11+ Cara Hemat Uang Belanja Termudah, Dijamin Bisa Menabung!

19 Okt 2023 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Cara hemat uang belanja bulanan untuk memenuhi kebutuhan dan tetap bisa menabung! Simak 11+ tips hemat uang belanja berikut.

Setiap orang punya kebutuhan belanjanya masing-masing. Semakin banyak tanggungan keluarga, maka lazimnya nominal uang belanjanya akan makin besar. Tapi sebenarnya, adakah cara hemat uang belanja agar kebutuhan terpenuhi dan tetap bisa menabung?
Tentu saja ada, sobat OCBC NISP! Ingin tahu selengkapnya tentang tips hemat uang belanja agar tetap punya tabungan? Simak pembahasan dari OCBC NISP berikut ini sampai habis ya.

10+ Cara Hemat Uang Belanja Agar Tetap Bisa Menabung

Sobat OCBC NISP, ada banyak cara hemat uang belanja bulanan supaya kebutuhan tetap cukup dan masih bisa menabung lho, di antaranya:

  1. Buat Skala Prioritas Kebutuhan
    Cara hemat uang belanja bulanan yang pertama adalah selalu buat skala prioritas kebutuhan sebelum membelanjakan uang. Buat daftar barang-barang untuk dibeli, setelah itu lakukan proses seleksi apakah barang tersebut memang Anda butuhkan. Anda bisa memakai urutan prioritas berikut ini:

    1. Kebutuhan primer, misalnya bahan makanan dan kebersihan diri.

    2. Tagihan bulanan.

    3. Kebutuhan sekunder, seperti perlengkapan sekolah, kuota internet, biaya bensin, dan sebagainya.

    4. Tabungan.

    5. Kebutuhan tersier atau hiburan.

     

  2. Rencanakan Anggaran Secara Berkala
    Tips hemat uang belanja berikutnya adalah selalu buat rencana anggaran secara berkala tiap bulannya. Setelah menyusun skala prioritas, coba buat estimasi harga dari tiap barang yang perlu Anda beli. Jika gaji bulanan Anda masih bersisa, maka Anda bisa mengalokasikannya pada pos keuangan lainnya, seperti misalnya dana darurat.

  3. Catat Pengeluaran dengan Rutin
    Cara hemat uang belanja bulanan poin ketiga adalah selalu mencatat pengeluaran. Selain menuliskan rencana anggaran biaya bulanan, Anda juga harus menuliskan realisasi pengeluarannya. Hal ini bisa Anda lakukan dengan lebih sering, misalnya tiap minggu atau bahkan tiap hari.

  4. Sisihkan Tabungan di Tanggal Muda
    Salah satu kesalahan terparah dari orang yang ingin menabung adalah tidak menyisihkan tabungan langsung setelah gajian. Akibatnya, banyak orang gagal menabung karena di akhir bulan, uangnya habis tak bersisa. Jika Anda benar-benar ingin punya uang tabungan, Anda harus berani menyisihkannya sedini mungkin tiap bulan.

  5. Memasak Makanan Sendiri
    Tips hemat uang belanja yang kelima adalah mengurangi intensitas membeli makanan jadi dan beralih memasaknya sendiri. Tidak bisa dipungkiri, harga makanan olahan jauh lebih tinggi dibandingkan jika Anda membeli bahan-bahannya sendiri. Selain lebih murah, masak makanan sendiri juga lebih aman dan sehat.

  6. Membeli Kebutuhan Bulanan Secara Grosir
    Poin keenam cara hemat uang belanja bulanan adalah dengan membeli kebutuhan sehari-hari secara grosir, yang harganya secara notabene lebih murah daripada beli eceran. Beberapa jenis barang paling sesuai dibeli dengan grosir mingguan atau bulanan misalnya sabun, beras, mi instan, sayur, telur, kopi, dan sebagainya.

  7. Selektif Memilih Harga Barang
    Menjadi konsumen yang selektif adalah cara hemat uang belanja terampuh berikutnya. Maksudnya selektif di sini adalah cerdik membandingkan harga tanpa mengorbankan kualitas barangnya. Saat berkunjung ke pasar atau toko untuk belanja, carilah produk dengan harga paling terjangkau tapi tetap berkualitas dan aman dipakai.

  8. Coba Menanam Sayur dan Buah Sendiri
    Anda memiliki tanah kosong yang luas? Tips hemat uang belanja sayur dan buah adalah dengan memanfaatkan tanah tersebut jadi kebun produktif! Jika menanam sayur dan buah sendiri, Anda bisa mengurangi anggaran belanja dengan signifikan tiap bulan. Dengan demikian, Anda dan keluarga dapat hemat uang belanja tanpa harus mengorbankan kesehatan.

  9. Hindari Membeli Barang dengan Impulsif
    Cara hemat uang belanja bulanan agar bisa menabung yang ke-9 adalah dengan menghindari jebakan belanja impulsif. Dari segi definisinya, belanja impulsif adalah pengambilan keputusan belanja karena hal-hal irasional, seperti promo berbatas waktu atau sekadar menghilangkan kebosanan.

    Supaya terhindar dari perilaku belanja impulsif, Anda bisa menahan diri tiap kali ingin membeli sesuatu. Sebelum membawanya ke kasir, coba pertimbangkan apakah Anda benar-benar membutuhkan barang tersebut.

  10. Berorientasi Pada Fungsional Barang
    Tips hemat uang belanja satu ini masih berkaitan dengan poin ke-9. Setiap kali ingin membeli barang, ambillah keputusan berdasarkan level manfaat dari barang tersebut. Jangan mudah tergoda membeli barang branded dengan harga berkali lipat, padahal sebenarnya ada barang lain dengan harga jauh lebih murah tapi punya fungsional sepadan.

  11. Mau Hidup Apa Adanya
    Cara hemat uang belanja bulanan yang ke-11 adalah mau hidup sederhana, apa adanya, dan tidak mudah terpengaruh. Gaya hidup seperti ini biasa disebut “minimalis” atau dalam bahasa Jepang dinamai “Ikigai”.

    Setiap kali ingin membeli sesuatu, jangan membelinya hanya untuk memenuhi gengsi. Sebaliknya, belilah karena itu memang sesuatu yang Anda butuhkan/bisa meningkatkan kualitas Anda sebagai seorang manusia.

  12. Belajar Membangun Passive Income
    Tips hemat uang belanja terakhir dan paling penting untuk Anda lakukan adalah bangunlah passive income dari sekarang! Passive income atau pendapatan pasif adalah penghasilan yang bisa Anda dapat secara terus menerus hanya dengan usaha sesekali. Beberapa contoh sumber passive income terbaik misalnya investasi saham, akun Youtube termonetisasi, dan media sosial.

Demikian cara hemat uang belanja agar tetap bisa menabung ala OCBC NISP! Ingin proses menabung Anda lebih mudah dan menyenangkan? Daftar rekening digital sekarang juga di ONe Mobile OCBC NISP yuk!

Baca juga:

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

6 Manfaat Kredit Bagi Masyarakat, Apa Saja?

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

Jangan Panik! Uang Salah Transfer Bisa Kembali dengan Cara Ini!

See All

Produk Terkait

Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile