Bank OCBC NISP yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sekilas laporan keuangan dan rasio keuangan per 31 Maret 2023 disajikan dalam factsheet terlampir.

Sekilas Tentang Bank OCBC NISP
Bank OCBC NISP didirikan di Bandung pada tahun 1941 dengan nama Nederlandsch Indische Spaar en Deposito Bank. Per tanggal 31 Maret 2023, Bank OCBC NISP melayani nasabah melalui 199 jaringan kantor di 54 kota di Indonesia. Selain itu, nasabah juga dapat bertransaksi melalui 492 ATM Bank OCBC NISP, lebih dari 90.000 jaringan ATM di Indonesia, dan sekaligus terhubung dengan lebih dari 600 jaringan ATM OCBC Group di Singapura dan Malaysia. Bank OCBC NISP pun melayani nasabah melalui berbagai channel digital, termasuk mobile banking dan internet banking – baik untuk individu maupun korporasi. Bank OCBC NISP merupakan salah satu bank dengan peringkat kredit tertinggi di Indonesia yakni peringkat AAA(idn)/stabil dari PT Fitch Ratings Indonesia.

Brand & Communication Division, Bank OCBC NISP
OCBC NISP Tower, Jl Prof Dr Satrio Kav 25, Jakarta 12940
Tel: 021- 25533888; Fax: 021-57944000
brand.communication@ocbcnisp.com
Website : www.ocbcnisp.com

Aleta Hanafi
Division Head
aleta.hanafi@ocbcnisp.com,
Mobile: 62-8119860068
Chandra Novita
Publicist
chandra.novita@ocbcnisp.com
Mobile: 62-8111071069
Nadya Maharani
Publicist
nadya.maharani@ocbcnisp.com
Mobile: 62-8118725945
Novi Henriatika
Publicist
novi.henriatika@ocbcnisp.com
Mobile: 62-8119812329

News for your Inspiration

Read More
OCBC NISP Rebrands to OCBC

Pencapaian - 14 Nov 2023

Bank OCBC NISP Mengubah Merek dan Logo Perusahaan Jadi ‘OCBC’ Menjadi Bank yang Lebih Kuat dengan One Brand, One Group Unity

Read More
OCBC NISP Tower

Pencapaian - 31 Jul 2023

Bank OCBC NISP Bukukan Kinerja Keuangan Semester I Tahun 2023 dengan Laba Bersih Tumbuh 25% YoY

See All