Credit Line: Pengertian, Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

9 Jan 2023

Credit line adalah batas pinjaman yang ditetapkan dan dapat digunakan kapanpun.

Pinjaman merupakan sistem penyediaan uang yang umum digunakan oleh masyarakat. Credit line adalah salah satu jenis pinjaman yang banyak ditawarkan oleh bank.

Berbeda dengan produk pinjaman lainnya, credit line memiliki keunggulan terkait dengan fleksibilitas dan sistem open-end yang menguntungkan pihak peminjam.

Simak artikel ini untuk cari tahu lebih lengkap mengenai apa itu credit line, jenis-jenis, serta kelebihan dan kekurangannya. Selamat membaca!

Pengertian Credit Line

Pengertian credit line adalah sistem peminjaman uang yang memungkinkan Sobat OCBC NISP untuk mengambil uang seperlunya hingga batas tercapai dan membayar bunga sesuai jumlah yang digunakan.

Istilah lain dari credit line adalah line of credit (LOC), baris kredit, atau jalur kredit. Untuk lebih mudah memahami apa itu credit line, bayangkan penggunaannya seperti kartu kredit biasa.

Anda bisa menggunakannya untuk melakukan pembayaran kredit. Hanya saja, perbedaan credit line adalah bunganya tidak perlu dibayar secara penuh sesuai total jumlah pinjaman.

Credit line diatur antara lembaga keuangan dan pelanggan untuk menetapkan jumlah batas pinjaman maksimum yang dapat diambil.

Uang pinjaman tersebut dapat diambil kapanpun dibutuhkan selama belum mencapai batas maksimum pinjaman yang telah ditetapkan sebelumnya.

Baca juga: Apa Itu Kreditur? Ini Pengertian, Peran, Jenis & Contohnya

Jenis-jenis Credit Line

Jika tertarik untuk menggunakan layanan pinjaman uang ini, ketahui dulu apa itu credit line beserta jenis-jenisnya.

Penjelasan lengkap mengenai jenis credit line adalah sebagai berikut:

1. Credit Line Pribadi

Credit line pribadi memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan pinjaman tanpa jaminan atau unsecured. Artinya, dana tersebut dapat dipinjam, dibayar, dan dipinjam ulang.

Cara mendapatkan credit line pribadi adalah dengan menyiapkan beberapa syarat seperti riwayat kredit tanpa default, skor kredit 670 atau lebih, dan memiliki pemasukan yang terjamin.

Apabila memiliki tabungan, hal tersebut juga bisa membantu Anda untuk mendapatkan credit line pribadi. Gunakan LOC ini untuk keperluan darurat, pernikahan, traveling, dan sebagainya.

2. Credit Line Bisnis

Jenis credit line yang satu ini cocok digunakan untuk keperluan bisnis. Anda bisa memakainya jika memiliki perusahaan.

Kegunaan dari credit line bisnis adalah untuk keperluan inventaris atau pengeluaran perusahaan yang tidak terduga.

Anda bisa mengajukan pinjaman dengan jumlah tertentu dan keputusannya akan bergantung pada beberapa faktor seperti pendapatan usaha dan lamanya bisnis Anda berjalan.

Biasanya, credit line bisnis termasuk ke dalam kategori unsecured yang tidak membutuhkan jaminan.

Namun demikian, bisa saja pihak pemberi pinjaman meminta jaminan untuk jumlah kredit yang lebih besar.

3.  Credit Line Permintaan

Jenis credit line permintaan bisa masuk ke kategori secured ataupun non-secured. Artinya, peminjaman dana bisa saja memerlukan jaminan ataupun tidak.

Dengan LOC permintaan, pihak peminjam dapat sewaktu-waktu menagih dana pinjaman yang sudah jatuh tempo.

Pembayaran pinjaman bisa saja hanya berupa bunga atau dengan pinjaman pokoknya. Kebijakan tersebut akan bergantung pada persyaratan yang diberikan di awal.

4. Home Equity Line of Credit

Home Equity Line of Credit atau HELOC adalah jenis credit line yang digunakan untuk pembiayaan proyek atau perbaikan rumah secara kredit.

HELOC termasuk ke dalam kategori secured credit line yang membutuhkan jaminan sehingga cara mendapatkan credit line untuk jenis HELOC adalah menjaminkan rumah peminjam.

Penentuan jumlah pinjaman adalah melalui pengurangan nilai pasar dari rumah dengan jumlah hutang.

Umumnya, HELOC memiliki batasan kredit sejumlah 75% atau 80% dari nilai pasar rumah tersebut dan dikurangi saldo utang hipotek.

HELOC juga memiliki sistem draw period, dengan peminjam bisa menggunakan dana yang dipinjam, membayarnya, dan meminjamnya kembali dalam periode tertentu, biasanya 10 tahun.

5. Securities-Backed Line of Credit

Securities-Backed Line of Credit atau SBLOC merupakan pinjaman yang disediakan khusus oleh sekuritas peminjam.

Investor yang ingin menggunakan jenis credit line ini bisa meminjam dana sebesar 50% sampai 95% dari total aset di akun mereka.

Jika ingin menggunakan SBLOC, Anda tidak boleh memakai dana pinjamannya untuk membeli sekuritas. Sedangkan untuk hampir semua jenis pengeluaran lainnya diperbolehkan.

Baca juga: 10+ Jenis Utang dan Masing-Masing Pengertiannya Lengkap

Perbedaan Secured dan Unsecured Credit Line

Sebelumnya, beberapa kali telah disebutkan bahwa credit line dikategorikan menjadi dua, yaitu secured yang membutuhkan jaminan dan unsecured sebaliknya.

Sebagian besar dari jenis credit line adalah unsecured sehingga tidak butuh jaminan seperti LOC pribadi dan bisnis. Itulah mengapa, keduanya menarik bagi individu atau perusahaan.

Sedangkan yang termasuk secured credit line adalah HELOC. Untuk meminjam dana, Anda harus menjamin ekuitas dari rumah milik peminjam.

Berdasarkan sudut pandang pemberi pinjaman, secured credit line seperti HELOC lebih menguntungkan. Sebab, jenis pinjaman ini menyediakan penjamin apabila pelunasannya gagal.

Namun demikian, secured credit line juga tetap menarik bagi individu atau pemilik bisnis karena biasanya pemberi pinjaman akan memberikan penawaran ekstra.

Contohnya seperti batas kredit maksimum yang lebih tinggi atau suku bunga yang jauh lebih rendah daripada unsecured credit.

Kelebihan dan Kekurangan Credit Line

Kelebihan dari credit line yang utama adalah Anda bisa meminjam sejumlah uang apabila dibutuhkan saja sehingga menghindari pembayaran bunga atas pinjaman yang besar.

Namun demikian, jenis pinjaman ini juga memiliki beberapa kelemahan yang berpotensi menjadi masalah di masa yang akan datang.

Beberapa di antaranya:

  • Syarat kredit dan suku bunga yang dimiliki unsecured credit line lebih tinggi dibandingkan dengan pinjaman yang dijamin dengan agunan.
  • Credit line memiliki suku bunga yang hampir selalu bervariasi dan sangat berbeda pada setiap pemberi pinjaman sehingga tidak ada jumlah pastinya.
  • Tidak ada fasilitas perlindungan peraturan di credit line seperti halnya kartu kredit. Hukuman yang ditetapkan untuk keterlambatan pelunasan atau pinjaman yang melebihi batas LOC bisa sangat berat.
  • Credit line berpotensi menyebabkan pengeluaran berlebih, yang tentunya akan membuat peminjam tidak mampu melakukan pembayaran.
  • Credit line bisa disalahgunakan untuk merusak skor kredit peminjam.

Demikian penjelasan lengkap seputar credit line. Dari artikel ini, Sobat OCBC NISP sudah memahami pengertian, jenis, kelebihan, dan kekurangannya.

Dapat disimpulkan, credit line adalah solusi bagi Anda yang sedang membutuhkan pinjaman modal usaha, kebutuhan pribadi, dan sebagainya.

Semoga konten ini bisa menjawab pertanyaan Sobat OCBC NISP serta memberikan manfaat. Jangan lupa untuk baca artikel seputar keuangan lainnya di OCBC NISP.

Baca juga: Apa itu Suku Bunga Bank? Ini Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Story for your Inspiration

Baca
Sumatra Elektrik Motor

Edukasi - 29 Apr 2024

Mau Kredit Motor Listrik? Simak Syarat dan Cara Pengajuannya Berikut!

Baca

Edukasi - 29 Apr 2024

Kredit Motor Tanpa DP: Ketentuan dan Cara Dapatnya

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB

Download OCBC mobile