11 Tips Menggunakan Kartu Kredit untuk Modal Usaha, Simak!

27 Jun 2023

Ada beberapa tips menggunakan kartu kredit untuk modal usaha agar lebih bijak.

Bagi pemilik usaha, kartu kredit bisnis bisa menjadi pilihan untuk membayar segala pengeluaran mereka. Nah, agar lebih bijak, ketahui dulu tips menggunakan kartu kredit untuk modal usaha.

Sebab, apabila tidak dilakukan pengelolaan kartu kredit dengan baik, bisa-bisa perusahaan malah jadi menunggak karena keuangan yang tak terkendali.

Oleh karena itu, yuk simak uraian mengenai cara bijak menggunakan kartu kredit untuk modal usaha berikut!

11 Tips Menggunakan Kartu Kredit untuk Modal Usaha 

Berikut ini adalah sejumlah tips menggunakan kartu kredit untuk modal usaha agar bisa dilakukan dengan bijak, antara lain yaitu:

1. Buat Kartu Kredit Khusus Usaha 

Salah satu cara bijak menggunakan kartu kredit bisnis adalah tidak menggabungkan antara yang akan digunakan untuk usaha dengan pemakaian pribadi.

Untuk itu, Sobat OCBC NISP sebaiknya membuat kartu kredit khusus untuk menjalankan usaha. Selain lebih efisien dalam menggunakan dana bisnis, hal ini juga memudahkan untuk mencatat pembukuan.

Selain itu, dengan melakukan tips menggunakan kartu kredit untuk modal usaha bisnis, Sobat OCBC NISP tidak perlu repot-repot memisahkan secara manual mana pengeluaran bisnis atau pemakaian pribadi.

2. Tetapkan limit sesuai Kemampuan Membayar 

Tips menggunakan kartu kredit untuk modal usaha selanjutnya yang perlu Sobat OCBC NISP lakukan sejak awal adalah menetap limit transaksi sesuai kemampuan perusahaan.

Ini adalah salah satu cara bijak menggunakan kartu kredit bisnis agar pengeluaran tetap berada di jalur, sesuai dengan tujuan anggaran untuk usaha.

Namun, Sobat OCBC NISP juga perlu memperhatikan kondisi finansial perusahaan dalam mengatur limitnya, karena jika pembayaran tersendat, hal ini akan dikenakan tingkat suku bunga yang terus meningkat.

3. Pilih yang Punya Suku Bunga Tepat

Tips menggunakan kartu kredit untuk modal usaha berikutnya adalah sebaiknya Sobat OCBC NISP pilih perusahaan penerbit dengan suku bunga yang tepat.

Sebelum memutuskan menggunakan modal usaha dengan kartu kredit, perhatikan secara detail syarat dan ketentuan, serta tingkat suku bunganya, apakah Sobat OCBC NISP menyanggupinya untuk kegiatan bisnis atau tidak.

Selain itu, Sobat OCBC NISP juga bisa memanfaatkan layanan kartu kredit bisnis bebas bunga, layanan ini akan memudahkan untuk menjalani usaha dalam membayar tagihan.

Baca juga: Syarat Membuat Kartu Kredit, Ini Hal yang Perlu Diperhatikan

4. Lakukan Pembayaran Kredit Tepat Waktu

Melakukan pembayaran secara tepat waktu adalah tips menggunakan kartu kredit untuk modal usaha lainnya.

Apabila melakukan cara bijak menggunakan kartu kredit bisnis ini secara konsisten, maka secara tidak langsung Sobat OCBC NISP sudah menunjukkan sisi positif sebagai peminjam serta pelaku usaha yang dapat dipercaya.

5. Pahami Keseluruhan Informasi Kartu Kredit 

Selain menetapkan limit transaksi, tips menggunakan kartu kredit bisnis yang perlu Sobat OCBC NISP lakukan sejak awal adalah memahami keseluruhan produk credit card dari penerbit.

Dengan memahami seluk beluk informasinya, Sobat OCBC NISP dapat mencegah terjadinya permasalahan, serta bisa memaksimalkan penggunaannya dengan tepat.

Adapun detail informasi yang perlu Sobat OCBC NISP ketahui yaitu penawaran fiturnya, segala persyaratan sebelum mengajukan kartu kredit bisnis, cara pelunasan, tingkat bunga, serta biaya lainnya.

6. Hanya Gunakan untuk Memenuhi Kebutuhan

Tak hanya berlaku dalam penggunaan pribadi, tips menggunakan kartu kredit untuk modal usaha ini juga perlu diperhatikan bagi para pebisnis.

Sobat OCBC NISP perlu menentukan dana yang harus dibayarkan benar-benar hanya untuk kebutuhan bisnis saja, bukan untuk keinginan hingga menjadi perilaku konsumtif.

7. Manfaatkan Promo yang Ditawarkan Kartu Kredit 

Selain menjadi tips menggunakan kartu kredit untuk modal usaha, memanfaatkan promo juga bisa menghemat pengeluaran biaya dalam bisnis yang dijalani Sobat OCBC NISP.

Biasanya, promo yang akan ditawarkan pada kartu kredit adalah berupa biaya travel, menginap di hotel, potongan belanja, tukar poin, atau diskon pada merchant lainnya yang sudah bekerja sama dengan penerbit.

8. Bayar Kartu Kredit Secara Penuh

Membayar tagihan secara penuh merupakan cara bijak menggunakan kartu kredit bisnis, agar Sobat OCBC NISP tidak dibebankan oleh tunggakan.

Biasanya, penerbit perusahaan kartu kredit akan menyediakan pembayaran minimal sebanyak 10% dari total tagihan per bulan.

Baca juga: 14 Jenis Kartu Kredit Menurut Limit Hingga Fungsinya

9. Hindari Menarik Uang dari Kartu Kredit

Salah satu fitur yang bisa digunakan oleh pengguna kartu kredit adalah dapat menarik uang tunai sama seperti debit card.

Namun, berbeda dengan debit card di mana dana yang akan ditarik adalah milik pribadi, pada kartu kredit sama saja Sobat OCBC NISP meminjam kepada pihak bank melalui yang tunai.

Maka dari itu, daripada tunggakan semakin meninggi, tips menggunakan kartu kredit untuk modal usaha adalah sebaiknya Sobat OCBC NISP hanya perlu fokus pada penggunaan credit card sebagai kebutuhan bisnis.

10. Perhatikan Semua Biaya yang Muncul beserta Fasilitasnya

Setelah mengetahui informasi kartu kredit secara detail, selanjutnya Sobat OCBC NISP perlu memperhatikan seluruh biaya administrasi yang akan muncul dalam tagihannya.

Misalnya, seperti biaya tahunan, bunga, denda keterlambatan, over limit, dan lain sebagainya. Pastikan Sobat OCBC NISP mengetahui setiap persentase dana tambahan yang dibebankan dalam kartu kredit.

Selain itu, Sobat OCBC NISP juga perlu melihat, apakah seluruh fitur kartu kredit sepadan dengan biaya-biaya tambahan yang akan dibebankan tersebut.

11. Pilih Kartu Kredit Khusus Bisnis

Tips menggunakan modal usaha dengan kartu kredit yang terakhir adalah Sobat OCBC NISP perlu memilih kartu kredit khusus untuk bisnis.

Dalam hal ini, layanan NYALA Bisnis bisa menjadi alternatifnya, karena menawarkan banyak manfaat dan kenyamanan untuk Sobat OCBC NISP dalam mengelola usaha.

Mulai dari fitur Business Fitness Solution, yang menyediakan berbagai manfaat seperti pengecekan kesehatan bisnis, bebas biaya transaksi antar-bank, serta rekening dengan 13 mata uang.

Dengan berbagai layanan bisnis yang terpadu, Sobat OCBC NISP dapat menjalani usaha dengan lebih mudah dan efisien.

Nah, itu dia beberapa tips menggunakan kartu kredit untuk modal usaha yang dapat OCBC NISP berikan.

Kartu kredit bisnis memang memungkinkan para pemilik usaha untuk melakukan pembayaran secara lebih mudah dan cepat.

Akan tetapi, kartu kredit yang tidak dikelola dengan baik malah akan mendatangkan kerugian bagi perusahaan kedepannya.

Oleh karena itu, pastikan untuk memperhatikan beberapa tips membayar modal usaha dengan kartu kredit yang telah dipaparkan di atas.

Di sisi lain, Sobat OCBC NISP juga bisa menggunakan layanan NYALA Bisnis yang menawarkan banyak fitur bermanfaat bagi pemilik usaha.

Yu, atur keuangan bisnis lebih mudah bersama NYALA Bisnis!

Baca juga: Laporan Keuangan Konsolidasi: Manfaat dan Cara Membuatnya

 

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 16 Apr 2024

Daftar Mobil Limousine di Indonesia dan Harganya

Baca

Edukasi - 12 Apr 2024

3 Rekomendasi Airport Lounge di Bali, Harga dan Fasilitasnya

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC

Download OCBC mobile