Apa Itu Subsidi, Pengertian, Jenis, & Dampaknya ke Ekonomi

6 Okt 2023 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Subsidi adalah salah satu bantuan keuangan guna memperlancar konsumsi masyarakat. Pelajari pengertian, jenis, dan dampaknya pada ekonomi.

Dalam kondisi tertentu, pemerintah maupun pihak tertentu seringkali mengeluarkan bantuan keuangan guna membantu perekonomian masyarakat, salah satunya adalah subsidi. Kebijakan subsidi adalah kebijakan memberikan potongan harga terhadap barang-barang tertentu, utamanya barang pokok, berikut ini penjelasan lengkapnya apa itu subsidi dan dampaknya.

Apa Itu Subsidi?

Subsidi adalah bantuan yang diberikan oleh pemerintah dengan berbagai bentuk untuk membantu masyarakat tertentu. Bentuk subsidi bisa berupa uang, sembako, barang kebutuhan, hibah, hingga keringanan biaya. Biasanya, target sasaran penerima subsidi adalah masyarakat golongan menengah ke bawah.

Manfaat Subsidi Bagi Masyarakat

Setelah mengetahui apa itu subsidi, kita akan membahas manfaat subsidi bagi masyarakat. Selengkapnya tentang manfaat subsidi bagi masyarakat adalah sebagai berikut.

  1. Mencegah Kemiskinan
    Manfaat subsidi bagi masyarakat adalah mencegah kemiskinan. Faktanya, subsidi adalah bantuan pemerintah yang dikeluarkan dengan tujuan mencegah masyarakat mengalami kondisi kritis, seperti kelaparan, menjual aset, tidak bekerja, dan sebagainya.

    Dengan adanya subsidi, pemerintah berharap masyarakat punya sumber daya guna melangsungkan hidup dengan taraf kesejahteraan minimum, sehingga tidak terjebak masuk jurang kemiskinan.

  2. Menurunkan Tingkat Kriminalitas
    Berikutnya, manfaat subsidi adalah menurunkan tingkat kriminalitas. Salah satu penyebab tingginya tingkat kriminalitas adalah kehidupan masyarakat yang kurang sejahtera. Ketika mendapat, maka kebutuhan ekonomi warga negara banyak terakomodir sehingga tingkat kriminalitas berkurang. Sebab mereka tidak harus mencuri atau menipu karena keperluannya telah tersedia dari subsidi.

  3. Memperlancar Aktivitas Konsumsi
    Selanjutnya, manfaat subsidi bagi masyarakat adalah memperlancar aktivitas konsumsi. Ketika pemerintah memberikan subsidi berupa potongan harga atau keringanan biaya, masyarakat berlomba-lomba untuk melakukan transaksi pembelian. Akhirnya, daya beli masyarakat pun meningkat, sehingga dampak subsidi terhadap perekonomian juga jadi lebih positif.

  4. Memperkenalkan Teknologi dengan Lebih Mudah
    Terakhir, manfaat subsidi bagi masyarakat yaitu memperkenalkan teknologi dengan lebih mudah. Ketika masyarakat memperoleh bantuan subsidi dalam hal teknologi, maka banyak orang memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menggunakan teknologi.

    Salah satu contoh subsidi di bidang teknologi misalnya gas LPG untuk orang miskin. Dengan adanya subsidi gas LPG, masyarakat jadi bersedia meninggalkan bahan bakar minyak tanah, yang notabene lebih boros dan tidak ramah lingkungan.

Jenis Jenis Subsidi

Subsidi tidak harus berbentuk uang tunai lho! Faktanya, ada dua jenis subsidi berdasarkan bentuknya, yaitu antara lain:

  1. Subsidi Langsung
    Jenis subsidi pertama adalah subsidi langsung, yaitu subsidi berbentuk barang jadi (untuk konsumsi/transaksi) yang bisa langsung dimanfaatkan masyarakat begitu barang tersebut diterima. Contoh jenis subsidi langsung misalnya beasiswa, uang tunai, dan sembako gratis.

  2. Subsidi Tidak Langsung
    Jenis subsidi kedua adalah subsidi tidak langsung, yaitu subsidi berupa pemotongan tarif beli, peningkatan bunga, atau amnesti (pengampunan pembayaran 100%). Jenis subsidi yang termasuk dalam tidak langsung misalnya amnesti pajak, potongan pembelian BBM, operasi sembako murah, dan sebagainya.

Dampak Positif Subsidi Terhadap Perekonomian

Setelah membahas apa itu subsidi, jenis, serta manfaat subsidi bagi masyarakat, kali ini kita akan membahas beberapa dampak positif subsidi terhadap perekonomian, yaitu:

  1. Memperlancar Perputaran Uang
    Perputaran uang menjadi lancar merupakan salah satu dampak subsidi terhadap perekonomian dari segi positif. Adanya bantuan mengakibatkan daya beli masyarakat meningkat sehingga perputaran uang semakin lancar. Semakin lancar perputaran uang, maka akan semakin pesat pula pertumbuhan ekonomi suatu negara.

  2. Membuka Lebih Banyak Lapangan Kerja
    Selanjutnya, dampak positif subsidi adalah lapangan kerja menjadi terbuka luas. Ketika pemerintah memberi bantuan berupa lapangan pekerjaan dan keterampilan, maka semakin banyak masyarakat berdaya dalam bekerja. Selain itu, peningkatan aktivitas daya beli masyarakat membuat pelaku usaha perlu memproduksi lebih banyak barang, sehingga dapat menyerap lebih banyak tenaga kerja.

  3. Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat
    Dari segi ekonomi, dampak berikutnya subsidi adalah meningkatkan taraf hidup masyarakat. Dengan adanya bantuan dari pemerintah, masyarakat kelas menengah ke bawah akan memiliki kemampuan memenuhi keperluan hidup sehari-hari, bahkan juga bisa membuka usaha. Dengan demikian, lambat laun taraf hidup masyarakat akan meningkat, termasuk pendapatan per kapitanya.

  4. Mencegah Kebangkrutan
    Terakhir, dampak positif subsidi adalah mencegah kebangkrutan yang dialami oleh pelaku usaha. Ketika pemerintah memberikan dukungan bantuan melalui subsidi, maka daya beli masyarakat terhadap produk pelaku usaha meningkat. Akibatnya, para pelaku usaha bisa mencegah diri mengalami kebangkrutan, terutama di masa-masa krisis ekonomi.

Dampak Negatif Subsidi

Dibalik dampak positifnya, ternyata dampak subsidi terhadap perekonomian juga bisa negatif. Selengkapnya tentang dampak negatif subsidi adalah sebagai berikut.

  1. Alokasi Sumber Daya Tidak Efisien
    Poin pertama dampak negatif subsidi adalah alokasi sumber daya negara jadi tidak efisien. Tak dapat dipungkiri, sebagian besar subsidi masyarakat digunakan untuk kegiatan konsumtif. Dari sudut pandang ekonomi, kegiatan konsumtif termasuk dalam pemanfaatan sumber daya secara tidak efisien.

  2. Rawan Penyalahgunaan
    Rawan penyalahgunaan produk subsidi adalah dampak subsidi terhadap perekonomian dari sisi negatif berikutnya. Kebijakan subsidi yang dikeluarkan pemerintah bisa saja disalahgunakan oknum tertentu untuk meraup keuntungan pribadi. Sehingga bantuan tidak tersalurkan secara tepat kepada pihak-pihak membutuhkan.

  3. Terjadinya Pengurangan Kualitas Produk
    Poin berikutnya dampak negatif subsidi adalah kualitas produk menjadi berkurang. Karena harga keperluan menurun, maka untuk menghindari kerugian, pelaku usaha juga akan menurunkan kualitas produk guna menyesuaikan dengan penurunan harga tersebut.

  4. Mengganggu Keseimbangan Kompetisi
    Terakhir, dampak negatif subsidi adalah berpotensi mengganggu keseimbangan kompetisi. Dengan adanya subsidi atas produk tertentu, maka harga ekuilibrium produk di industri tersebut juga akan turun. Akhirnya pelaku-pelaku usaha yang gagal mengikuti penurunan harga akan bangkrut dan tersingkir dari kompetisi.

Demikianlah pembahasan dari OCBC NISP tentang apa itu subsidi, manfaat, jenis, serta dampak subsidi terhadap perekonomian. Subsidi adalah salah satu kebijakan dengan sisi positif dan negatif, sehingga sebaiknya masyarakat dan pihak-pihak yang terlibat lebih bijak dalam memanfaatkannya.

Baca juga:

Story for your Inspiration

Baca
Sumatra Elektrik Motor

Edukasi - 29 Apr 2024

Mau Kredit Motor Listrik? Simak Syarat dan Cara Pengajuannya Berikut!

Baca

Edukasi - 29 Apr 2024

Kredit Motor Tanpa DP: Ketentuan dan Cara Dapatnya

See All

Produk Terkait

Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile