Kartu Kredit Virtual: Pengertian, Manfaat & Tips Membuatnya

31 Mar 2023

Apakah kartu kredit virtual sama dengan credit card pada umumnya? Simak di sini!

Di zaman yang serba digital ini, muncul banyak inovasi baru pada dunia perbankan agar bisa terus menyesuaikan dengan zaman, salah satunya adalah kartu kredit virtual.

Berbeda dengan kartu kredit pada umumnya, virtual credit card tidak memiliki bentuk fisik.

Selain itu, jenis kartu kredit ini juga hanya bisa digunakan untuk transaksi secara online.

Lantas, apa lagi perbedaan virtual credit card dengan kartu kredit pada umumnya? Lalu, apa sajakah manfaatnya? Berikut ini OCBC NISP sajikan uraian lengkapnya. Yuk, simak!

Apa itu Kartu Kredit Virtual?

Kartu kredit virtual adalah kartu kredit tanpa wujud fisik yang dikeluarkan oleh bank atau lembaga keuangan untuk digunakan dalam transaksi online.

Kartu kredit virtual memiliki 16 digit nomor, tanggal kedaluwarsa, angka CVV, nama pemilik, dan hal lain yang dimiliki credit card pada umumnya. Hanya saja, kartu kredit ini memiliki bentuk virtual.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa Virtual Credit Card (VCC) sebenarnya memiliki fungsi yang sama dengan kartu kredit pada umumnya. 

Manfaat Menggunakan Kartu Kredit Virtual

Meskipun sudah mempunyai kartu kredit biasa, VCC menawarkan banyak manfaat lain yang membuat orang-orang tertarik untuk memilikinya.

Adapun beberapa manfaat dari virtual credit card adalah sebagai berikut.

1. Fleksibel

Apakah Sobat OCBC NISP suka lupa membawa kartu kredit sehingga menghambat transaksi pembayaran? Atau sering melakukan perjalanan bisnis ke luar negeri? Nah, VCC akan cocok Sobat OCBC NISP gunakan.

Karena tidak memiliki bentuk fisik, kartu kredit ini dapat lebih fleksibel dibawa kapanpun dan ke manapun. 

Selain itu, saldo dalam VCC pun dapat diisi untuk melakukan transaksi pengiriman dana bisnis, baik lokal maupun internasional.

2. Transparan

VCC memiliki data semua tagihan pembayaran yang dapat diakses dengan mudah. Data tersebut mencakup tagihan yang sudah maupun harus dibayar ke depannya.

Jadi, penggunanya dapat dengan cepat melakukan pengecekan apakah ada pengeluaran yang tidak wajar.

Bagi pemilik usaha atau manajer finansial dalam suatu perusahaan, fasilitas ini tentu sangat memudahkan mereka untuk melakukan pengelolaan keuangan.

3. Aman

Banyak nasabah yang menggunakan VCC karena keamanan dari kartu tersebut. Pasalnya, kartu kredit ini tak bisa jatuh atau bahkan dicuri karena tidak memiliki bentuk fisik.

Selain itu, apabila diketahui ada transaksi yang dirasa janggal, pemiliknya bisa langsung meminta pembatalan dan pemblokiran kartu.

Keunggulan lainnya adalah VCC memiliki nomor yang selalu berubah tiap transaksi. 

Cara kerja ini mirip dengan token atau one-time password, sehingga nomor yang digunakan untuk satu transaksi tidak bisa dipakai keperluan lainnya.

Jadi, semisal nasabah pernah melakukan transaksi dengan kartu kredit di sebuah website yang dibobol hacker, data di situs tersebut tidak akan bisa disalahgunakan.

Baca juga: 10 Biaya Kartu Kredit yang Wajib Diketahui Penggunanya

4. Efisiensi Waktu

VCC memungkinkan penggunanya melakukan beberapa pembayaran secara langsung.

Selain itu, VCC juga tidak seperti kartu kredit biasa yang memerlukan waktu berhari-hari untuk melakukan pengajuan riwayat transaksi ke bank.

Atas alasan di atas, kartu kredit virtual dapat lebih mengefisienkan waktu penggunanya dalam bertransaksi.

5. Praktis

Tentunya, dengan segala keunggulan yang ditawarkan, VCC dapat dikatakan sangatlah praktis.

Dari mulai bentuknya yang tidak punya wujud fisik, mudahnya pelacakan ke setiap transaksi, hingga tak perlunya input PIN saat akan melakukan pembayaran.

Tips Memilih Kartu Kredit Virtual

Setelah membaca uraian di atas, apakah Sobat OCBC NISP mulai tertarik menggunakan kartu kredit tanpa wujud fisik ini?

Nah, berikut ini OCBC NISP berikan tips memilih kartu kredit virtual agar tidak salah beli. Adapun tips-tipsnya yaitu:

1. Periksa Reputasi Penyedia Kartu Kredit Virtual

Sebelum membuat kartu kredit virtual, pastikan bahwa penyedia atau perusahaannya memiliki reputasi yang baik. 

Untuk memastikan hal itu, cobalah periksa berapa lama perusahaan tersebut berdiri. Kemudian, lihatlah ulasan-ulasan di internet mengenai perusahaan tersebut, apakah kinerjanya baik atau tidak.

Sobat OCBC NISP juga perlu memastikan bahwa jenis layanan, alamat, dan nomor kontak perusahaan tersebut jelas. 

Jika ditemukan beberapa informasi yang janggal atau meragukan, tentunya Sobat OCBC NISP perlu berpikir ulang untuk memilih perusahaan tersebut.

2. Pahami Fitur-Fitur yang Tersedia

Jika Sobat OCBC NISP sudah membuat daftar perusahaan penyedia kartu kredit virtual dengan reputasi baik, aspek lain untuk diperhatikan adalah fitur-fitur yang ditawarkan. 

Cobalah bandingkan fitur-fitur yang ada pada tiap kartu kredit virtual. Setelah itu, pilihlah yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Baca juga: Perbedaan Kartu Kredit Visa dan Mastercard, Untung Mana?

3. Baca Syarat dan Ketentuan

Setiap produk tentunya memiliki syarat dan ketentuan. Agar tidak salah beli atau menyesal di kemudian hari karena adanya suatu hal yang tak sesuai harapan, baca serta pahamilah dahulu syarat dan ketentuan produk.

Membaca serta memahami syarat dan ketentuan juga menghindari Sobat OCBC NISP untuk mengalami kebingungan saat akan melakukan transaksi karena tidak memahami sistematika penggunaannya.

4. Perhatikan Cara Pembuatannya

Jika Sobat OCBC NISP telah memahami fitur serta syarat dan ketentuan produk yang diinginkan, carilah informasi mengenai cara membuat kartu kredit virtual.

Apakah kartu kredit yang diinginkan tersebut dapat dibuat secara online atau perlu mendatangi kantor lokasi cabang bank terdekat.

Demikian uraian lengkap mengenai kartu kredit virtual mencakup pengertian, manfaat, serta tips bagi Sobat OCBC yang ingin membuatnya.

Dari sini, dapat disimpulkan bahwa kartu kredit virtual sesungguhnya memiliki fungsi yang sama dengan credit card pada umumnya.

Jika Sobat OCBC tertarik membaca artikel lain seputar dunia perbankan, silakan kunjungi blog OCBC NISP. Selamat membaca!

Baca juga: Apa Itu Virtual Account? Ini Arti, Manfaat, & Cara Kerjanya

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 18 Apr 2024

Manfaat, Jenis, dan Biaya Asuransi KPR yang Perlu Kamu Ketahui

Baca
OCBC NISP 80 Tahun | Promo KPR

Edukasi - 18 Apr 2024

Anti Ditolak, Berikut Tips agar Pengajuan KPR Disetujui Bank

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.
Cash Management

Cash Management

Kelola bisnis jadi lebih mudah dan nyaman

Download OCBC mobile