Marginal utility adalah manfaat yang didapat pelanggan dalam membeli suatu produk.
Marginal utility adalah kepuasan atau nilai tambahan yang didapatkan seseorang dari mengonsumsi atau memperoleh satu unit tambahan dari barang atau jasa.
Konsep ini didasarkan pada prinsip utilitas marginal yang menunjukkan bahwa ketika seseorang mengonsumsi lebih banyak dari suatu barang, kepuasan tambahan yang diperoleh dari setiap unit tambahan akan semakin berkurang.
Konsep ini membantu menjelaskan tentang perilaku konsumen dalam membuat pilihan dan bagaimana mereka mengalokasikan sumber daya mereka.
Mari pahami lebih lanjut tentang apa itu marginal utility dalam artikel berikut ini.
Marginal utility adalah istilah ekonomi yang mengukur manfaat bagi pelanggan ketika membeli suatu produk.
Marginal utility suatu produk dapat didasarkan pada persepsi pelanggan terhadap merek tersebut, yang memengaruhi keputusan mereka untuk tetap setia pada merek tersebut atau melihat produk serupa dari perusahaan yang berbeda demi mendapat kepuasan lebih.
Karena itu, pemasar harus bekerja untuk menyusun strategi yang mempertahankan permintaan akan produk dan jasa tetap tinggi meskipun utilitas marjinal mereka menurun.
Baca Juga: Operating Income: Pengertian, Fungsi, dan Cara Menghitungnya
Marginal utility terbagi menjadi beberapa jenis, berikut masing-masing penjelasannya:
Meski pelanggan memutuskan untuk membeli lebih banyak barang, kepuasan mereka tetap sama atau konstan.
Contoh marginal utility nol adalah pembelian beberapa surat kabar atau majalah karena dapat disimpan untuk referensi, tetapi nilainya sama dengan salinan pertama karena identik.
Pelaku bisnis perlu memberi mereka pengalaman positif untuk meningkatkan kepuasan mereka, tidak peduli berapa banyak produk yang mereka beli.
Media sosial bisa membuat pelanggan tetap terlibat dengan produkmu, sehingga dapat memengaruhi keuntungan marginal, tergantung dari feedback yang diterima.
Marginal utility positif adalah ketika pelanggan merasa senang dan puas ketika membeli beberapa unit produk.
Mereka cenderung akan memberikan referensi kepada teman, anggota keluarga, atau rekan kerja terhadap produk tersebut.
Jika ingin meningkatkan marginal utility secara positif, pelaku bisnis dapat memanfaatkan influencer atau artis media sosial untuk mempromosikan produk.
Marginal utility negatif terjadi ketika pelanggan membeli terlalu banyak produk sehingga mereka hanya dapat menggunakan beberapa unit dalam periode waktu tertentu.
Hal ini biasanya terjadi ketika pelanggan membeli makanan yang mudah rusak dalam jumlah besar tetapi hanya dapat mengkonsumsi sebagian sebelum tanggal kadaluarsa.
Karenanya, pelaku bisnis perlu memastikan bahwa pelanggan mendapatkan produk berkualitas untuk meningkatkan peluang mereka membelinya lagi di masa mendatang.
Marginal utility bukanlah suatu pendekatan yang abstrak, tingkat kepuasan konsumen berdasarkan pendekatan marginal utility dapat dihitung menggunakan rumus.
Rumus marginal utility adalah sebagai berikut:
MUx/MUy = Px/Py
Keterangan:
MUx = Marginal utility barang x
Px = Harga per unit barang x
Muy = Marginal utility barang y
Py = Harga per unit barang y
Baca Juga: Disposable Income: Pengertian, Fungsi dan Cara Menghitung
Marginal utility adalah indikator yang menunjukkan kepuasan pelanggan terhadap suatu produk. Berikut adalah beberapa cara meningkatkan marginal utility dalam bisnis.
Usahakan untuk mendapatkan testimoni atau hal yang dirasakan konsumen setelah membeli dan menggunakan produkmu.
Dalam hal ini, pelaku bisnis harus menghubungi mereka untuk mengetahui apakah mereka berencana membeli unit tambahan setelah pembelian mereka saat ini.
Semakin baik hubungan yang dibangun dengan pelanggan, maka semakin besar peluang untuk meningkatkan angka marginal utility.
Pelaku bisnis bisa membuat survei dengan formulir di situs web penjualan. Gunakan kata-kata yang menarik agar pengguna mengisi formulir kontak situs web tersebut.
Apabila memiliki informasi kontak pelanggan, Sobat OCBC NISP bisa mengirimkan survei email untuk mendapatkan tanggapan serta mempelajari jenis produk apa yang banyak dibeli.
Melalui survei tersebut, Sobat OCBC NISP juga dapat mengukur apakah mereka tertarik untuk membeli produk yang sama lagi atau produk yang berbeda.
Dengan menggunakan kata kunci yang tepat, menjalankan kampanye bayar per klik (PPC) dapat membawa lebih banyak eksposur ke situs bisnis.
Jika ingin meningkatkan marginal utility bisnis, cobalah membuat iklan di media sosial. Dengan begitu, pelanggan akan lebih mudah menjangkau bisnismu.
Cara lain yang efektif adalah membuat pop up survei di situs web untuk menanyakan kepada pelanggan apakah mereka pernah membeli produk tersebut sebelumnya.
Jika iya, mereka dapat mengklik pop up dan mengisi sebuah survei akan muncul dan meminta tanggapan mereka tentang produk tersebut.
Itulah penjelasan mengenai marginal utility dan pentingnya dalam bisnis. Meningkatkan marginal utility akan memberi banyak keuntungan bisnis.
Sobat OCBC NISP bisa mencoba beberapa tips di atas untuk meningkatkan marginal utility dan angka penjualan.
Jika ingin tahu tips seputar bisnis dan keuangan lainnya, kunjungi website OCBC NISP dan simak berbagai informasi di dalamnya!
Baca Juga: Apa itu Revenue? Jenis, Cara Hitung & Bedanya dengan Income