Bagaimana Cara Kerja Kartu Kredit? Simak Penjelasannya

1 Sep 2022

Bagaimana cara kerja kartu kredit? Simak di sini. 

Istilah kartu kredit mungkin sudah tidak asing di masyarakat karena sudah banyak yang menggunakannya. Namun, tidak semua mengerti bagaimana cara kerja kartu kredit. Kartu kredit merupakan produk perbankan yang memudahkan pemiliknya bertransaksi dengan sistem kredit.

 

Bahkan Anda juga bisa melakukan tarik tunai kartu kredit, lho. Lantas, sebenarnya bagaimana cara kerja kartu kredit? Kali ini OCBC NISP akan menjelaskannya secara terperinci dalam ulasan berikut ini.

Cara Kerja Kartu Kredit

Dalam penggunaannya, kartu kredit menawarkan beberapa fitur menarik dan unik. Transaksi bisa dilakukan hanya dengan menggesek kartu. Di samping itu, layanan ini juga sering kali memiliki promo diskon maupun cashback. Terdengar sangat praktis dan efisien, bukan?

 

Akan tetapi, tahukah Anda bagaimana cara kerja kartu kredit? Sebelum mendapatkannya, Anda harus mengajukan pembuatannya ke pihak bank terlebih dahulu. Lengkapi persyaratan registrasi dan tunggu proses verifikasi data atau survei. Kira-kira dalam waktu 14 hari, kartu kredit akan diterbitkan apabila pihak bank menyetujui permohonan Anda.

 

Pembayaran tanpa uang tunai merupakan karakteristik utama dari kartu kredit, namun sebenarnya Anda menggunakan pinjaman dari bank setiap kali melakukan transaksi. Setiap 20 hingga 25 hari jumlah tagihan harus dibayarkan apabila Anda tidak ingin terkena bunga bank. Biasanya, pihak bank mengharuskan Anda melunasi penyetoran minimum setiap jatuh tempo.

Kelebihan Menggunakan Kartu Kredit

Transaksi menggunakan kartu kredit menjadi opsi pembayaran populer saat ini. Mengapa demikian? Selain cara kerjanya yang mudah dan cepat, banyak fitur menarik dari penggunaan kartu kredit seperti cicilan 0%, pelunasan tagihan minimum, diskon, cashback, dan pembayaran berkala untuk tagihan-tagihan penting.

 

Di samping keuntungan di atas, terdapat kelebihan lain dari penggunaan kartu kredit. Berikut adalah manfaat kartu kredit dalam kegiatan sehari-hari:

1. Pengelolaan Finansial Tercatat dengan Baik

Setiap transaksi kartu kredit akan bisa dilihat di lembar tagihan yang akan diberikan kepada Anda setiap bulannya. Oleh karena itu, perkiraan pengeluaran bisa dibuat untuk mencukupi kebutuhan di bulan selanjutnya. Keuntungannya lagi, Anda juga bisa melihat mana saja beban tagihan terbanyak dan menyesuaikan anggaran keuangan sesuai dengan kebutuhan.

2. Adanya Garansi atau Asuransi

Kebutuhan pinjaman atau kredit selalu didampingi oleh asuransi. Pihak bank biasanya akan menawarkan produk garansi atau asuransi kepada pemilik kartu kredit. Hal tersebut ditujukan agar pengguna layanan pinjaman memiliki proteksi atas asetnya.

3. Lebih Mudah Berbelanja Kapan Saja

Tidak punya uang saat akhir bulan tapi ingin belanja? Anda tidak perlu khawatir karena cara kerja kartu kredit menjamin transaksi tanpa uang tunai. Saldo kredit atau pinjaman akan membantu Anda memenuhi kebutuhan di saat-saat genting. Jadi, Anda tidak perlu menunggu gajian lagi untuk membayarkan tagihan maupun berbelanja dengan adanya kartu kredit.

4. Penggunaanya Dapat Dilakukan di Luar Negeri

Cara kerja kartu kredit memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi di luar negeri. Pembayaran melalui pinjaman atau kredit ini akan menyesuaikan dengan kurs negara yang Anda kunjungi sehingga tidak perlu menghitung konversi di tempat. Cukup gesek kartu kredit dan transaksi akan selesai dilakukan.

Kekurangan Menggunakan Kartu Kredit

Setelah mengenal cara kerja kartu kredit dan kelebihannya, saatnya mengetahui apa saja kekurangannya. Penggunaan kartu kredit memang mudah dan praktis, namun terdapat beberapa kelemahan dalam pemakaiannya. Berikut adalah beberapa kekurangan menggunakan kartu kredit:

1. Ketagihan Belanja

Ketersediaan kredit membuat penggunanya menjadi lebih konsumtif. Pasalnya, pemilik kartu kredit akan masih bisa berbelanja tanpa uang tunai. Kemudahan penggunaan kartu kredit juga menjadi alasan untuk melakukan pembayaran tanpa berpikir jumlah tagihan yang harus dibayar nantinya.

2. Mahalnya Penarikan Uang Tunai

Kartu kredit memungkinkan Anda menarik uang tunai, namun perlu diingat bahwa layanan ini memiliki nilai bunga tinggi dari bunga kredit. Untuk itu, hindari mengambil uang dari kartu kredit setiap saat dan gunakan hanya dalam keadaan terdesak saja.

3. Bunga Pinjaman Tinggi

Membayarkan atau melunasi tagihan ketika jatuh tempo adalah cara kerja kartu kredit. Oleh karena itu, Anda harus melakukan setoran sesuai dengan pengeluaran selama sebulan agar tidak dikenai bunga kredit yang cukup tinggi.

Tips Menggunakan Kartu Kredit

Setelah tahu bagaimana cara kerja kartu kredit, pastikan untuk mengingat tips penggunaannya. Kemudahan dalam pembayaran bisa membuat Anda lupa akan jumlah tagihan yang harus dibayarkan setiap bulan. Maka dari itu, penting sekali untuk bijak dalam menggunakan kartu kredit. Adapun panduan tips pemakaian kartu kredit adalah:

1. Pilih Kartu Kredit Sesuai Kebutuhan

Pastikan kartu kredit Anda mencukupi kebutuhan atau keperluan penting. Maka dari itu, pilihlah kartu kredit yang menawarkan banyak diskon atau cashback. Dengan begitu, anggaran pengeluaran belanja akan lebih terkontrol.

2. Atur Limit Sesuai Penghasilan

Biasanya kartu kredit akan memberikan limit sejumlah dua atau tiga kali lipat gaji Anda. Meskipun begitu, Anda tidak perlu menghabiskan seluruh pinjaman. Pastikan tagihan per bulan tidak melebihi nominal gaji agar tidak terjadi pembengkakan anggaran.

3. Cek Tagihan Bulanan dengan Teliti

Detail transaksi pembayaran akan dikirimkan setiap bulannya kepada pemilik kartu kredit. Cara kerja kartu kredit ini memungkinkan penggunanya untuk meneliti dan memastikan tidak ada transaksi siluman.

4. Jangan Pinjamkan Kartu Kredit

Penggunaan kartu kredit harus diawasi agar tidak terjadi transaksi yang tidak diinginkan dan merugikan pemiliknya. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk tidak meminjamkan kartu kredit kepada siapa saja.

 

Sekarang Anda telah mengetahui cara kerja kartu kredit. Kartu tersebut bisa mendatangkan keuntungan tapi bisa juga mendatangkan kerugian jika tidak bisa memanfaatkannya dengan baik. Oleh karena itu, bijaklah dalam menggunakan kartu kredit.

 

Berbicara mengenai kartu kredit, OCBC NISP juga menawarkan berbagai pilihan kartu kredit dengan fitur dan layanan yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan Anda. Yuk cek informasi selengkapnya!

 

Baca Juga:

Story for your Inspiration

Baca
Sumatra Elektrik Motor

Edukasi - 29 Apr 2024

Mau Kredit Motor Listrik? Simak Syarat dan Cara Pengajuannya Berikut!

Baca

Edukasi - 29 Apr 2024

Kredit Motor Tanpa DP: Ketentuan dan Cara Dapatnya

See All

Produk Terkait

Kartu Kredit OCBC NISP

Kartu Kredit OCBC NISP

Jadikan setiap tahapan kehidupan sebagai pengalaman baru yang penuh makna

Download OCBC mobile