Mengenal Pengertian Sociopreneur dan Contohnya di Indonesia

4 Okt 2023 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Sociopreneur adalah orang yang memulai bisnis dengan tujuan untuk mengatasi masalah di masyarakat. Ketahui pengertian, tips, dan contohnya di sini

Sociopreneur adalah sebuah istilah tak asing di telinga pengusaha di abad 21. Di samping misi profitabilitasnya, konsep sociopreneur juga mengedepankan kebermanfaatan bagi masyarakat dan lingkungan sekitar usaha. Buat Anda yang ingin menjadi seorang sociopreneur, berikut ini OCBC NISP akan membahas pengertian sociopreneur, manfaat, dan tips memulainya.


Pengertian Sociopreneur

Pengertian sociopreneur adalah gabungan kata “socio” dan “preneur”, yang artinya wirausaha berwawasan sosial. Sociopreneur adalah seorang pemilik usaha dengan tujuan tak sekedar meraih keuntungan semata, namun juga mempertimbangkan kebermanfaatan masyarakat dan lingkungan.


Perbedaan Sociopreneur dengan Jenis Usaha Lain

Setelah mengetahui apa itu sociopreneur, selanjutnya kita akan membahas perbedaan sociopreneur dengan jenis usaha lain. Sebenarnya, konsep sociopreneur sama seperti bisnis lain pada umumnya yaitu sama-sama meraih profit.

Namun, dalam sistem sociopreneur, pendapatan yang diperoleh sebagiannya akan digunakan demi meningkatkan kesejahteraan dan menciptakan dampak sosial bagi masyarakat. Sementara itu, entrepreneur atau bisnis lainnya menggunakan labanya untuk kepentingan diri sendiri, tanpa perlu memikirkan dampak sosial di sekitar.


Manfaat Menjadi Sociopreneur

Pastinya, usaha sociopreneur yang mengandung aksi sosial memiliki segudang manfaat. Adapun manfaat menjadi sociopreneur adalah sebagai berikut.

  1. Berbisnis Sambil Beramal
    Pertama, manfaat sociopreneur adalah Anda bisa berwirausaha sambil beramal. Mengingat aktivitas socialpreneurship selalu melibatkan kesejahteraan orang lain, tentu hal ini sebagai peluang beramal sekaligus.

  2. Lebih Bertanggung Jawab Kepada Lingkungan
    Kedua, manfaat sociopreneur adalah Anda lebih bertanggung jawab kepada lingkungan. Sebab visi utama berbisnis yang dijunjung mengutamakan kesejahteraan orang lain, maka Anda lebih perhatian dalam isu di sekitar lingkungan.

  3. Menghasilkan Kebermanfaatan Lebih Bagi Orang Lain
    Menjadi sociopreneur artinya Anda juga memikirkan nilai sosial dari usaha agar bisnis Anda mampu membantu orang lain. Dengan usaha yang dijalankan, Anda tetap bisa menolong orang lain dan menjadikan bisnis bermanfaat bagi sekitar.


7 Tips Menjadi Sociopreneur yang Ampuh

Rupanya manfaat menjadi sociopreneur sangat banyak ya. Jika tertarik menjadi sociopreneur juga, berikut ini beberapa tips menjadi sociopreneur yang dapat Anda lakukan.

  1. Pilih Isu Sosial yang Ingin Diambil
    Poin pertama tips menjadi sociopreneur adalah memilih isu sosial yang diambil. Ketika memutuskan menjadi sociopreneur, maka banyak masyarakat dan lingkungan sekitar akan terlibat sebagai dampak bisnis Anda. Sehingga Anda harus memiliki pemahaman terkait isu sosial yang diangkat.

  2. Lakukan Riset
    Setelah menentukan isu sosial yang dipilih, langkah selanjutnya adalah melakukan riset. Sebelum eksekusi konsep sociopreneur Anda, coba perdalam lagi ilmu dan informasi terkait dengan isu sosial tersebut. Coba terjun ke lapangan langsung agar Anda bisa mendengar isu sosial langsung dari warga terlibat dan menentukan solusi paling tepat untuk memecahkan masalah mereka.

  3. Tentukan Target Pasar & Jenis Produk
    Berikutnya, tips menjadi sociopreneur adalah menetapkan target pasar dan jenis produk. Apabila Anda telah memahami bidang sosial yang dipilih, maka Anda perlu mewujudkan solusinya dalam sebuah produk. Pada tahapan ini, Anda perlu memutuskan apa jenis produknya dan target pasar spesifik untuk produk tersebut.

  4. Susun Model Bisnis Kanvas
    Keempat, cara menjadi sociopreneur adalah menyusun model bisnis kanvas. Adanya bisnis kanvas akan membuat usaha Anda lebih terarah ke depannya. Sebab bisnis kanvas menggambarkan bisnis sosial Anda secara detail. Mulai dari komponen bisnis, strategi pemasaran hingga jangkauan luas atas dampak yang diberikan.

  5. Buat Proposal untuk Pengajuan Pendanaan
    Selanjutnya, tips menjadi sociopreneur adalah membuat proposal untuk mengajukan dana. Biasanya bisnis sosial memerlukan dana tidak sedikit. Sehingga disarankan untuk mengajukan dana kepada investor.

    Syarat pengajuan dana ke investor adalah menggunakan proposal. Supaya investor lebih tertarik, Anda harus membuat proposal pendanaan secara lengkap dan detail dengan desain bagus.

  6. Seimbangkan Biaya Operasional, Profit, dan Sosial
    Selanjutnya, cara menjadi sociopreneur adalah menyeimbangkan biaya operasional, profit, dan sosial. Hal ini penting dilakukan agar usaha sosial Anda mampu terus bertahan sehingga memberikan pengaruh dan dampak luas dalam jangka waktu panjang.

    Hindari untuk mengutamakan salah satu aspek. Karena tanpa adanya keuntungan, misi sosial Anda akan sulit terealisasi. Begitu pula bila terlalu fokus pada laba, maka aspek sosial dari usaha Anda akan hilang. Oleh sebab itu, seimbangkan antara laba dan kebermanfaatan saat mendirikan usaha sociopreneur.

  7. Promosikan Bisnis Secara Profesional
    Terakhir, tips menjadi sociopreneur adalah mempromosikan usaha secara profesional.. Seperti pada bisnis umumnya, usaha Anda tetap perlu dipromosikan. Manfaatkanlah sebanyak mungkin platform pemasaran.

    Selain itu, jangan lupa juga untuk mengajak banyak pihak atau komunitas bekerja sama dengan Anda. Semakin besar dukungan yang Anda dapat, akan semakin laku pula produk Anda dan semakin banyak kebermanfaatan dapat dihasilkan.


5 Contoh Sociopreneur yang Bisa Anda Lakukan

Mungkin Anda telah mengerti langkah-langkah menjadi sociopreneur, namun Anda masih bingung usaha seperti apa yang mengandung misi sosial. Nah berikut contoh usaha sociopreneur yang bisa menginspirasi Anda.

  1. Pemberdayaan Warga Setempat
    Pertama, contoh sociopreneur adalah memberdayakan warga setempat. Barangkali Anda pernah melihat masyarakat sekitar tidak memiliki pekerjaan atau aktivitas tetapi mereka dalam kelas ekonomi menengah ke bawah. Untuk memecahkan masalah ini, Anda bisa membantu memberikan solusi atas permasalah tersebut dengan mengajak mereka turut membantu dalam bisnis Anda. Sehingga mereka bisa memperoleh pemasukan.

  2. Bisnis Crowdfunding
    Selanjutnya, contoh sociopreneur adalah bisnis crowdfunding.Usaha crowdfunding adalah dukungan dana untuk masyarakat UMKM atau usaha kecil dalam mengembangkan bisnis mereka. Contoh sociopreneur ini dapat menghasilkan suntikan dana dari banyak pihak sehingga bisa memberikan modal pada pelaku usaha mikro.

  3. Klinik Sampah
    Berikutnya, contoh usaha sociopreneur adalah mendirikan klinik sampah. Klinik sampah merupakan gerakan wirausaha sosial yang membantu masyarakat kelas ekonomi menengah ke bawah untuk memperoleh fasilitas kesehatan hanya dengan membayar melalui sampah.

    Contoh sociopreneur ini sangat kreatif dan bermanfaat bagi masyarakat luas. Sebab, banyak orang dengan ekonomi menengah ke bawah tidak mampu dan memperoleh akses kesehatan memadai karena biaya yang besar.

  4. Bisnis Pertanian
    Usaha sosial di bidang pertanian merupakan contoh sociopreneur bagi Anda yang tertarik dalam isu pertanian.Bidang sociopreneur satu ini bisa direalisasikan melalui penyediaan lahan dan fasilitas bertani untuk para petani. Dengan demikian para petani sebagai pengelola tanah dan Anda pemilik lahan serta investor. Sehingga sumber daya para petani tetap terserap.

  5. Teknologi Terbarukan
    Poin terakhir contoh sociopreneur adalah mengembangkan teknologi terbarukan untuk kalangan di pelosok atau desa. Dengan contoh sociopreneur ini diharapkan mampu membantu masyarakat di pinggiran dalam mendapatkan akses teknologi yang bisa menunjang aktivitas dan kesejahteraan mereka.


Demikian bahasan tentang pengertian sociopreneur, manfaat, serta tips agar Anda bisa jadi sociopreneur keren! Sociopreneur adalah salah satu ide bisnis paling efektif bagi Anda yang ingin mendapat keuntungan sekaligus bermanfaat bagi orang lain. Jika memerlukan pendanaan, jangan ragu menghubungi OCBC NISP! Kami punya berbagai program menarik untuk menunjang bisnis sobat sekalian!

Baca juga:

Story for your Inspiration

Baca
Sumatra Elektrik Motor

Edukasi - 29 Apr 2024

Mau Kredit Motor Listrik? Simak Syarat dan Cara Pengajuannya Berikut!

Baca

Edukasi - 29 Apr 2024

Kredit Motor Tanpa DP: Ketentuan dan Cara Dapatnya

See All

Produk Terkait

Kredit Modal Kerja

Kredit Modal Kerja

Solusi pinjaman untuk memenuhi berbagai kebutuhan pribadi
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
Nyala Bisnis

Nyala Bisnis

Layanan saldo gabungan untuk mengatur keuangan pribadi dan bisnis secara terpadu
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile