Ini dia 7 syarat kredit Mobil yang Penting untuk Dipahami

27 Sep 2023 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Ingin Tahu apa saja syarat kredit mobil? Yuk, simak informasi mengenai syarat kredit mobil selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Memiliki mobil idaman memang memberikan kepuasan tersendiri. Apa lagi jika mobil tersebut didapatkan dengan hasil jerih payah. Saat membeli mobil, Anda tidak harus membayarnya secara tunai. Sebab, tersedia layanan kredit mobil yang bisa dipilih. Namun, untuk menerapkannya, ada syarat kredit mobil yang wajib dipenuhi terlebih dulu.

Kredit mobil umumnya dipilih karena individu masih belum mampu membelinya secara tunai, tapi harus membelinya saat itu juga. Misalkan, Anda harus membeli mobil untuk mendukung pekerjaan, sedangkan uang yang dimiliki hanya cukup untuk membayar uang muka. Maka, kredit mobil adalah pilihan paling realistis.

Lantas, apa saja syarat kredit mobil di bank yang harus Anda penuhi? Agar mampu mempersiapkan dan mendapatkan mobil idaman Anda, yuk simak penjelasannya di artikel ini!

Cara dan syarat kredit mobil di bank

Mengajukan kredit mobil bisa didapatkan dari berbagai penyedia layanan pembiayaan, salah satunya adalah bank. Secara umum, bank di Indonesia memiliki layanan pembiayaan bernama KPM atau Kredit Pemilikan Mobil.

Kredit Pemilikan Mobil memberikan kesempatan pada seluruh masyarakat Indonesia untuk bisa mendapatkan mobil idaman. Bahkan, tidak hanya membeli mobil baru saja, tapi Anda juga bisa mengajukan kredit untuk pemilikan mobil second/bekas.

Mengingat mobil adalah benda yang tidak murah, saat mengajukan pembiayaan pada penyedia layanan, terdapat 7 cara dan syarat kredit mobil di bank yang perlu Anda penuhi. Apa saja itu? Tilik penjelasannya di bawah ini, ya!

  1. Pilih mobil yang diinginkan
    Sudah tahu mobil apa yang ingin Anda dapatkan? Baru atau bekas? Jika memilih yang baru, Anda bisa mendatangi dealer resmi ataupun non-resmi yang tersedia di berbagai kota di Indonesia.

    Sobat OCBC NISP juga bisa mulai membandingkan mobil mana yang ingin Anda dapatkan. Apakah mobil dengan kopling atau mobil matic, kapasitas sebesar apa yang diinginkan, serta tahun berapa mobil tersebut diproduksi. Bahkan, Anda juga perlu memilih warna apa yang menarik perhatian.

    Khusus untuk membeli yang second, tambahan syarat kredit mobil bekas adalah melakukan test drive atau uji laju kendaraan. Sebab, Anda perlu mengetahui apakah mobil tersebut masih layak untuk dibeli atau tidak. Kredit membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk melunasinya. Anda tidak ingin merugi bukan?

  2. Pilih dealer yang kredibel
    Syarat kredit mobil berikutnya adalah jika Anda berniat membeli ke sebuah dealer, baik resmi atau tidak, pastikan untuk memilih yang kredibel. Anda bisa pastikan dari ulasan yang umumnya tersedia di internet, bertanya kepada kerabat atau saudara, serta mengecek langsung ke tempat dealer tersebut.

    Dealer yang kredibel biasanya akan menampilkan surat izin di dinding untuk menunjukkan legalitas dan kredibilitas mereka.

    Jika memungkinkan, Anda juga bisa mengecek mobil idaman yang tersedia di tempat dealer. Berdiskusilah dengan sales dan tanyakan berbagai hal yang Anda butuhkan.

  3. Memiliki rekening yang sehat
    Syarat kredit mobil di bank berikutnya adalah memiliki rekening yang sehat. Sehat maksudnya adalah Anda memiliki pemasukan yang cukup dan tidak sedang membayar utang tertentu.

    Jika Anda masih memiliki utang dalam jumlah besar dan masih bersusah payah melunasinya, itu artinya Anda tidak mampu untuk mengajukan kredit ke bank dan sebaiknya melunasi utang terlebih dulu.

  4. Siapkan data diri dan dokumen persyaratan
    Untuk bisa mengajukan kredit, Anda harus memenuhi persyaratan dokumen berikut:

    1. Anda harus berstatus sebagai WNI atau Warga Negara Indonesia.
    2. Syarat kredit mobil di bank selanjutnya adalah Anda berusia 21-55 untuk karyawan dan usia 21-70 tahun untuk pengusaha/profesional
    3. Syarat kredit mobil yang ketiga adalah sobat OCBC NISP juga harus memiliki penghasilan tetap. Sebab, jika tidak memilikinya, bank akan menganggap Anda berpotensi kesulitan melunasi kredit, sehingga pengajuan Anda kemungkinan akan ditolak.
    4. Plafon kredit adalah besarnya nominal dana yang dipinjam untuk suatu layanan pembiayaan. Setiap bank memiliki plafon kredit pemilikan mobil yang berbeda-beda. Namun, umumnya minimum plafond Rp100 Juta dan maksimum Rp2 Miliar.
    5. Syarat kredit mobil di bank selanjutnya adalah siapkan dokumen pribadi seperti KTP dan NPWP. Kadang Anda juga akan dimintai slip gaji, rekening listrik terakhir, dan sebagainya.
    6. Siapkan juga dokumen/berkas keuangan seperti fotokopi rekening tabungan.
    7. Anda juga perlu menyiapkan dokumen lainnya seperti Surat Pesanan Kendaraan dari Dealer.
  5. Ajukan permohonan kredit
    Jika syarat kredit mobil di atas sudah terpenuhi semuanya, sobat OCBC NISP bisa mulai mengajukan permohonan kredit. Jika masih belum menemukan bank yang cocok, Anda bisa coba mengunjungi kantor cabang bank OCBC NISP terdekat untuk meminta formulir KPM pada customer service.

  6. Tentukan rentang waktu kredit
    Tenor adalah jatuh tempo untuk melunasi angsuran kredit mobil Anda. Syarat kredit mobil selanjutnya adalah menentukan rentang waktu kredit bisa sobat OCBC NISP penuhi.

    Biasanya, setelah pihak bank mendapatkan dan memverifikasi data serta dokumen yang sudah Anda setorkan, terdapat pilihan tenor untuk Anda pertimbangkan. Pihak bank akan merekomendasikan tenor yang paling realistis dan mudah bagi Anda, sehingga sobat OCBC NISP tidak kerepotan saat melunasi kredit.

  7. Tanda tangan Offering Letter dan melunasi uang muka
    Jika sudah selesai semuanya, syarat kredit mobil yang terakhir adalah menandatangani offering letter pemberian bank. Anda juga perlu melunasi uang muka yang telah disepakati.

Mendapatkan mobil idaman memang membutuhkan perjuangan ekstra. Apalagi jika Anda ingin memilikinya dengan metode kredit. Pastikan untuk memenuhi setiap syarat kredit mobil agar permohonan Anda diterima oleh bank. Selamat berusaha!

Baca juga:

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

6 Manfaat Kredit Bagi Masyarakat, Apa Saja?

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

Jangan Panik! Uang Salah Transfer Bisa Kembali dengan Cara Ini!

See All

Produk Terkait

KPM

KPM

Solusi memenuhi kebutuhan finansial

Download OCBC mobile