10 Cara Pemasaran Produk yang Efektif untuk Menaikkan Omzet

4 Okt 2023 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Ingin bisnis laku lancar? Tenang, ada sejumlah tips yang bisa diterapkan. Yuk, ikuti beberapa cara pemasaran produk selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Pemasaran adalah salah satu unsur penting yang tidak dapat dilepaskan dari kesuksesan bisnis. Tanpa adanya cara pemasaran produk yang baik, maka sebuah usaha tidak akan menghasilkan omset sesuai harapan. Oleh karena itu, supaya bisa dapat laba maksimal, simak materi cara pemasaran yang efektif dari OCBC NISP ini sampai habis ya!

10 Cara Pemasaran Produk yang Baik & Contohnya

Cara pemasaran produk sangat mempengaruhi performa bisnis Anda. Tanpa ada cara pemasaran yang baik, Anda akan kesulitan mendapat omzet sesuai harapan. Tapi tenang, di bawah ini ada beberapa rekomendasi cara pemasaran produk yang baik dari OCBC NISP.

  1. Pahami Product Knowledge Secara Mendalam
    Cara pemasaran produk yang baik pertama adalah memahami product knowledge secara mendalam. Product knowledge adalah pengetahuan secara detail dan mendalam terkait suatu produk. Bila Anda sebagai penjual saja tidak mengenal produk dengan baik, bagaimana pembeli dapat mempercayai kualitas produk Anda?

    Contohnya seperti berikut ini:
    Anda adalah seorang penjual handphone, product knowledge salah satu merk yang Anda jual adalah:

    Layar OLED 6,8 inchi
    Refresh rate 80 Hz
    Full HD + 1080 x 2040 px
    RAM 8 GB
    Support 5G
    Micro SD/Memori internal up to 64GB
    Kamera depan/belakang 24/48 px

    Selain spesifikasi di atas, Anda juga tahu berbagai kelemahan dan keunggulan merk tersebut. Siapa pengguna paling cocok untuk merk tersebut, fitur terbaik dari ponsel tersebut, dan sebagainya. Semakin dalam pengetahuan Anda tentang produk, semakin mudah pula konsumen yakin ke produk Anda.

  2. Andalkan Keahlian Komunikasi Verbal dan Tulisan
    Kedua, cara pemasaran yang baik adalah mengandalkan keahlian komunikasi verbal dan tulisan. Keterampilan komunikasi sangat penting dalam mendukung kesuksesan sebuah promosi. Sehingga Anda harus memiliki kemampuan berkomunikasi baik verbal dan tulisan.

    Komunikasi verbal adalah bentuk penyampaian informasi secara lisan. Biasanya keahlian ini diperlukan ketika terdapat pembeli yang menanyakan seputar produk. Anda harus mampu menyampaikan informasi secara baik dan bisa mempengaruhi calon pembeli agar bersedia membeli produk.

    Sementara itu, komunikasi via tulisan yaitu bentuk pemasaran melalui tulisan. Keahlian ini penting sebagai cara pemasaran online yang efektif. Seni pemasaran melalui tulisan ini disebut sebagai copywriting.

  3. Ambil Angle Pemasaran Sesuai Pola Pikir Target Pasar
    Selanjutnya, cara pemasaran produk yang baik yaitu mengambil angle pemasaran berdasarkan pola pikir target pasar. Ketika Anda telah memiliki target pasar jelas, maka Anda juga harus membuat strategi pemasaran sesuai dengan pola pikir target pasar. Hal ini membuat promosi yang dibuat menjadi tepat sasaran sehingga mampu berdampak.

    Contoh cara pemasaran produk ini yaitu ketika Anda menjual makanan dengan target pasar mahasiswa. Biasanya pola pikir mahasiswa saat membeli makan adalah mencari tempat makan dengan harga murah. Anda bisa memberikan promosi tempat makan dengan memasang harga murah dan terjangkau di kantong mahasiswa. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan opsi teh gratis kepada mereka.

  4. Persiapkan Tim Pemasaran Bila Perlu
    Cara pemasaran produk yang baik berikutnya adalah mempersiapkan tim pemasaran jika diperlukan. Semakin besar target profit Anda, akan semakin banyak eksekusi marketing perlu dilakukan. Akhirnya, Anda pun tidak akan mampu mengerjakan semua tugas pemasaran sendiri.

    Saat mengalami hal ini, solusi satu-satunya adalah dengan membuat tim pemasaran, berikut ini contoh formasinya.
    • Tim Instagram dan TikTok: content creator, content writer, designer, social media specialist, dan admin.
    • Tim Facebook: operasional fb dan ig ads untuk iklan.
    • Tim website dan SEO (Search Engine Optimization): developer, content writer, SEO specialist.
  5. Pelajari Tentang Buyer’s Journey
    Berikutnya, cara pemasaran yang baik adalah mempelajari tentang buyer’s journey. Buyer’s journey merupakan tahapan calon konsumen sebelum memutuskan untuk membeli produk atau tidak.

    Contoh cara pemasaran produk teknik buyer’s journey:

    • Timbul ketertarikan:
      Target pasar ingin membeli laptop karena laptop sebelumnya rusak. Anda sebagai tim marketing bisa menyediakan informasi bahwa toko Anda menjual laptop dengan beberapa keunggulan.

    • Pengumpulan informasi:
      Calon pembeli mencari informasi lebih jauh terkait laptop yang bagus, tidak mudah rusak, dan sesuai dengan kebutuhannya. Anda sebagai pelaku usaha bisa membantu mereka dengan menggali lebih dalam jenis laptop sesuai dengan keperluan konsumen.

    • Pencarian pilihan
      Target pasar telah memahami kebutuhannya, selanjutnya mereka akan mencari produk yang tepat. Anda bisa memberikan solusi atas masalah mereka. Misalnya menyarankan beberapa jenis laptop sesuai keperluan target pasar.

    • Membuat keputusan pembelian
      Setelah konsumen memiliki banyak informasi yang cukup, mereka akan memutuskan untuk membeli produk atau tidak. Apabila memutuskan membeli produk, mereka juga telah mempertimbangkan jenis produk laptop yang akan dibeli.

  6. Siapkan Media-Media Promosi Online
    Memanfaatkan media promosi online adalah cara pemasaran online yang efektif. Saat ini, media pemasaran online berperan besar dalam meningkatkan penjualan. Contoh media promosi online adalah Instagram, WhatsApp, TikTok, Website, Facebook, dan sejenisnya.

  7. Promosikan Produk Secara Soft-selling
    Mempromosikan produk secara soft-selling adalah cara pemasaran produk patut dicoba. Faktanya, target pasar tidak terlalu menyukai bentuk promosi hard-selling, sehingga terkadang Anda harus menerapkan promosi soft-selling.

    Soft-selling merupakan pendekatan konsumen dengan cara halus dan tidak langsung. Sehingga calon pembeli tidak sadar bila mereka sedang ditawari suatu produk. Bentuk soft-selling selalu menyasar pikiran dan menyentuh perasaan target pasar hingga mereka penasaran.

    Contoh cara pemasaran produk melalui soft-selling yaitu melakukan edukasi market, menyediakan solusi untuk calon konsumen, dan sebagainya.

  8. Serang Sisi Psikologis Calon Konsumen
    Menyerang sisi psikologis calon pembeli patut dicoba sebagai cara pemasaran yang baik. Anda bisa memainkan psikologi target pasar untuk menggiring mereka dalam membeli produk Anda. Cara ini seperti teknik soft-selling.

    Contoh cara pemasaran produk ini melalui produk tren yang limited edition atau edisi terbatas. Dengan promosi ini, konsumen akan terpacu segera membeli produk karena takut kehabisan.

  9. Terapkan Marketing Flywheel Secara Menyeluruh
    Menerapkan marketing flywheel dalam bisnis merupakan cara pemasaran produk yang baik. Marketing flywheel adalah model strategi pemasaran yang berfokus pada pengalaman target pasar.

    Contoh penerapan marketing flywheel misalnya pemberian surprise gift pada konsumen, pelayanan berfokus pada konsumen, dan sebagainya.

  10. Lakukan Evaluasi Pemasaran Berkelanjutan
    Terakhir, cara pemasaran produk yang baik adalah mengevaluasi pemasaran berkelanjutan. Dengan demikian Anda bisa menciptakan pola pemasaran berkelanjutan yang sesuai dengan bisnis.

    Contoh evaluasi pemasaran berkelanjutan adalah sebagai berikut:

    • Marketing flywheel: pelanggan yang tersaring jumlahnya di bawah 100 dalam sebulan.
    • Buyer’s journey: target pasar yang berhasil membeli produk sejumlah 50 pembeli dalam sebulan
    • Sosial media insight: Insight rata-rata sosial media (Instagram, TikTok, Website) yaitu menjangkau 1 juta konsumen dalam sebulan.
    • Pemasaran offline: promosi banner dengan modal Rp5 juta di jalan mendatangkan 5 orang konsumen per bulan terakhir.

    Dari evaluasi di atas, diketahui pemasaran offline pakai banner tidak efektif mendatangkan konsumen, sehingga kelanjutannya perlu dianalisa lagi.

Itulah 10 cara pemasaran produk yang baik dan efektif agar omzet usaha sobat OCBC NISP dapat meningkat pesat. Sebagai informasi, cara pemasaran di atas adalah sebuah siklus yang perlu Anda ulang terus-menerus selama bisnis masih berjalan. Sehingga terus pelajari dan sempurnakan eksekusi Anda ya!

Baca juga:

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

6 Manfaat Kredit Bagi Masyarakat, Apa Saja?

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

Jangan Panik! Uang Salah Transfer Bisa Kembali dengan Cara Ini!

See All

Produk Terkait

Kredit Modal Kerja

Kredit Modal Kerja

Solusi pinjaman untuk memenuhi berbagai kebutuhan pribadi
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
Nyala Bisnis

Nyala Bisnis

Layanan saldo gabungan untuk mengatur keuangan pribadi dan bisnis secara terpadu

Download OCBC mobile