Reversal Rekening: Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengatasi

8 Agt 2023

Reversal rekening adalah pembatalan transaksi yang pernah dilakukan sebelumnya. Ketahui penyebab, cara mengatasi, dan tips mencegahnya di sini!

Reversal rekening adalah pembatalan transaksi dalam perbankan karena mengalami beberapa kondisi. Salah satunya ketika melakukan transfer tapi uang tidak masuk.

Selain itu, reversal rekening juga dapat disebabkan karena adanya kesalahan pada sistem perbankan.

Nah, jika mengalami hal tersebut, Sobat OCBC NISP sebetulnya bisa mencoba beberapa cara mengatasi reversal rekening hingga mencegahnya terjadi. Untuk itu, yuk simak terus artikel berikut!

Pengertian Reversal Rekening

Jika Sobat OCBC NISP masih menjadi pengguna baru dan belum mengenal apa yang dimaksud dengan reversal rekening, tak perlu bingung.

Pada intinya, reversal rekening artinya yaitu terjadinya pembatalan transaksi yang telah dilakukan sebelumnya. 

Umumnya, jika transaksi dilakukan melalui perbankan, reversal rekening dapat terjadi dalam beberapa kondisi, misalnya salah melakukan transfer, penipuan, atau mengirim dana dua kali secara tidak sengaja.

Selain itu, reversal rekening adalah pembatalan dana yang akan terjadi apabila pihak bank sudah memastikan bahwa adanya ketidakwajaran dalam kegiatan transaksi itu sendiri.

Oleh karena itu, sebelum terjadinya reversal rekening, pihak bank akan memastikan terlebih dahulu apakah transaksi sudah memenuhi syarat-syarat tertentu dan dilakukan dengan alasan yang sah atau tidak.

Selain itu, perbankan juga akan melihat bahwa pemilik rekening sudah terlibat dalam transaksi, sehingga dapat memberikan persetujuan untuk melakukan reversal rekening.

Penyebab Terjadinya Reversal Rekening

Nah, setelah mengetahui pengertiannya ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab terjadinya reversal rekening, antara lain yaitu:

1. Transfer ke Rekening yang Salah

Yap, yang menjadi salah satu penyebab utama terjadinya reversal rekening adalah karena kesalahan dalam melakukan transfer.

Misalnya, saat seseorang ingin melakukan transfer, namun salah dalam menginput nomor tujuannya, maka pihak bank akan langsung melakukan reversal rekening untuk membatalkan transaksinya.

Selain itu, apabila nomor tujuannya sudah benar, namun jumlah atau detail transaksinya salah, pihak bank juga akan memperbaikinya dengan melakukan reversal rekening.

Dengan demikian, tujuan reversal rekening adalah untuk mengembalikan dana yang sebelumnya telah ditransfer oleh user ke rekening yang salah.

Baca juga: Transfer Payment: Pengertian, Jenis dan Cara Menghitung

2. Melakukan Transaksi di Luar Wilayah Jangkauan 

Selanjutnya, penyebab terjadinya reversal rekening adalah karena adanya outer, yaitu mengirim dana ke nomor tujuan yang berada di luar jangkauan bank.

Selain itu, kasus outer juga dapat terjadi ketika customer salah dalam memasukkan kode transfer.

3. Mengalami Time Out saat Transaksi

Berikutnya, penyebab terjadinya reversal rekening adalah ketika melakukan transaksi, namun waktunya sudah sudah habis (time out).

Pada penyebab time out, biasanya kondisi ini akan dilakukan oleh pihak bank saat jaringan terganggu, atau adanya error pada aplikasi sehingga semua proses transaksi gagal dilakukan. 

4. Gangguan pada Jaringan

Selain time out pada sistem perbankan yang bisa mengalami gangguan jaringan, hal ini juga dapat terjadi pada user sehingga menyebabkan terjadinya reversal rekening.

Namun, gangguan ini juga bukan kesalahan pribadi customer, karena jaringan tidak bisa dikendalikan oleh user.

5. Melakukan Double Transaksi 

Terakhir, penyebab terjadinya reversal rekening adalah karena kesalahan transaksi yang dilakukan lebih dari sekali oleh pengguna. 

Sering kali, penyebab yang satu ini juga terjadi secara tidak sengaja, misalnya customer yang merasa dana belum terkirim, padahal transaksi sudah berhasil dilakukan.

Cara Mengatasi Reversal Rekening

Setelah mengetahui beberapa penyebabnya, bagaimana cara mengatasi reversal rekening yang sudah terjadi?

Well, jika sudah mengalaminya, Sobat OCBC NISP tak perlu panik karena reversal rekening tidak akan mengurangi saldo yang dimiliki.

Namun, apabila terjadi pengurangan, pihak perbankan juga akan segera melakukan pengembalian kepada customer.

Selain itu, ada pula beberapa cara mengatasi reversal rekening yang perlu Sobat OCBC NISP ketahui, di antaranya yaitu:

1. Pastikan Kembali Nomor Rekening Tujuan 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa kesalahan transfer adalah salah satu penyebab reversal rekening yang paling sering terjadi.

Oleh karena itu, ada baiknya sebelum mengirim uang, pastikan Sobat OCBC NISP sudah mengecek ulang nomor rekening, dan nama nasabah yang dituju dengan benar.

2. Minta Pengembalian Dana (Refund)

Selanjutnya, cara mengatasi reversal rekening adalah dengan melakukan pengembalian dana atau refund, kepada pelanggan apabila pembayaran sudah terlanjur dilakukan.

Sebagai pedagang, kerugian dari cara ini adalah kemungkinan Sobat OCBC NISP harus menanggung biaya pengiriman barang yang sebelumnya sudah terlanjur diterima pelanggan.

Baca juga: Kurs Mengambang: Pengertian, Jenis, Keuntungan & Kelemahan

3. Melakukan Chargeback

Selanjutnya, cara mengatasi reversal rekening yang terjadi saat costumer salah melakukan transaksi adalah dengan meminta chargeback atau tagihan balik kepada pihak bank.

Umumnya, cara ini dapat diajukan oleh pembeli kepada perbankan, kemudian pihaknya akan meneruskan tagihan tersebut kepada pedagang.

Maka dari itu, pada proses ini, biasanya yang mengalami kesulitan adalah dari pihak pedagang karena dananya tertahan di bank, sehingga akan mengganggu jalannya bisnis.

4. Pastikan Jaringan dalam Keadaan Stabil

Kemudian, internet adalah salah satu faktor pendukung berhasil atau tidaknya suatu transaksi dilakukan. 

Oleh karena itu, salah satu cara untuk mengatasi reversal rekening adalah Sobat OCBC NISP harus memastikan bahwa jaringan internet sudah stabil saat akan melakukan transaksi.

Namun, apabila Sobat OCBC NISP sedang berada di lokasi yang memiliki jaringan lemah, ada baiknya transaksi ditunda dahulu hingga menemukan tempat dengan internet stabil.

5. Aktifkan Notifikasi Reversal

Terakhir, cara mengatasi reversal rekening adalah dengan mengaktifkan notifikasi pada aplikasi perbankan yang Sobat OCBC NISP miliki.

Meskipun sering kali notifikasi "reversal" pada aplikasi bank membuat panik, kenyataannya hal tersebut penting untuk mengetahui apakah transaksi yang dilakukan berhasil. 

Pada intinya, notifikasi reversal rekening adalah fitur yang bisa digunakan oleh nasabah pada aplikasi bank untuk mengetahui berhasilnya transaksi yang dilakukan. 

Tips Mencegah Reversal Rekening

Selain mengetahui cara mengatasinya Sobat OCBC NISP juga bisa melakukan pencegahan agar reversal rekening tidak terjadi di masa depan. 

Salah satunya, karena reversal rekening juga dapat terjadi sebagai modus penipuan, Sobat OCBC NISP bisa mencegahnya dengan mengecek identitas pelanggan atau pengirim dana.

Selain itu, beberapa tips mencegah reversal rekening adalah dapat dilakukan dengan cara berikut. Check it out! 

  • Melihat Address Verification System (AVS) dan Card Verification Value (CVV), atau mengecek nomor rekening yang ingin dituju, apakah sudah terverifikasi atau tidak. 

  • Menyelesaikan transaksi yang sudah masuk, hal ini dilakukan untuk menghindari adanya customer yang lupa dengan transaksinya, sehingga terlanjur mengajukan chargeback pada transaksi yang tidak dikenalnya.

  • Menyimpan bukti transaksi, selain melihat AVS dan CVV, Sobat OCBC NISP juga perlu melakukan cara yang satu ini untuk menghindari adanya penipuan yang memanfaatkan sistem reversal rekening.

Nah, itu dia penjelasan mengenai apa itu reversal rekening, penyebab, serta cara mengatasinya.

Pada intinya, reversal rekening adalah pembatalan dana saat adanya kesalahan ketika melakukan transaksi.

Semoga informasi di atas bisa efektif untuk menghindarkan Sobat OCBC NISP dalam melakukan reversal rekening di masa depan.

Jika ingin mengetahui beberapa tips seputar keuangan dan investasi, jangan lupa untuk kunjungi website OCBC NISP, ya!

Baca juga: Apa itu Asuransi Tradisional? Ini Dia Jenis & Keuntungannya!

 

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 28 Mei 2024

3 Cara Cek Sisa Token Listrik di Rumah Sebelum Berbunyi

Baca

Edukasi - 28 Mei 2024

Mengenal Koin Tiktok, Fungsi dan Cara Top Up dengan Mudah

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile