Mengintip Penghasilan TikTok, Begini Cara Menghitungnya!

28 Okt 2021 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Begini lho cara menghitung penghasilan TikTok dengan mudah! 

Tak dipungkiri lagi bahwa saat ini tren TikTok semakin digemari. Fenomena tersebut juga menjadikannya sebagai aplikasi paling banyak dipakai, mengalahkan YouTube. Tak heran jika banyak creator yang telah mendapat penghasilan TikTok hingga jutaan.

Bahkan, sekarang aplikasi ini telah dilengkapi dengan fitur yang bisa digunakan untuk melihat sekaligus menghitung penghasilan TikTok bernama TikTok Money Calculator. Bagaimana cara kerjanya dan apa saja keunggulannya? Simak pembahasan lengkapnya berikut, yuk!


Sekilas Tentang Tik Tok

Tiktok merupakan aplikasi sharing video buatan perusahaan asal China Bytedance. Sejak 2016, aplikasi ini berkembang pesat dan dapat menyaingi kedudukan media sosial besar lainnya, seperti Youtube, Snapchat, Twitter, hingga Instagram.

Umumnya, cara kerja aplikasi TikTok hampir sama seperti Youtube dengan mengunggah video. Akan tetapi, video-video yang diunggah dalam TikTok berdurasi sangat singkat sekitar 15 detik, namun tetap menghibur.

Banyak para content creator berlomba-lomba membuat berbagai video menarik untuk mendapatkan followers. Tak heran jika dalam kurun waktu kurang dari empat tahun, TikTok berhasil mencetak rekor 1 miliar unduhan, dan bahkan jumlah penggunanya saat ini sudah melebihi Instagram.


Darimana Penghasilan TikTok?

Dengan bermodalkan kreativitas dan popularitas dari para creator, TikTok dapat menjadi ladang penghasilan yang besar. Umumnya, ada tiga faktor utama yang mempengaruhi penghasilan TikTok, yaitu jumlah followers, banyaknya like video, dan interaksi creator dengan para followers (engagement).

Sebagai salah satu aplikasi berbasis video, TikTok mempunyai banyak pengguna aktif yang membuat konten kreatif setiap harinya. Meskipun belum tersedia metode iklan seperti Google Ads di YouTube, namun ada langkah lain yang membantu para content creator mendapatkan penghasilan TikTok.

Tak main-main, penghasilan tiktok per bulan yang diterima para content creator bernilai fantastis. Sumber utama pendapatan tersebut berasal dari endorsement, yaitu melakukan kerja sama dengan brand untuk mempromosikan produk secara online.

Selain melakukan promosi, para creator juga dapat membagikan giveaway kepada followers, maupun melakukan #Challenge yang ditentukan oleh suatu brand untuk menarik hati pengguna TikTok lainnya.

Umumnya, penghasilan TikTok per bulannya, diperoleh dari akumulasi pendapatan di setiap post ditambah dengan biaya tambahan lainnya seperti koin yang didapatkan saat live streaming berlangsung.

Biasanya, seorang content creator di luar negeri, dapat memperoleh penghasilan TikTok per bulan hingga $1000 - $30 ribu atau Rp14 juta – Rp422 juta, sedangkan di Indonesia berkisar antara Rp19,6 juta – Rp49 juta. Apalagi, jika produk yang dipromosikan berasal dari brand ternama, maka gaji yang didapatkan pun akan lebih besar.


Cara Menghitung Penghasilan TikTok dengan TikTok Money

Setelah memiliki banyak pengikut dan penonton pada video, Anda dapat cek penghasilan TikTok yang diperoleh melalui TikTok Money Calculator. Berikut ini beberapa langkah untuk melakukan cek penghasilan TikTok.

  1. Buka Situsnya
    Anda harus membuka situsnya terlebih dahulu, yaitu likigram.com/tiktok-money-calculator. Pastikan Anda telah memenuhi syarat dengan menjadi pengguna aktif TikTok dan rutin mengunggah video di akun tersebut.

  2. Masukkan Username
    Selanjutnya, Anda dapat memasukkan username atau nama akun TikTok Anda pada kolom yang tersedia. Kemudian klik enter atau tanda pencarian dan tunggu hasilnya selama beberapa menit.

  3. Keterangan Penghasilan Keluar
    Selanjutnya, TikTok Money akan menampilkan sejumlah informasi berisi subscribers dan total video Anda. Selain itu, pada tampilan tersebut terlihat perhitungan pendapatan minimal dan juga maksimal yang dapat Anda peroleh pada tiap video.


Keunggulan TikTok Money Calculator

TikTok Money Calculator banyak dimanfaatkan content creator untuk menghitung berapa penghasilan TikTok per bulan dari akun mereka. Disamping hal tersebut, TitTok Money juga memiliki beberapa keunggulan lainnya. Diantaranya sebagai berikut.

  1. Melakukan Validasi Akun
    Perolehan angka yang didapatkan dari TikTok Money Calculator dapat dijadikan sebagai validasi atas kualitas akun Anda. Apabila nilainya cukup memuaskan, maka hal tersebut dapat menjadi portofolio yang baik untuk digunakan dalam keperluan marketing, seperti dasar penentuan rate dan besaran harga dari akun Anda.

  2. Memahami Followers
    Selain menghitung penghasilan TikTok, aplikasi ini juga dapat membantu Anda dalam memahami detail kebutuhan maupun minat dari para audiens terhadap konten yang Anda buat. Jika hasilnya tidak memuaskan, maka Anda perlu menyusun strategi kembali untuk memaksimalkan konten tersebut.

  3. Konsisten dalam Mengunggah Konten
    Besar penghasilan TikTok akan sangat bergantung pada banyak faktor. Salah satunya adalah profil akun. Jika akun Anda jarang mengunggah konten, kemungkinan besar pendapatan Anda tidak akan besar. Dengan kata lain, creator didorong untuk lebih sering mengunggah video.


Manfaat Menggunakan Aplikasi TikTok

Dengan TikTok Money Calculator, para content creator dapat mengetahui secara pasti bahwa aplikasi TikTok memberikan keuntungan besar. Berikut ini beberapa manfaat lainnya yang akan Anda dapatkan dari TikTok.

  • Keperluan Bisnis
    TikTok dapat dimanfaatkan sebagai sarana promosi untuk kegiatan bisnis maupun brand Anda. Postingan video tersebut akan membantu Anda dalam membangun citra baik dari sebuah brand secara optimal. Misalnya, menjalin kerja sama dengan content creator TikTok yang memiliki banyak followers.

  • Membangun Personal Brand
    Selain dari citra perusahaan, TikTok juga dapat dimanfaatkan untuk membangun personal branding Anda sendiri. Dengan tingkat popularitas yang besar, TikTok akan membantu Anda dalam membentuk citra yang baik sebagai seorang influencer.

  • Hiburan
    Tak hanya mengantongi penghasilan TikTok yang besar, aplikasi ini juga dapat menjadi alternatif hiburan menarik di tengah waktu luang. Pasalnya, berbagai konten unik dan menghibur sangat membantu Anda dalam mengurangi stres akibat sibuknya rutinitas sehari-hari.


Nah, itu dia pembahasan mengenai cara menghitung penghasilan TikTok. TikTok bisa membantu para content creator untuk mendapatkan uang secara mudah hanya dengan mengunggah konten melalui aplikasi. Cukup menyenangkan bukan, menyalurkan hobi sekaligus mendapat keuntungan!


Baca Juga:

Story for your Inspiration

Baca

News Update, Investasi - 30 Apr 2024

Harga emas tinggi, masih aman untuk berinvestasi?

Baca

Edukasi - 30 Apr 2024

Cara Kredit HP Online Tanpa DP dan Kartu Kredit, Hanya Pakai KTP

See All

Produk Terkait

Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile