Tujuan reklame dibagi menjadi dua, yaitu komersial dan non komersial.
Reklame adalah media pemasaran yang efektif untuk menarik perhatian publik karena penempatannya di tempat umum. Lantas, apa sebenarnya tujuan reklame?
Keberadaan papan reklame mungkin sudah bukan merupakan hal asing bagi Sobat OCBC. Reklame banyak ditemui di pinggir jalan dan mengalihkan fokus khalayak ramai.
Salah satu tujuan reklame yang utama adalah menyampaikan informasi kepada publik dengan menampilkan serangkaian catchphrase atau slogan dan visual menarik.
Untuk memahami tujuan reklame dan seberapa penting pengadaannya dalam dunia bisnis, mari simak pembahasan di bawah ini.
Reklame adalah papan besar yang dipasang di tempat terbuka dan ramai untuk kebutuhan promosi produk komersial maupun layanan masyarakat.
Biasanya, papan reklame berisi teks dan gambar yang menginformasikan produk atau layanan tertentu. Informasi yang dicantumkan dalam reklame kerap kali singkat sehingga mudah dicerna oleh publik.
Sederhananya, reklame merupakan salah satu media pemasaran yang ditampilkan dalam waktu singkat. Tidak seperti iklan di laman internet dan media sosial, reklame bisa dilihat oleh semua orang secara bersamaan tanpa melihat preferensi pribadi masing-masing pengguna.
Hal tersebut membuat cakupan pemasarannya sangat luas dan memastikan tujuan reklame untuk menyampaikan informasi seputar produk atau layanan tercapai.
Sobat OCBC mungkin sudah familiar dengan berbagai macam papan reklame yang tersebar di berbagai tempat umum.
Terdapat berbagai jenis reklame yang perlu diketahui karena masing-masing memiliki karakteristik dan tujuan masing-masing. Berikut adalah penjabaran singkatnya:
Jenis reklame pertama yang banyak ditemukan di tempat umum adalah poster. Biasanya, poster sendiri berbentuk kertas yang mencantumkan informasi produk.
Elemen dalam poster berupa gambar dan teks yang berukuran besar dapat menarik perhatian pembaca. Sehingga sering kali poster ditemukan di tembok atau pohon di tepi jalan raya.
Di samping poster, jenis reklame lain yang sering kali ditemukan adalah spanduk. Pemasangan spanduk menunjukkan tujuan reklame secara efektif, yaitu untuk menyebarkan informasi.
Adapun beberapa contoh spanduk yang sering kali ditemukan adalah spanduk penerimaan murid, spanduk berisi ajakan menjaga kebersihan, dan lain sebagainya.
Pemasangan reklame berbentuk baliho cukup efektif untuk menarik perhatian. Pasalnya, baliho sendiri berukuran besar dan ditempatkan di lokasi strategis menggunakan tiang.
Adapun contoh baliho yang biasanya ditemukan adalah baliho kampanye pemilu, baliho iklan, baliho konser, dan lain sebagainya.
Salah satu jenis reklame yang menggabungkan elemen gambar, teks, dan audio adalah iklan. Tidak seperti reklame cetak sebelumnya, iklan ditayangkan menggunakan alat tertentu.
Sebagai reklame yang menggunakan visualisasi dinamis, iklan dapat menarik perhatian khalayak dengan cepat.
Beberapa iklan yang dapat ditemukan di tempat umum adalah iklan produk komersial dan iklan layanan masyarakat.
Baca juga:Social Media Marketing: Pengertian, Manfaat, dan Strateginya
Penggunaan reklame dinilai efektif dalam memasarkan produk atau layanan. Dalam dunia bisnis, reklame berperan untuk menarik perhatian calon konsumen dari berbagai kelas sosial.
Reklame sendiri memiliki beberapa fungsi yang perlu diketahui. Secara komersial, reklame berfungsi untuk:
- Mengajak calon konsumen untuk membeli produk atau menggunakan layanan.
- Menyebarkan informasi dalam waktu yang singkat.
- Memberikan citra yang baik kepada brand.
- Menjadi perantara bagi brand dan konsumen.
Di samping fungsi komersial, reklame juga dapat berfungsi sebagai media untuk menyebarkan informasi sosial.
Lembaga pemerintahan umumnya menggunakan reklame untuk memberikan himbauan atau ajakan kepada masyarakat secara luas.
Beberapa contoh reklame yang berisi pesan sosial adalah spanduk larangan membuang sampah maupun baliho berisi informasi untuk mengikuti program tertentu.
Terdapat dua tujuan reklame berdasarkan pengadaannya yang disediakan oleh entitas usaha atau instansi pemerintahan terkait.
Secara umum, tujuan reklame dibagi menjadi dua, yaitu penggunaan komersial dan non komersial.
Dalam dunia bisnis, tujuan pembuatan reklame adalah untuk memasarkan produk atau layanan suatu brand.
Reklame yang dipasang oleh perusahaan ditujukan untuk menarik perhatian publik kepada produk atau layanan tertentu.
Dengan begitu, mereka akan tertarik menggunakan produk atau layanan yang ditawarkan.
Adapun informasi yang disajikan dalam reklame cenderung singkat. Reklame sendiri berisi kata-kata, gambar, bahkan audio yang menarik perhatian.
Biasanya dalam reklame komersial, dicantumkan copy unik yang menjadi hook atau catchphrase dan kemudian diingat oleh masyarakat.
Dengan daya tarik yang unik, publik pun akan merasa penasaran dan mencoba produk atau layanan yang ditawarkan.
Di samping tujuan komersial, reklame juga bisa dijadikan media untuk menyebarkan informasi secara non komersial.
Dalam hal ini, tujuan reklame bukan semata-mata untuk mendapatkan keuntungan berupa uang, namun kesuksesan program.
Reklame non komersial umumnya berisi pesan masyarakat yang disampaikan melalui teks secara singkat dan jelas.
Sebelum memasang reklame, pihak instansi perlu mengecek kembali kebenaran dari informasi yang disajikan agar tidak terjadi misinformasi.
Itulah pembahasan seputar tujuan reklame yang bisa digunakan untuk keperluan komersial dan non komersial.
Pemasangan reklame membutuhkan dana yang tidak sedikit. Untuk itu, pastikan pengelolaan dana bisnis dilakukan dengan tepat.
Selain pemasaran secara offline melalui pemasangan reklame, pelaku usaha dapat menyalurkan dana bisnis untuk kegiatan ekonomi lain yang menguntungkan.
Apabila membutuhkan solusi atas pengelolaan dana bisnis yang efektif, OCBC siap membantu dengan layanan Kelola Dana Bisnis.
Terdapat berbagai pilihan yang bisa digunakan untuk memastikan kondisi finansial bisnis tetap aman sekalipun biaya pemasaran tetap dikucurkan.
Yuk, percayakan pengelolaan dana bisnis secara cermat dengan OCBC!
Baca juga: Kenali Strategi Pemasaran Online dan Manfaatnya Bagi Bisnis