Mengenal Apa Itu Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP)

4 Apr 2022

Program Pensiun Iuran Paști adalah dana berdasarkan akumulasi hasil investasi.

Program Pensiun Iuran Paști (PPIP) atau yang dalam bahasa Inggris disebut Defined Contribution adalah dana pensiun yang akan didapat seseorang berdasarkan pada akumulasi iuran dan hasil investasi yang dilakukannya selama bekerja.

 

Sehingga besaran manfaat dari produk ini ditetapkan melalui hasil pengembangan kekayaan. Dalam artikel ini, OCBC akan membawa Anda memahami lebih dalam tentang Program Pensiun Iuran Paști (PPIP).

Pengertian Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP)

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pengertian Program Pensiun Iuran Pasti adalah program pensiun yang iurannya telah ditetapkan dalam Peraturan Dana Pensiun, dimana seluruh iuran dan hasil pengembangannya dibukukan ke dalam rekening masing-masing anggota, sebagai manfaat pensiun.

 

Peraturan dalam investasi dana pensiun merupakan hasil kesepakatan dari pendiri bersama dewan pengawas. Selain itu, industri ini juga selalu diawasi dan dipantau oleh OJK. Yang mana membuat mereka diharuskan untuk selalu menyampaikan laporan secara berkala kepada otoritas.

 

Berbicara mengenai program pensiun satu ini, sangat erat kaitannya dengan hasil investasi. Sehingga, manfaat pensiun yang Anda terima tidak akan selalu sama, karena prinsipnya sama dengan investasi, apabila hasilnya baik maka dana yang didapat akan besar, begitupun sebaliknya.

 

Contoh Program Pensiun Iuran Pasti misalnya, perusahaan mengikutsertakan para pekerjanya dalam Program Pensiun Iuran Pasti yang dikelola oleh Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK), maka perusahaan tersebut tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membangun serta mengurus badan hukum dana pensiun, karena segala sesuatunya akan dikelola oleh DPLK.

 

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa Program Pensiun Iuran Pasti adalah program pensiun yang berkaitan dengan pembayaran iuran oleh perusahaan dan para pekerja (setoran dana pensiun biasanya dipotong langsung dari gaji pekerja). Kemudian dana tersebut diinvestasikan pada produk investasi (pasar modal atau pasar uang) sesuai aturan yang berlaku.

Kelebihan dan Kekurangan Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP)

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, risiko dalam investasi dan pensiun menggunakan program iuran pasti akan langsung memberikan imbasnya pada masing-masing peserta. Akan tetapi, dibalik risiko tersebut terdapat potensi keuntungan cukup tinggi pula, dimana hal ini sesuai dengan teori High Risk High Return.

 

Contoh Program Pensiun Iuran Pasti misalnya selama masa bekerja, para karyawan diharuskan untuk membayar 10% dari jumlah penghasilan mereka setiap bulannya. Dana ini kemudian akan digunakan sebagai investasi dan hasil investasinya nanti akan dikembalikan lagi pada karyawan tersebut.

 

Nah, karena hal inilah, perusahaan jadi tidak perlu lagi memikirkan ketersediaan dana dalam jumlah besar untuk membayar pekerjanya yang telah memasuki usia pensiun. Akan tetapi sebaliknya, para pekerja juga bisa dirugikan jika ternyata investasi dana pensiun tersebut mengalami kerugian.

 

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa setiap program memang akan selalu memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Nah, berikut ini merupakan beberapa kelebihan dan kekurangan Program Pensiun Iuran Pasti yang bisa dijadikan pertimbangan untuk menentukan program pensiun pilihan Anda.

Kelebihan Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP)

Walaupun pensiun iuran pasti seringkali dinilai hanya menguntungkan pihak perusahaan saja, namun nyatanya program tersebut juga memberikan banyak manfaat bagi para karyawannya. Di bawah ini merupakan beberapa keuntungan yang bisa Sobat OCBC dapatkan bila menggunakan program ini.

Bagi Karyawan

  • Jaminan kesinambungan penghasilan walaupun sudah pensiun
  • Pengurangan objek pajak Pph 21
  • Mendapat fasilitas bebas pajak atas hasil investasi
  • Pajak manfaat hanya 5% untuk manfaat di atas 50 juta
  • Manfaat pensiun ditaksir bisa capai ratusan juta
  • Lebih menguntungkan dibanding menabung pada bank konvensional

Bagi Perusahaan

  • Tidak harus mendirikan dana pensiun sendiri dalam melaksanakan program pensiun
  • Iuran dapat disesuaikan oleh kemampuan perusahaan
  • Iuran perusahaan merupakan pengurangan objek pajak badan
  • Perlindungan terhadap aset perusahaan di masa yang akan datang
  • Pengurangan objek pajak Pph 25
  • Daya tarik karyawan untuk bertahan atau bergabung (DPLK sebagai additional benefit)
  • Dapat menjadi cadangan atas kewajiban perusahaan sesuai UUK No. 13/2003 pasal 167 (3)

2. Kekurangan Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP)

Selain kelebihan, ada juga beberapa kekurangan dalam penggunaan program ini. Berikut merupakan konsekuensi yang harus Anda hadapi ketika menggunakan Program Pensiun Iuran Pasti.

  • Manfaat pensiun yang didapat tidak pasti, ditentukan oleh performa investasi.
  • Apabila terjadi kerugian dalam investasi, menjadi tanggungan dari peserta itu sendiri.

Perbedaan Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP) dan Program Pensiun Manfaat Pasti (PPMP)

Seperti penjelasan sebelumnya, pengertian Program Pensiun Iuran Pasti adalah iuran yang diselenggarakan sesuai Peraturan Dana Pensiun, dan manfaat yang diterima merupakan hasil dari keseluruhan iuran ditambah dengan jumlah penambahan dananya.

 

Jenis program pensiun ini dapat dijalankan baik oleh Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) maupun Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK). Untuk DPLK, penyelenggara hanya bisa menggunakan Program Pensiun Iuran Pasti saja. Sedangkan DPPK, mengizinkan penyelenggara memilih iuran pasti atau manfaat pasti.

 

Berbeda dengan Program Pensiun Manfaat Pasti, PPIP tidak membebani perusahaan dengan risiko kerugian dana, karena nantinya peserta lah yang akan menanggung sendiri risiko dari investasinya. Artinya, pihak perusahaan tidak harus menutup kekurangan dana jika hasil pengembangan tidak sesuai dengan harapan.

 

Itulah penjelasan lengkap mengenai Program Pensiun Iuran Paști (PPIP). Jika ingin menciptakan manajemen keuangan yang baik, penting untuk memperhatikan segala unsurnya. So, simak lebih lanjut berbagai tips mengelola keuangan di OCBC NISP!

Baca juga:

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

6 Manfaat Kredit Bagi Masyarakat, Apa Saja?

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

Jangan Panik! Uang Salah Transfer Bisa Kembali dengan Cara Ini!

See All

Produk Terkait

Wealth Management

Wealth Management

Download OCBC mobile