Mengenal Jenis Jenis Tabungan dan Fungsinya, Yuk Simak!

28 Mar 2023

Jenis-jenis tabungan memiliki tujuan yang bervariasi sesuai kebutuhan nasabah.


Tabungan adalah salah satu produk perbankan yang paling sering digunakan untuk menyimpan uang. Jenis-jenis tabungan yang tersedia di pasar perbankan cukup beragam, dan masing-masing memiliki kelebihan dan fungsinya sendiri.

Dengan memahami jenis-jenis tabungan dan fungsinya, Sobat Cuan dapat memilih simpanan yang paling sesuai dengan kebutuhan finansial.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang jenis-jenis tabungan dan fungsinya bagi keuangan Sobat OCBC NISP, simak selengkapnya di bawah ini!

Jenis Tabungan di Indonesia Beserta Fungsinya

Menabung di bank telah menjadi salah satu kebiasaan masyarakat dalam mengelola keuangannya.

Munculnya berbagai kebutuhan mulai dari menyimpan uang, hingga keperluan bisnis, membuat bank menghadirkan macam-macam tabungan yang disesuaikan dengan kepentingan nasabah.

Adapun jenis-jenis tabungan yang disediakan oleh bank, di antaranya adalah:

1. Tabungan Konvensional

Tabungan konvensional merupakan salah satu dari jenis-jenis tabungan di Indonesia.

Tabungan konvensional merupakan jenis tabungan yang paling banyak digunakan oleh nasabah, karena fungsionalitasnya sebagai sarana menabung uang.

Salah satu contoh tabungan konvensional adalah Tanda 360 Plus dari OCBC NISP. Tabungan ini merupakan jenis tabungan individu dengan setoran awal yang rendah, yaitu hanya Rp200.000 dan bebas biaya administrasi.

2. Tabungan Investasi

Jenis-jenis tabungan lainnya adalah tabungan investasi. Sesuai dengan namanya, tabungan ini digunakan untuk keperluan investasi oleh nasabah. 

Tabungan investasi dapat merujuk pada perencanaan pendidikan, proteksi kesehatan, hingga rencana hari tua, seperti layanan wealth management yang terdapat pada OCBC NISP.

Baca juga: Apa Perbedaan Deposito dan Investasi? Berikut Penjelasannya!

3. Tabungan Giro

Berikutnya, tabungan giro juga merupakan bagian dari jenis-jenis tabungan di Indonesia yang banyak diminati oleh nasabah.

Nasabah pada tabungan giro biasanya adalah perusahaan, yang memanfaatkan untuk keperluan transaksi berupa bilyet dan cek.

Salah satu contoh tabungan giro adalah Giro Multicurrency oleh OCBC NISP. Jenis tabungan ini memungkinkan nasabah untuk memiliki rekening bisnis dengan lebih dari 10 pilihan mata uang.

Melalui Giro Multicurrency, nasabah dibebaskan untuk memilih mata uang untuk bertransaksi, dan dengan biaya transfer flat atau sama.

4. Tabungan Berjangka

Jenis-jenis tabungan lain selanjutnya adalah tabungan berjangka.

Pada fungsinya, tabungan berjangka hampir sama dengan tabungan konvensional. Namun, pada tabungan ini, nasabah memiliki jangka waktu khusus untuk mengambil uangnya.

Contoh tabungan berjangka yang memiliki banyak fitur adalah TAKA dari OCBC NISP. Nasabah bisa memilih jenis tabungan sesuai kebutuhan mereka, seperti TAKA Hadiah, TAKA Bunga, TAKA Bunga Pasti, dan TAKA Angsuran Tetap.

Sesuai dengan namanya, keempat produk tabungan berjangka ini menawarkan keuntungan yang berbeda-beda.

5. Tabungan Valuta Asing

Kemudian, tabungan valuta asing juga merupakan satu dari jenis-jenis tabungan di Indonesia yang bisa Sobat Cuan jadikan pilihan.

Jenis tabungan ini menargetkan para nasabah dengan keperluan transaksi yang berhubungan dengan mata uang asing.

Salah satunya OCBC NISP, tak hanya menawarkan tabungan dengan mata uang rupiah, bank ini juga menyediakan tabungan valuta asing, yang mudah dan fleksibel dalam bertransaksi maupun berinvestasi.

6. Tabungan Bisnis

Jenis-jenis tabungan berikutnya adalah tabungan bisnis. Umumnya, jenis tabungan ini digunakan untuk keperluan bisnis, sehingga memiliki minimum jumlah setoran yang lebih tinggi daripada biasanya.

Meskipun begitu, tabungan ini juga menawarkan tingkat suku bunga yang lebih tinggi. Sehingga, tak heran jika tabungan bisnis digunakan untuk keperluan transaksi dengan nominal yang besar.

Sesuai dengan namanya, tabungan ini cocok untuk para pebisnis dalam mengelola keuangan perusahaan yang memiliki nilai aset cukup besar.

7. Tabungan Pegawai

Selanjutnya adalah tabungan pegawai. Umumnya, tabungan jenis ini sama dengan tabungan konvensional.

Namun, tabungan pegawai biasanya ditujukan untuk karyawan dari suatu perusahaan yang bekerja sama dengan bank tertentu.

Salah satu contoh tabungan pegawai yang kerap digunakan perusahaan adalah Tanda 360 Komunitas oleh OCBC NISP.

Contoh tabungan ini memberikan berbagai kemudahan bagi pegawai, seperti saat penerimaan gaji, hingga fasilitas pinjaman dengan syarat yang sederhana.

Baca juga: Mengenal istilah “Bank Run” pada Silicon Valley Bank

8. Tabungan Mahasiswa

Tabungan mahasiswa juga merupakan satu satu dari jenis-jenis tabungan menguntungkan di Indonesia.

Yap, sesuai dengan namanya, tabungan yang satu ini hanya diperuntukkan bagi mahasiswa yang ingin menabung.

Biasanya, bank menawarkan berbagai kemudahan untuk tabungan mahasiswa, seperti bebas administrasi dan jumlah setoran awal yang minim.

Sebagai contoh, OCBC NISP menyediakan jenis tabungan bernama Tanda Premium, dengan penawaran cukup menarik yaitu suku bunga kompetitif dan bisa ditarik di ATM manapun tanpa biaya tambahan.

Dengan rangkaian kemudahan pada fiturnya, menjadikan Tanda Premium cukup banyak diminati oleh nasabah dengan prioritas menabung.

9. Tabungan Anak

Tak hanya mahasiswa, ada juga jenis-jenis tabungan yang diperuntukkan khusus untuk anak.

Setiap orangtua, tentu menginginkan segala kebutuhan anak terpenuhi, termasuk perihal kualitas pendidikan.

Tabungan anak memungkinkan orangtua untuk mempersiapkan anggaran kebutuhan dana anaknya sejak dini.

Mendukung hal ini, OCBC NISP meluncurkan SimPel atau Simpanan Pelajar, dengan target khusus siswa yang ingin menabung.

Menariknya, SimPel menawarkan jenis rekening yang fleksibel yaitu memungkinkan anak untuk menabung tanpa melalui orangtua.

Bahkan, para siswa diberi kemudahan berupa minimum setoran awal hanya sebesar Rp5.000 dan Rp1.000 untuk minimum setoran berikutnya.

10. Tabungan Haji

Jenis-jenis tabungan di Indonesia yang terakhir adalah tabungan haji.

Sesuai namanya, tabungan ini bertujuan untuk menjaga perjalanan haji agar terhindar dari permasalahan keuangan yang mungkin terjadi.

Sebab, ketentuan tabungan haji cenderung cukup tegas, sehingga nasabah akan lebih disiplin dan memprioritaskan pembayaran.

Sama halnya dengan jenis tabungan siswa, OCBC NISP juga menyediakan produk khusus berupa tabungan Syariah bernama Tabungan Haji iB, yang diperuntukkan bagi nasabah yang ingin melakukan pendaftaran ibadah Haji. 

Demikianlah penjelasan mengenai jenis-jenis tabungan yang tersedia di Indonesia beserta fungsinya. 

Jika berminat untuk mencapai tujuan keuangan dengan menabung, OCBC NISP menawarkan beberapa produk simpanan yang menguntungkan.

Dengan menggunakan produk simpanan OCBC NISP, Sobat OCBC NISP dapat mengelola keuangan dan melakukan transaksi dengan mudah.

Baca juga: Mengenal Produk Keuangan Syariah di Indonesia, Yuk Simak!

 

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 28 Feb 2024

7 Alasan Pengajuan Visa Ditolak, Salah Satunya karena Tabungan

Baca

Edukasi - 28 Feb 2024

Jika Batal Berangkat, Apakah Tabungan Haji Bisa Diambil Kembali?

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.
Tanda 360

Tanda 360

Tabungan untuk transaksi sehari-hari dengan 12 pilihan mata uang dalam 1 rekening

Download OCBC mobile