Jakarta, 30 April 2025 – PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC) mengawali tahun 2025 dengan kinerja yang positif, mencatatkan laba bersih yang tumbuh double digit di angka 11% YoY atau sebesar Rp 1,29 triliun.
Kinerja Keuangan Utama (Konsolidasi) per 31 Maret dalam IDR triliun, kecuali % |
|||
---|---|---|---|
Deskripsi | 2025 | 2024 | ∆% YoY |
Laba Bersih | 1,29 | 1,17 | 11% |
Kredit - bruto | 168,9 | 152,6 | 11% |
Jumlah Dana Pihak Ketiga | 217,7 | 179,9 | 21% |
Jumlah Aset | 293,1 | 252,4 | 16% |
Jumlah Ekuitas | 39,7 | 36,8 | 8% |
Pertumbuhan laba bersih tersebut didorong oleh total pendapatan operasional yang meningkat sebesar 13% YoY menjadi Rp 3,2 triliun. Di sisi pendanaan, jumlah Dana Pihak Ketiga (DPK) bank juga meningkat 21% YoY menjadi sebesar Rp 217,7 triliun, yang merupakan kontribusi dari pertumbuhan deposito berjangka yang naik sebesar 40% YoY dan CASA yang naik 7% YoY.
Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur OCBC, mengatakan, “Pertumbuhan positif di kuartal pertama tahun ini mencerminkan strategi kami yang fokus pada pertumbuhan berkualitas. Meskipun di awal tahun ini masih diwarnai dengan dinamika kondisi makroekonomi global, pertumbuhan bank yang solid ini mencerminkan kepercayaan nasabah terhadap bank yang tetap terjaga.”
Kondisi likuiditas Bank juga tercatat sehat dengan Liquidity Coverage Ratio (LCR) sebesar 259%, jauh di atas ketentuan regulator. Sementara itu, kualitas kredit juga senantiasa terjaga baik, rasio Kredit Bermasalah Bruto (NPL Gross) sebesar 1,7% dan NPL Net di angka 0,7%.
Dari sisi pembiayaan, kredit konsumer tumbuh 16% YoY, dan kredit perbankan bisnis tumbuh sebesar 10% YoY. Selain itu, per 31 Maret 2025, Bank telah menyalurkan pembiayaan berkelanjutan (sustainable financing) dengan pertumbuhan sebesar Rp 1.3 Triliun atau 4% YoY, dimana 45% di antaranya dalam bentuk sustainability-linked loan dan pembiayaan hijau (green financing).
Pada kuartal pertama 2025 ini, jumlah transaksi melalui e-channel berhasil mencatatkan pertumbuhan hingga 85% YoY. Pengguna aktif individu internet banking dan OCBC Mobile meningkat sebesar 20% YoY, sedangkan pengguna aktif OCBC Business Mobile untuk nasabah korporasi mengalami peningkatan sebesar 27% YoY.
Parwati menambahkan, “Dalam menghadapi dinamika ekonomi nasional dan global, tentunya kami akan terus berpegang teguh pada prinsip kehati-hatian, dengan menjaga keseimbangan antara pertumbuhan dan manajemen risiko, demi memberikan nilai berkelanjutan bagi nasabah dan juga seluruh pemangku kepentingan.”
OCBC terus mengembangkan misi utama dan komitmen jangka panjangnya untuk menjadikan masyarakat Indonesia semakin sehat secara finansial (#FinanciallyFit). Pada Februari 2025, OCBC menghadirkan Young NYALA, solusi finansial yang dirancang khusus bagi orang tua yang memiliki anak berusia di bawah 17 tahun untuk mengajarkan anak menabung dan mengelola keuangan secara bijak. Dengan fondasi literasi yang kuat sejak dini, program ini diharapkan menghasilkan generasi masa depan yang dapat membuat keputusan finansial secara bijak dan bertanggung jawab.
Di kuartal pertama ini OCBC juga memenangkan beberapa penghargaan bergengsi, termasuk Global Banking and Finance Review Awards 2025 dalam kategori Best Corporate Governance Bank Indonesia 2025, Best SME Bank Indonesia 2025, Best Private Bank Indonesia 2025, dan Best Forex Bank Indonesia 2025. Selain itu, OCBC juga memenangkan penghargaan dari Euromoney Private Banking Awards 2025 dalam kategori Indonesia's Best Bank for Succession Planning.
Sekilas laporan keuangan dan rasio keuangan per 31 Maret 2025, disajikan dalam factsheet terlampir.
Tentang OCBC
PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC) didirikan di Bandung pada 1941 dengan nama Nederlandsch Indische Spaar en Deposito Bank. Selama lebih dari 84 tahun perjalanan, Bank mengalami beberapa kali perubahan nama menjadi 'Bank NISP', kemudian 'Bank OCBC NISP', hingga pada 14 November 2023 lalu, nama merek dan logo menjadi ‘OCBC’. Per tanggal 31 Maret 2025, OCBC melayani nasabah melalui 205 jaringan kantor di 54 kota di Indonesia. Selain itu, nasabah juga dapat bertransaksi melalui 529 ATM OCBC, lebih dari 90.000 jaringan ATM di Indonesia, dan sekaligus terhubung dengan lebih dari 580 jaringan ATM OCBC Group di Singapura dan Malaysia. OCBC pun melayani nasabah melalui berbagai channel digital, termasuk mobile banking dan internet banking – baik untuk individu maupun korporasi. OCBC merupakan salah satu bank dengan peringkat kredit tertinggi di Indonesia yakni peringkat AAA(idn)/stabil dari PT Fitch Ratings Indonesia.
Brand & Communication Division, OCBC
OCBC Tower, Jl Prof Dr Satrio Kav 25, Jakarta 12940
Tel: 021- 25533888; Fax: (62)-021-57944000
Email: brand.communication@ocbc.id
Website: www.ocbc.id
Aleta Hanafi Division Head aleta.hanafi@ocbc.id, Mobile: 62-8119860068 |
Chandra Novita Publicist chandra.novita@ocbc.id Mobile: 62-8111071069 |
Nadya Maharani Publicist nadya.maharani@ocbc.id Mobile: 62-8118725945 |
Novi Henriatika Publicist novi.henriatika@ocbc.id Mobile: 62-8119812329 |
Pencapaian - 2 Sep 2024