Ini Dia Cara Melakukan Pinjaman Online agar Cepat Cair!

3 Agt 2023

Ingin tahu bagaimana cara melakukan pinjaman online agar cepat cair? Simak syarat, tips, dan cara melakukannya dalam artikel berikut ini!

Tak sedikit orang yang memilih untuk mengajukan pinjaman online dalam mendapatkan modal usaha. Namun, maraknya penipuan pinjol membuat Anda harus lebih berhati-hati lagi. Agar lebih waspada, simak penjelasn tentang cara melakukan pinjaman online berikut ini.

Syarat Melakukan Pinjaman Online

Perhatikan beberapa persyaratan dalam cara melakukan pinjaman online berikut ini.

1. Cukup Umur

Umumnya, dalam hal pinjaman online, syarat untuk mengajukan pinjaman adalah usia 21 tahun ke atas. Tentunya hal ini perlu dibuktikan dengan kartu identitas, seperti KTP.

2. Warga Negara Indonesia

Selain harus cukup umur, orang yang ingin mendapatkan pinjaman online di Indonesia harus membuktikan bahwa dirinya adalah warga negara Indonesia.

3. Memiliki Pekerjaan

Setelah usia dan kewarganegaraan, calon peminjam harus dapat membuktikan bahwa mereka memiliki pekerjaan. Sehingga surat keterangan gaji biasanya diperlukan sebagai syarat tambahan.

4. Memastikan Data dan Dokumen Lengkap

Data pribadi juga diperlukan sebagai prasyarat. Biasanya, selain KTP, dokumen NPWP dan slip gaji akan diminta. Semua dokumen ini harus lengkap dan asli untuk memudahkan pengajuannya diterima.

5. Memiliki Rekening Bank

Syarat selanjutnya untuk mengambil pinjaman online adalah memiliki rekening bank. Hal ini diperlukan agar pelanggan nantinya dapat menerima uang dan melakukan pembayaran.

Baca Juga: 5 Jenis Pinjaman Bunga Rendah bagi yang Butuh Dana Cepat

Cara Melakukan Pinjaman Online

Sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman online, pahami terlebih dahulu beberapa cara berikut ini.bi checking

1. Cari Tahu Semua Informasi Penting

Sebelum mengajukan, Anda perlu mencari tahu cara kerja pinjaman online yang akan dipilih. Cobalah meneliti apa saja pinjaman online yang tersedia.

Anda dapat mencari informasi dari berita, artikel pemerintah dan sumber terpercaya lainnya. Hal ini perlu dilakukan agar Anda tidak mudah tergiur dengan pinjaman online ilegal yang marak terjadi.

Cara melakukan pinjaman online yang satu ini sangat perlu diperhatikan. Mengingat bahwa salah satu alasan mengapa banyak orang terjerumus dalam perangkap pinjaman online ilegal adalah karena mereka tidak mendapatkan informasi yang cukup tentang pinjaman online tersebut.

2. Memilih Perusahaan Pinjaman Online yang Legal

Cara melakukan pinjaman online berikutnya adalah memastikan bahwa platform pinjaman online yang dipilih legal dan diakui oleh negara. Jangan mengambil setiap frase pemasaran yang banyak digunakan.

Bagaimana cara mengetahui apakah perusahaan pinjaman online itu legal? Sederhana, Anda dapat mengeceknya di situs resmi OJK.

Memeriksa perusahaan di situs resmi OJK adalah cara tercepat untuk mengetahui apakah Anda dapat mempercayai perusahaan tersebut.

Perusahaan yang terdaftar di OJK telah memiliki izin usaha resmi sehingga Anda bisa lebih aman mengajukan pinjaman di sana.

3. Memenuhi Semua Persyaratan

Persyaratan yang mudah dan proses yang cepat terkadang membuat beberapa orang menyepelekannya sehingga tidak mempersiapkan persyaratan pinjaman online dengan baik. Padahal ini merupakan salah satu cara pinjam online cepat cair.

Setelah Anda memilih perusahaan pinjaman online, Anda harus segera memeriksa semua persyaratan yang diperlukan dan bagaimana cara kerjanya.

Perhatikan semua persyaratan, tidak hanya dokumen tetapi juga batasan usia dan kewarganegaraan.

4. Menyiapkan Dokumen Asli yang Diminta

Meski tidak serumit pinjaman pada umumnya, perusahaan pinjaman online biasanya tetap meminta Anda untuk melengkapi beberapa dokumen yang diperlukan, seperti KTP, NPWP, foto selfie, transfer bank dan lainnya.

Syarat memiliki usaha minimal enam bulan atau lebih sebenarnya tergantung masing-masing perusahaan pinjaman online.

Ada yang fokus membiayai para pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya. Ada juga yang tidak terbatas pada kepemilikan usaha, tetapi juga menawarkan pinjaman untuk pendirian usaha.

Oleh karena itu, pastikan perusahaan pinjaman online yang Anda pilih adalah perusahaan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

5. Melampirkan Slip Gaji

Slip gaji biasanya diperlukan sebagai lampiran jika jumlah pengajuan pinjaman sangat tinggi.

Perusahaan pemberi pinjaman online menggunakan ini untuk memastikan orang yang mengambil pinjaman dapat membayarnya kembali tepat waktu.

Menambahkan laporan gaji juga membuat proses pengajuan lebih mudah, karena pemberi pinjaman online dapat lebih mudah menilai kemampuan peminjam.

6. Mengajukan Pinjaman Online Sesuai Kemampuan Keuangan

Jika Anda ingin mengambil pinjaman, pastikan jumlah nominal pinjaman tersebut masuk akal, yang mana nilai nominalnya tidak melebihi kemampuan Anda dalam mengembalikannya.

Jika pembayaran pinjaman dan bunganya tinggi dan melebihi pendapatan yang diterima setiap bulan, maka bisa jadi pengajuan pinjaman telah melebihi kemampuan Anda.

Banyak orang mengajukan pinjaman dengan jumlah yang sangat besar dan tidak realistis hanya karena ingin mendapatkannya.

Apabila nominalnya sangat besar dan di luar kemampuan finansial Anda, hal itu hanya akan berujung pada penolakan pengajuan. Tak jarang orang yang pengajuannya ditolak karena hal ini.

Perhitungkan dan rencanakan dengan matang agar uang pinjaman dimanfaatkan sepenuhnya.

Perhitungan yang cermat memastikan bahwa Anda akan dapat melunasi pinjaman pada waktu yang telah disepakati.

Baca Juga: Tren Pinjaman Online Apa Iya Kita Beneran Butuh

Tips Mengajukan Pinjaman Online agar Cepat Cair

Ada beberapa tips cara pinjam online agar cepat cair. Apa saja itu? Berikut masing-masing penjelasannya.

1. Memastikan Penghasilan Sesuai Syarat

Sebagai pelamar, Anda juga perlu memperhatikan apakah pemasukan sesuai dengan syarat minimum. Pastikan untuk memeriksa persyaratan pendapatan minimum untuk yang perlu dilampirkan.

Jika Anda tidak memenuhi persyaratan minimum, maka pengajuan Anda mungkin akan ditolak.

Karena jika penghasilan tidak memenuhi syarat, maka menurut lembaga keuangan akan menganggap bahwa pengajuan pinjaman ini dapat membebani Anda secara finansial.

2. Memastikan Riwayat Kredit Baik

Semua lembaga keuangan dapat mengetahui riwayat kredit setiap orang melalui pemeriksaan BI. Semua pemohon dengan riwayat kredit baik atau buruk terdaftar di BI Checking.

Biasanya sulit bagi pemohon dengan kredit buruk untuk mendapatkan pinjaman. Oleh karena itu, perbaiki riwayat kredit Anda sebelum mendaftar.

Semakin baik riwayat kredit Anda, semakin cepat pengajuan pengajuan pinjaman Anda di proses.

Namun, beberapa orang yang memiliki riwayat tunggakan atau hutang yang belum dibayar berakhir di daftar hitam atau blacklist.

Pasalnya, sulit bagi mereka yang telah masuk daftar hitam mendapatkan kembali kepercayaan  lembaga keuangan. Inilah mengapa riwayat kredit yang baik perlu dipertahankan.

3. Menenukan Tujuan Pinjaman

Sebagian besar lembaga keuangan biasanya memberikan kemudahan untuk mengajukan pinjaman yang produktif. Misalnya, modal usaha, yang mana uang tersebut akan digunakan untuk mendapatkan penghasilan.

Pada dasarnya, menentukan tujuan ini bermanfaat untuk mengubah cara pandang lembaga keuangan terhadap kepercayaan mereka kepada Anda.

Jadi pertama-tama tentukan untuk apa uang itu dan kemudian sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

4. Berada di Area Layanan

Tidak semua platform pinjaman online menawarkan pengajuan pinjaman dari seluruh Indonesia. Karenanya, jangan lupa periksa area layanan dari platform yang dipilih.

Pastikan layanan yang ditawarkan menjangkau wilayah Anda. Karena jika wilayah Anda tidak terjangkau, penguaja Anda mungkin akan ditolak.

Untuk mengetahui area layanan, buka aplikasi atau situs web resmi dan periksa area layanan. Jika Anda tidak dapat menemukan informasi tentang area layanan, silakan hubungi customer service secara langsung.

5. Bayar Tepat Waktu

Lakukan pembayaran Anda tepat waktu untuk mempertahankan riwayat kredit dan kepercayaan Anda.

Upaya ini bukan hanya untuk mempertahankan riwayat kredit dalam BI Checking, tetapi juga menjaga kepercayaan pada platform pinjol yang terlibat.

Jika Anda membayar utang tepat waktu pada pinjaman sebelumnya, maka pengajuan Anda selanjutnya dapat disetujui dengan cepat.

Perlu diketahui bahwa setiap platform memiliki jangka waktu pembayaran yang berbeda. Biasanya, Anda juga dibebaskan memilih periode pembayaran sesuai dengan keinginan Anda.

Itulah informasi mengenai cara melakukan pinjaman online yang perlu Anda perhatikan. Yuk simak blog OCBC NISP lebih lanjut untuk mempelajari hal-hal menarik lainnya seputar keuangan!

Baca Juga: Pinjaman Syariah: Pengertian, Jenis Akad, & Keuntungannya

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 18 Apr 2024

Manfaat, Jenis, dan Biaya Asuransi KPR yang Perlu Kamu Ketahui

Baca
OCBC NISP 80 Tahun | Promo KPR

Edukasi - 18 Apr 2024

Anti Ditolak, Berikut Tips agar Pengajuan KPR Disetujui Bank

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB

Download OCBC mobile