15 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia, Capai 100Jt!

19 Okt 2023 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Ingin punya pekerjaan dengan gaji besar di Indonesia? Ini dia 15 rekomendasi profesi yang bisa Anda tekuni, mulai dari level pemula sampai senior.

Memiliki pekerjaan dengan gaji besar adalah impian tiap orang. Ada berbagai alasan melatarbelakanginya, mulai dari memenuhi kebutuhan keluarga hingga mencapai level finansial yang lebih baik.

Selama ini, banyak orang mengira gaji puluhan atau ratusan juta hanya bisa diterima oleh orang dengan level corporate suite saja. Padahal kenyataannya, Anda tidak perlu jadi direktur perusahaan untuk mendapat pemasukan bulanan sebanyak orang dalam jabatan C-suite lho! Di bawah ini, OCBC NISP telah merangkum 15 pekerjaan dengan gaji tertinggi serta estimasi nominal gajinya buat Anda.

15 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia Tahun 2021

Di Indonesia, mendapat pekerjaan dengan gaji besar bukanlah hal mustahil. Kombinasi kegigihan, ilmu, keahlian, dan kesabaran meniti karir adalah beberapa hal yang bisa Anda asah jika ingin memiliki pekerjaan dengan gaji tinggi. Sudah siap mendapatkan pekerjaan dengan gaji tertinggi seperti impian Anda?

  1. C-Suite (Corporate Suite)
    Pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia pertama adalah level corporate suite, atau orang-orang dengan gelar Chief/Director. Berdasarkan data terbaru tahun 2021, gaji CEO di Indonesia bisa mencapai Rp130 juta hingga Rp250 juta lho! Akan tetapi, gaji sebesar ini hanya dapat diperoleh Chief dengan perusahaan yang sudah level unicorn atau di atasnya.

  2. Manajer Perbankan
    Pekerjaan dengan gaji tinggi selanjutnya adalah manajer perbankan, mulai dari tahap Regional, Senior, hingga General Manager (GM). Untuk level cabang saja, gaji seorang manajer perbankan bisa mencapai Rp25 juta sampai Rp40 juta. Sementara itu, di level regional, gaji manajer perbankan bisa mencapai Rp80 juta hingga Rp150 juta.

  3. Ahli Pertambangan dan Perminyakan
    Ingin mendapat pekerjaan dengan gaji besar meski levelnya masih pekerja teknis? Industri pertambangan dan perminyakan bisa jadi pilihan Anda. Berdasarkan survey terbaru di tahun 2021, gaji pekerja teknis tambang bisa mencapai Rp13 juta - Rp15 juta per bulan.

  4. Head Manajer Finansial (Merangkap Investor Perusahaan)
    Menjadi manajer sekaligus investor finansial perusahaan adalah salah satu pekerjaan dengan gaji tinggi dan menantang. Apabila keputusan investasi dan penganggaran yang diambilnya sesuai, maka seorang manajer keuangan akan memperoleh bonus berlipat ganda. Akan tetapi, saat keputusannya meleset, manajer keuangan berisiko kehilangan pekerjaannya.
    Di Indonesia, gaji seorang manajer keuangan perusahaan ada di kisaran Rp10 juta hingga Rp80 juta.

  5. Head Manajer Konstruksi
    Pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia berikutnya adalah Head Manager di bidang konstruksi, dengan pengalaman 10 sampai 15 tahun. Di level pengalaman ini, seorang Head Manager konstruksi bisa memperoleh gaji Rp80 juta sampai Rp250 juta per bulannya. Belum menghitung komisi-komisi dari proyek yang berhasil dimenangkan perusahaan.

  6. Head Manajer Pemasaran
    Di poin keenam pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia, ada posisi Head Manager bagian pemasaran. Proses penentuan gaji bidang pemasaran mirip dengan posisi C-suite. Makin besar perusahaannya, biasanya gaji orang-orang yang bekerja di bidang pemasarannya juga akan makin besar. Seorang Head Manager marketing bisa memperoleh gaji Rp40 juta hingga Rp150 juta/bulannya, tergantung performa timnya.

  7. Digital Marketing Strategist
    Disrupsi teknologi membuat strategi pemasaran tidak lagi berfokus pada channel-channel offline, melainkan juga online. Oleh karena itu, salah satu pekerjaan dengan gaji tinggi saat ini dipegang oleh posisi Digital Marketing Strategist.

    Digital Marketing Strategist adalah posisi umum untuk menyebut orang dengan peran membuat strategi marketing digital bagi perusahaan, mulai dari SEO website, konten media sosial, sampai periklanan.

    Banyaknya channel pemasaran yang dipegang seorang Digital Marketing Strategist membuatnya menjadi salah satu pekerjaan dengan gaji besar di Indonesia. Gaji seorang Digital Marketing Strategist mulai dari Rp8 juta sampai Rp100 juta per bulannya.

  8. Content Manager
    Pekerjaan dengan gaji tinggi di poin ke-8 masih ada di bidang pemasaran. Selain Head Manager dan Digital Marketing Strategist, Content Manager juga termasuk salah satu pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia. Gaji seorang Content atau Creative Manager bisa mencapai Rp8 juta hingga Rp30 juta per bulan.

  9. Senior Software Engineer
    Selain bidang digital marketing, salah satu bidang karir yang nominal gajinya terus naik karena disrupsi adalah pekerjaan di bidang teknologi. Seorang senior software engineer di Indonesia bisa memperoleh gaji sebesar Rp20 juta - Rp80 juta tergantung skala perusahaannya. Bahkan jika bekerja di luar negeri, gaji seorang senior software engineer bisa mencapai 100 - 150 ribu dollar, atau setara dengan Rp1 miliar - Rp2 miliar.

  10. Full Stack Developer
    Pekerjaan dengan gaji besar selanjutnya adalah seorang full stack developer, yaitu seseorang yang punya kapasitas pemrograman front-end, back-end, dan databasesekaligus. Rata-rata gaji seorang full stack developer level junior bisa mencapai Rp8 juta - Rp15 juta/bulan. Semakin banyak pengalaman projectnya, nominal gaji tersebut bisa melambung hingga Rp200 juta/bulan.

  11. Cyber Security Engineer
    Cyber security engineer adalah insinyur yang bergerak di bidang keamanan data dan sistem. Tugas utama seorang security engineer adalah untuk menjaga keamanan sistem perusahaan, menemukan celah keamanan, sekaligus memperbaikinya. Di Indonesia, sebagian besar security engineer bekerja secara freelance dengan project nasional dan internasional. Gaji rata-rata seorang cyber security engineer adalah Rp10 juta sampai Rp2 miliar/bulan.

  12. Head Manajer HRD
    Pekerjaan dengan gaji tinggi berikutnya adalah Head Manager HRD, yang berkisar antara Rp15 juta sampai Rp100 juta/bulan, sesuai taraf perusahaannya. Akan tetapi, untuk mencapai taraf gaji sedemikian rupa, seorang HRD perlu punya pengalaman minimal 10 - 20 tahun serta terbukti mampu merekrut talenta-talenta terbaik bagi perusahaan.

  13. Pilot
    Pilot adalah pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia berikutnya. Saat menjadi pilot, Anda tidak perlu waktu belasan tahun guna mencapai gaji puluhan juta. Sebab, seorang pilot junior saja bisa memperoleh gaji minimum sebesar Rp20 juta sampai Rp30 juta/bulan. Sedangkan pilot senior umumnya punya pendapatan Rp40 juta sampai Rp50 juta per bulannya.

  14. Dokter Spesialis dan Bedah
    Meskipun rata-rata dokter punya gaji besar dan pendapatan stabil, tidak semua dokter berhasil memperoleh pendapatan hingga puluhan juta per bulan. Hanya dokter bedah atau spesialis-lah yang gajinya bisa mencapai Rp25 juta sampai Rp50 juta per bulannya.

  15. Sekretaris Direktur
    Pekerjaan dengan gaji tinggi yang terakhir adalah sekretaris direktur, yang gajinya bisa mencapai Rp50 juta sampai Rp80 juta/bulannya. Mayoritas profesi sekretaris saat ini banyak dilakukan oleh perempuan, sehingga otomatis posisi sekretaris direktur adalah salah satu pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita.

Itulah daftar 15 pekerjaan dengan gaji tinggi yang bisa Anda kejar! Untuk mengejar posisi-posisi di atas, diperlukan kemauan belajar tinggi, kerja keras, dan dedikasi luar biasa pada profesi yang dilakukan. Sehingga jangan lupa tanamkan tiga karakter utama tersebut dalam diri Anda dari sekarang ya!

Baca juga:

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

6 Manfaat Kredit Bagi Masyarakat, Apa Saja?

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

Jangan Panik! Uang Salah Transfer Bisa Kembali dengan Cara Ini!

See All

Produk Terkait

Kredit Modal Kerja

Kredit Modal Kerja

Solusi pinjaman untuk memenuhi berbagai kebutuhan pribadi
Nyala Bisnis

Nyala Bisnis

Layanan saldo gabungan untuk mengatur keuangan pribadi dan bisnis secara terpadu
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile