Individu

Akun Mobile Banking Bisa Diambil Alih, Cegah Sekarang!

29 Mei 2023 • Ditulis oleh: Redaksi OCBC

Bagikan Ke

Artikel Card Image
Promo Card Image

Mobile banking menjadi inovasi digital Bank kepada Nasabah.

Salah satunya OCBC mobile dari OCBC yang memberikan kemudahan bagi seluruh Nasabah untuk segala layanan perbankan tanpa perlu datang ke kantor cabang.

Namun, dengan kemudahan tersebut Nasabah dihimbau untuk tetap waspada terhadap modus kejahatan yang berusaha untuk mengambil alih akun OCBC mobile Nasabah dan menguras isi rekening.

Salah satu motif yang digunakan untuk pengambilalihan mobile banking ini dengan meretas handphone dan nomor telepon Nasabah yang terhubung dengan OCBC mobile.

Mengapa hal ini bisa terjadi? karena pelaku kejahatan mendapatkan/mengetahui OTP (One Time Password) yang dikirimkan Bank melalui SMS ke nomor telepon terdaftar.

Inilah yang menjadi jalan bagi pelaku kejahatan untuk masuk ke akun mobile banking milik Nasabah.

Selanjutnya, pelaku kejahatan akan melakukan transaksi untuk mengambil dana Nasabah.

Bagaimana cara mencegahnya?

  1. Gunakan jaringan yang aman,
    sebisa mungkin tidak log in ke jaringan WiFi di tempat umum pada saat melakukan aktivitas perbankan.
  2. Aktifkan pengiriman notifikasi transaksi OCBC mobile dan cek setiap notifikasi.
    Apabila menemukan transaksi mencurigakan segera laporkan ke TANYA OCBC.
  3. Segera tolak/reject
    apabila mendapat permintaan penautan/binding ke device yang tidak dikenal melalui SMS/email/pesan WA/telepon.
  4. Aktifkan autentikasi berlapis di OCBC mobile
    2 (dua) atau lebih langkah untuk verfikasi agar lebih aman (two-factor authentication/2FA atau multi-factor authentication/MFA).
  5. Waspada bila mendapat permintaan kode OTP
    apabila kamu tidak melakukan transaksi apapun untuk reset password dan/atau transaksi. Jangan berikan kode OTP kepada pihak manapun, termasuk pegawai Bank.
  6. Apabila terdapat atau aktivitas mencurigakan pada akun OCBC mobile segera hubungi:
    • TANYA OCBC 1500999 atau +62-21-26506300 (dari luar negeri)
    • Email ke tanya@ocbc.id
    • WhatsApp Business OCBC 0812-1500-999
  7. Lakukan pergantian password masuk/login aplikasi dan PIN transaksi
    secara berkala dengan menggunakan kombinasi huruf/angka yang tidak mudah ditebak.

Pastikan untuk selalu waspada jangan bagikan data pribadi, PIN, kode OTP, atau password kepada siapapun, termasuk pegawai Bank.

Segera laporkan kepada OCBC jika mengindikasi adanya pengambilan alih akun OCBC mobile Anda.

Tertarik dengan artikel kami?

Bagikan Artikel Ini?

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
OCBC mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC

Segala Kemudahan Ada
di Satu Genggaman

Nikmati berbagai layanan kartu OCBC sesuai kebutuhan Anda

Artikel Terbaru

7 Tips Aman Transaksi dengan Mobile Banking
  • Individu

7 Tips Aman Transaksi dengan Mobile Banking

17 Des 2025
Tips Menghindari Fraud dalam Bisnis Online
  • Individu

Tips Menghindari Fraud dalam Bisnis Online

17 Des 2025
Perbedaan Kredit Multiguna dan Kredit Tanpa Agunan (KTA)
  • Individu

Perbedaan Kredit Multiguna dan Kredit Tanpa Agunan (KTA)

16 Des 2025
Ketahui perbedaan antara Kredit Multiguna (KMG) dan Kredit Tanpa Agunan (KTA) agar kamu bisa memilih jenis pinjaman yang paling sesuai kebutuhan!
Apa Itu NAB (Nilai Aktiva Bersih) pada Reksa Dana?
  • Individu

Apa Itu NAB (Nilai Aktiva Bersih) pada Reksa Dana?

16 Des 2025

Kemudahan Transaksi Perbankan di Ujung Jari

Download OCBC mobile sekarang!