7 Cara Beli Rumah KPR, Ketahui Dulu Syarat & Keuntungannya!

15 Jun 2023

Cara beli rumah KPR bisa dilakukan lebih mudah dengan mengikuti persyaratannya.

Apakah Sobat OCBC NISP tahu bagaimana cara beli rumah KPR? Hal ini penting mengingat hunian adalah salah satu kebutuhan primer manusia. 

Di sisi lain, harga hunian sendiri relatif mahal, sehingga mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bisa menjadi alternatif yang tepat. 

Lantas, bagaimana cara beli rumah KPR? Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak artikel berikut! 

Keuntungan Beli Rumah KPR 

Pada dasarnya, beli rumah KPR atau cash sama-sama perlu memperhatikan beberapa faktor sebelum memutuskan untuk memilihnya, seperti fasilitas, lokasi, atau latar belakang developer.

Jika sejak awal Sobat OCBC NISP dan pasangan memutuskan untuk membeli rumah secara tunai atau cash, maka pastikan sudah mempersiapkan dana yang cukup dan sesuai dengan jenis huniannya.

Well, membeli rumah secara cash dinilai lebih aman, karena tak perlu khawatir memikirkan cicilan, serta ketika transaksi selesai, maka otomatis hunian tersebut otomatis menjadi milik Sobat OCBC NISP.

Sementara itu, apabila Sobat OCBC NISP memang ingin membeli rumah secara KPR, maka ada pula berbagai keuntungan yang akan didapatkan, antara lain yaitu:

1. Dilindungi Asuransi 

Salah satu keuntungan beli rumah KPR yaitu, ketika Sobat OCBC NISP membayar cicilan, dana tersebut sudah termasuk biaya asuransi. 

Maka dari itu, Sobat OCBC NISP tak perlu khawatir akan kemungkinan terjadi musibah yang tidak terduga nantinya, karena sistem KPR sudah dilindungi oleh asuransi.

2. Tak Perlu Menunggu Uang Terkumpul 

Salah satu perbedaan antara beli rumah KPR atau cash yang cukup signifikan adalah Sobat OCBC NISP tak perlu menunggu waktu yang lama hingga bertahun-tahun agar dana terkumpul untuk mendapatkan hunian.

3. Legalitas Terjamin 

Apabila mengajukan KPR melalui lembaga yang terpercaya, maka Sobat OCBC NISP tak perlu khawatir akan jaminan legalitasnya.

Selain itu, jika beli rumah KPR bersubsidi, yang diatur langsung oleh pemerintah, kemungkinan Sobat OCBC NISP akan berhubungan langsung oleh developer dengan reputasi baik.

Syarat Beli Rumah KPR 

Sebelum mengenal bagaimana cara beli rumah KPR, ada baiknya Sobat OCBC NISP mengetahui syarat dan dokumen-dokumen yang perlu dipersiapkan sejak awal untuk menghindari risiko proses pengajuan menjadi terhambat.

Secara umum, jika ingin mengajukannya, syarat beli rumah KPR yang perlu Sobat OCBC NISP perhatikan, antara lain yaitu:

  • Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)

  • Berusia minimal 21 tahun, serta maksimal 55 tahun bagi karyawan, dan 65 tahun untuk pengusaha, ketika jatuh tempo kredit.

  • Mempunyai penghasilan tetap setiap bulannya.

  • Sudah bekerja minimal 2 tahun, atau memiliki usaha minimal 3 tahun.

Sementara itu, syarat beli rumah KPR untuk dokumen-dokumen yang perlu dipersiapkan dibagi menjadi dua golongan, yaitu perorangan, serta pengusaha atau wiraswasta. 

Berikut adalah dokumen syarat beli rumah KPR perorangan, yaitu:

  • Fotokopi KTP pemohon, serta suami dan istri

  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)

  • Fotokopi NPWP pribadi 

  • Fotokopi surat nikah atau cerai

  • Fotokopi rekening koran pribadi

  • Slip gaji asli, minimal periode 1 bukan terakhir

  • Surat rekomendasi perusahaan 

  • Akta pisah harta nota riil

Adapun syarat beli rumah KPR bagi pengusaha atau wiraswasta, di antaranya yaitu:

  • Fotokopi KTP pemohon, serta suami dan istri

  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)

  • Fotokopi NPWP pribadi

  • Fotokopi rekening koran atau tabungan dalam 3 bulan terakhir 

  • Fotokopi akta pendirian usaha 

  • Fotokopi Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) 

  • Surat pernyataan Kredit Kepemilikan Properti (KKP)

Baca juga: 7 Tips Memilih KPR yang Aman Sesuai Kebutuhan, Wajib Tahu!

Cara Beli Rumah KPR 

Nah, setelah mengetahui apa saja keuntungan serta syarat-syaratnya, berikut adalah tahapan mengenai cara beli rumah KPR, antara lain yaitu:

1. Mencari Hunian yang Ingin Dibeli 

Cara beli rumah KPR tahap pertama adalah Sobat OCBC NISP perlu mencari hunian yang ingin dibeli, entah itu mencari informasi melalui internet, atau mengunjungi langsung cabang developer bank.

Setelah itu, Sobat OCBC NISP perlu menilai beberapa faktor, yakni harga jualnya, lokasi, fasilitas, spesifikasi rumah, hingga akses di sekitar.

2. Survei Hunian Secara Langsung 

Jika Sobat OCBC NISP sudah mempunyai gambaran hunian seperti apa yang diinginkan, maka cara beli rumah KPR tahap berikutnya adalah melakukan survei secara langsung.

Well, tahap cara beli rumah KPR ini merupakan langkah yang paling utama dan perlu dilakukan, karena hunian tersebut akan Sobat OCBC NISP tempati nantinya.

Dalam hal ini, Sobat OCBC NISP bisa menghubungi developer yang bersangkutan untuk membuat jadwal survei secara langsung. 

Selain itu, tanyakan pula mengenai spesifikasi rumah dan informasi terkait proses cicilannya.

3. Membayar Booking Fee 

Setelah melihat hunian secara langsung, jika Sobat OCBC NISP sudah yakin ingin mengajukannya, cara beli rumah KPR selanjutnya adalah dengan membayar tanda jadi atau booking fee.

Dengan begitu, hal ini menjadi tanda keseriusan dan jaminan bahwa Sobat OCBC NISP sudah yakin ingin membeli rumah tersebut.

Umumnya, nominal booking fee dimulai dari Rp2 juta atau tergantung tipe rumah, tetapi hal ini juga ditentukan berdasarkan kebijakan masing-masing developer. 

4. Mengajukan KPR 

Setelah selesai membayar booking fee, cara beli rumah KPR selanjutnya yang perlu Sobat OCBC NISP adalah mengajukannya melalui bank tertentu.

Biasanya, beberapa developer sudah bekerjasama dengan pihak bank, dan sudah menyediakan opsi pengajuan rumah secara KPR.

Saat kamu sudah mengajukan KPR, nantinya developer akan menghubungi pihak bank bersangkutan, Sobat OCBC NISP bisa mengajukan pertanyaan seputar kebijakan dan jumlah angsurannya.

5. Menyiapkan Dokumen Persyaratan 

Apabila pengajuan telah disetujui, berikutnya cara beli rumah KPR yaitu dengan mempersiapkan dokumen-dokumen yang telah dijelaskan sebelumnya.

6. Melakukan Pembayaran DP 

Jika semua dokumen dan syarat telah terpenuhi, cara beli rumah KPR yang tak boleh dilewatkan, yaitu Sobat OCBC NISP bisa langsung melakukan pembayaran DP sesuai kesepakatan di awal.

Dalam hal ini, semakin besar jumlah DP yang dibayar, maka nantinya angsuran atau hutang Sobat OCBC NISP di masa depan menjadi lebih kecil.

Umumnya, ketika mengajukan KPR, Sobat OCBC NISP akan dikenakan biaya tambahan lainnya, seperti notaris, appraisal rumah, asuransi kebakaran, provisi bank,serta premi selama masa berlaku cicilan.

Baca juga: 9 Cara Beli Rumah Tanpa Riba, Lebih Aman & Terjangkau

7. Akad KPR 

Langkah terakhir cara beli rumah KPR adalah Sobat OCBC NISP akan melakukan proses penandatanganan serta di lokasi bank bersangkutan. 

Setelah tahap ini selesai, Sobat OCBC NISP sudah bisa menempati rumah tersebut, dan angsuran KPR akan mulai berjalan.

Tips Beli Rumah KPR 

Setelah mengetahui bagaimana tahapan cara beli rumah KPR, Sobat OCBC NISP perlu memperhatikan beberapa tips berikut sebelum memutuskan untuk mengajukannya, di antaranya adalah:

1. Menghindari Risiko Suku Bunga Rendah 

Pada KPR, terdapat dua jenis interest rate, yaitu suku bunga tetap, yakni nilainya tidak akan berubah selama masa kredit masih berjalan.

Berikutnya adalah suku bunga mengambang atau floating rate, di mana nilainya cenderung naik turun atau fluktuatif, serta berpotensi meningkatkan berdasarkan aturan dari Bank Indonesia.

Dengan begitu, ada baiknya Sobat OCBC NISP memilih lembaga keuangan atau bank yang menawarkan produk KPR dengan bunga terendah, serta jangka waktu kredit panjang.

2. Memperhatikan Kondisi Finansial 

Mengetahui kondisi finansial merupakan tips yang paling penting sebelum Sobat OCBC NISP memutuskan untuk membeli rumah secara KPR.

Dalam hal ini, Sobat OCBC NISP perlu memperhitungkan pendapatan dan pengeluaran setiap bulannya, apakah dengan mengajukan KPR akan mengganggu dana pokok tersebut atau tidak 

Jangan sampai ketika sudah menghuni rumah, Sobat OCBC NISP sulit membedakan dana antara kebutuhan pokok dengan biaya angsuran KPR, sehingga hal ini bisa memberatkan keluarga.

3. Memilih KPR Bersubsidi 

Apabila Sobat OCBC NISP memiliki jumlah penghasilan di bawah Rp4 juta per bulan, maka beli rumah KPR bersubsidi bisa menjadi alternatifnya.

Perlu diketahui, KPR subsidi adalah salah satu fasilitas dari pemerintah, dengan tujuan membantu Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dalam memenuhi kebutuhan hunian mereka.

Melalui fasilitas ini, meskipun dana yang dimiliki terbatas, pengajuan KPR Sobat OCBC NISP tetap memiliki peluang tinggi untuk disetujui.

Nah, itulah sederet cara beli rumah KPR, mulai dari mencari hunian impian, hingga melakukan akad. 

Jika Sobat OCBC NISP hendak mengambil kredit untuk membeli rumah, layanan KPR dari Bank OCBC NISP adalah pilihan yang tepat. 

Bank OCBC NISP menawarkan dua produk KPR, yaitu Easy Start dan Kendali. Kedua opsi tersebut bisa memudahkan proses pembelian rumah dengan mengendalikan tenor pinjaman. 

Tunggu apa lagi, yuk dapatkan hunian impian menggunakan layanan KPR OCBC NISP! 

Baca juga: 7 Perbedaan KPR Subsidi dan Nonsubsidi, Wajib Tahu!

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 29 Mei 2024

Apakah Transaksi dengan QRIS Kena Biaya Admin?

Baca

Edukasi - 29 Mei 2024

Buka Rekening Tabungan Dapat Bonus, Gimana Caranya?

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC

Download OCBC mobile