9 Tips Agar Bisa Traveling dengan Aman ke Luar Negeri

9 Mei 2023

Mengetahui tips agar bisa traveling dengan aman akan memudahkan agenda liburan di luar negeri. Simak tips lengkapnya berikut ini supaya traveling Anda bebas kendala.

Traveling menjadi salah satu kegiatan yang seru dan menyenangkan.

Aktivitas ini juga bisa menjadi agenda yang tepat untuk melepaskan diri dari rasa penat akibat padatnya kesibukan sehari-hari.

Namun, rencana traveling juga harus disiapkan dengan matang dari jauh-jauh hari.

Hal ini tentunya untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, terlebih jika Anda memiliki rencana perjalanan ke luar negeri.

Jangan sampai traveling sebagai agenda liburan malah berakhir dengan kecewa.

Tips Agar Bisa Traveling dengan Aman

Selain uang yang cukup, traveling juga perlu menyiapkan berbagai macam hal lainnya.

Mulai dari perlengkapan, tiket dan akomodasi, hingga dokumen tertentu untuk Anda yang hendak traveling ke luar negeri.

Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar bisa traveling dengan aman dan nyaman:

  1. Tentukan negara tujuan dan estimasi anggaran

    Tips pertama agar traveling Anda dengan berjalan aman adalah menentukan negara tujuan atau tempat wisata yang ingin dikunjungi. Selain itu, Anda juga bisa sekaligus membuat rencana anggaran supaya tidak mengganggu arus keuangan.

    Selain menentukan destinasi, pastikan juga Anda mengetahui apa saja aktivitas yang bisa dilakukan di negara tujuan tersebut. Maka dari itu, pada tahap ini Anda perlu melakukan riset yang agak mendalam.

    Carilah informasi mengenai tempat wisata, kuliner, akomodasi, dan transportasi di area tersebut. Hal ini akan membantu Anda dalam merencanakan itinerary perjalanan dan anggaran selama liburan.

  2. Pilih waktu yang tepat

    Tips agar Anda bisa traveling dengan aman dan nyaman yaitu memilih waktu yang tepat. Jangan sampai waktu yang dipilih berbenturan dengan agenda penting pekerjaan atau urusan lainnya.

    Namun begitu, Anda juga bisa mengambil cuti beberapa hari jika ingin mendapatkan waktu terbaik saat traveling. Pasalnya, memilih waktu yang bertepatan dengan musim liburan biasanya membuat harga tiket pesawat dan akomodasi jadi lebih mahal. Selain itu, tempat wisata pun akan lebih ramai dari biasanya.

  3. Pesan tiket pesawat dan hotel lebih awal

    Tips ini berguna bagi Anda agar bisa merencanakan agenda traveling dengan lebih hemat. Sebab, melakukan pemesanan tiket dan hotel lebih awal dan jauh dari tanggal keberangkatan memungkinkan kamu untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

    Selain itu, Anda juga jadi lebih leluasa dalam memilih jam keberangkatan serta hotel tempat tinggal tanpa takut kehabisan. Nah, kelebihan dana yang sudah Anda anggarkan tadi bisa dialihkan untuk pengeluaran lain, atau justru dijadikan dana darurat saat traveling.

  4. Siapkan dokumen perjalanan

    Jika Anda punya rencana traveling ke luar negeri, persiapan dokumen menjadi hal yang tak kalah penting. Tanpa adanya dokumen resmi, perjalanan Anda pasti akan terhambat.

    Adapun beberapa dokumen yang dibutuhkan saat hendak melakukan perjalanan ke luar negeri adalah paspor dan visa. Anda juga bisa membuat paspor online jika belum memilikinya.

    Namun, bagi Anda yang sudah memilikinya, periksa juga masa berlaku paspor. Hal ini untuk memastikan agar Anda tidak mendapatkan masalah saat masuk ke negara tujuan.

  5. Siapkan itinerary perjalanan

    Setelah Anda memastikan negara tujuan, rencana anggaran, dan kelengkapan dokumen, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menyiapkan itinerary perjalanan. Hal ini bisa Anda lakukan beberapa minggu sebelum waktu keberangkatan.

    Itinerary biasanya berupa daftar rencana kegiatan yang dilakukan lengkap dengan estimasi biayanya. Dengan membuat itinerary, traveling Anda bisa jadi lebih jelas dan terarah.

    Selain itu, persiapan yang matang juga dapat membantu momen traveling jadi lebih efektif dan efisien. Tidak ada lagi waktu dan biaya yang terbuang sia-sia akibat bingung menentukan kegiatan di sana.

  6. Bawa perlengkapan yang tepat

    Saat memilih untuk melakukan perjalanan ke luar negeri, Anda juga pastinya perlu untuk menyiapkan berbagai perlengkapan pendukung. Mulai dari pakaian, alat-alat kesehatan termasuk obat-obatan, serta peralatan elektronik seperti charger dan kamera.

    Jangan abaikan juga kondisi cuaca yang sedang terjadi di negara tujuan. Dengan  begitu, Anda bisa menyiapkan pakaian yang tepat agar agenda traveling bisa jadi lebih lancar.

  7. Jangan lupa untuk mengambil asuransi perjalanan

    Mengambil asuransi perjalanan menjadi tips yang tak kalah penting agar bisa traveling dengan aman di luar negeri. Dengan mengambil asuransi, Anda bisa mendapatkan perlindungan finansial jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan selama perjalanan, seperti kecelakaan atau kehilangan bagasi.

    Walaupun tidak pernah berharap hal buruk akan terjadi, namun asuransi bisa menjadi jaminan Anda untuk tetap mendapatkan rasa aman. Apalagi, tidak ada yang tahu pasti apa yang akan terjadi saat Anda melakukan perjalanan di negara orang.

  8. Pahami bahasa negara tujuan

    Memahami bahasa ibu dari negara tujuan bisa memberikan Anda banyak keuntungan saat traveling. Seperti misalnya jadi memahami rambu di jalan, membaca menu makanan, hingga berbicara dengan penduduk lokal.

    Terlebih, berbicara dengan penduduk lokal akan mendukung agenda traveling Anda jadi lebih lancar. Anda bisa berkomunikasi dengan penduduk lokal untuk mencari tahu informasi detail mengenai tempat wisata, kuliner, hingga aktivitas yang patut dicoba.

    Selain itu, berinteraksi dengan penduduk lokal dapat membantu Anda dalam memahami budaya dan kebiasaan di tempat tujuan. Walaupun berada di negara orang, kemampuan adaptasi yang baik dapat membantu Anda selama menghabiskan waktu liburan di sana.

  9. Selalu berhati-hati dan waspada

Hal terakhir yang wajib Anda lakukan adalah selalu berhati-hati dan waspada saat melakukan perjalanan. Pastikan untuk menyimpan uang, paspor, dan barang berharga lainnya dengan aman.

Selain itu, jangan mudah percaya terhadap orang asing dan hindari tempat-tempat yang dianggap tidak aman. Kewaspadaan serta kehati-hatian menjadi modal bagi Anda agar bisa traveling dengan aman di luar negeri.

Punya aset properti dan ingin menjadikannya sebagai sumber pendapatan tambahan untuk tabungan traveling ke luar negeri? Gabung saja menjadi partner Rukita. Bersama Rukita, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari bisnis kost tanpa repot harus mengurus segalanya sendirian.

Unit bangunan Anda pun akan dipercantik dengan tampilan kekinian yang menjadikannya semakin menarik. Selain itu, pemasarannya juga dilakukan secara digital lewat aplikasi dan web Rukita. Daftar sekarang dan bergabung menjadi partner Rukita yang #TinggalHitungUntung!

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 28 Mei 2024

3 Cara Cek Sisa Token Listrik di Rumah Sebelum Berbunyi

Baca

Edukasi - 28 Mei 2024

Mengenal Koin Tiktok, Fungsi dan Cara Top Up dengan Mudah

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB

Download OCBC mobile