Cuaca Panas Bikin Pengeluaran Membengkak? Ini Tips Menghadapinya

14 Jul 2023

Bagaimana cara memenuhi kebutuhan tanpa keluar rumah saat cuaca panas?

Baru-baru ini, isu mengenai cuaca panas di Indonesia menjadi perbincangan hangat di berbagai media sosial dan berita. Namun, tak banyak yang sadar bahwa kondisi ini juga bisa berpengaruh pada finansial.

Mengapa begitu? Ya, cuaca panas cenderung menyebabkan peningkatan konsumsi energi yang berdampak pada pengeluaran yang lebih tinggi.

Namun, tak hanya itu, suhu udara yang panas sering kali membuat seseorang mencari berbagai cara untuk mendinginkan tubuh. Akibatnya, Sobat OCBC NISP harus mengeluarkan biaya tambahan, bukan?

Jika ingin menghindari membengkaknya pengeluaran akibat cuaca panas, yuk simak penjelasan selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Alasan Cuaca Panas bikin Pengeluaranmu Membengkak

Mungkin tak banyak yang sadar mengapa cuaca panas berpengaruh pada pengeluaran. Padahal, beberapa hal yang terjadi karena perubahan cuaca saat ini dan berkaitan dengan pengeluaran, ini sejumlah alasannya.

1. Membeli Minuman Dingin

Cuaca panas cenderung menyebabkan seseorang lebih mudah haus dan ingin minuman yang menyegarkan, jadilah membeli minuman dingin.

Pembelian minuman dingin yang umumnya lebih sering ketika cuaca panas tentu akan membuat pengeluaranmu semakin besar, bukan?

Apalagi bagi tipe orang yang menyukai minuman manis, tentu mengonsumsi air putih dingin saja tidak akan puas. Inilah salah satu yang membuat pengeluaran saat cuaca panas tutut membengkak.

2. Ojek Mobil Online

Saat cuaca panas, bukan hanya tenggorokan yang kering, tapi dompet juga ikut kering apabila Sobat OCBC NISP beralih ke ojek mobil online.

Padahal, selisih biaya ojek motor dan ojek mobil cukup besar, bahkan bisa mencapai 50% atau lebih. Alhasil, budget harian jadi membengkak, misalnya yang sebelumnya Rp50 ribu menjadi Rp70 ribu.

Namun, perilaku konsumen yang satu ini juga tidak bisa disalahkan. Pasalnya, menggunakan mobil tentu akan membuat lebih nyaman karena adanya AC.

3. Peningkatan Konsumsi Listrik

Alasan lain mengapa cuaca panas dapat memengaruhi pengeluaran adalah peningkatan konsumsi listrik. Hal ini paling banyak berasal dari pemakaian AC dan kipas angin.

Jika pada suhu normal Sobat OCBC NISP hanya menyalakan kipas angin pada jam-jam tertentu, namun saat udara panas, alat elektronik ini bahkan bisa menyala sepanjang hari.

Belum lagi penggunaan AC. Guna menghindari cuaca panas, Sobat OCBC NISP tentu lebih memilih berada di ruangan ber-AC agar terasa sejuk.

Baca Juga: 7 Cara Menghemat Listrik Rumah Agar Tagihan Tak Membengkak

Tips Menghadapi Cuaca Panas

Setelah mengetahui beberapa alasan yang membuat pengeluaran membengkak akibat cuaca panas di Indonesia, lantas bagaimana cara mengatasinya?

Berikut adalah beberapa tips menghadapi cuaca panas tanpa membuat pengeluaran Sobat OCBC NISP semakin membengkak.

1. Memperbanyak Konsumsi Air Putih

Daripada membeli minuman dingin setiap hari, sebaiknya Sobat OCBC NISP membiasakan diri untuk memperbanyak konsumsi air putih.

Jika dibandingkan dengan minuman dingin, memperbanyak konsumsi air putih akan membuat Sobat OCBC NISP jauh lebih hemat.

Selain tetap hemat, memperbanyak asupan air putih juga akan membuat tubuh lebih sehat karena kebutuhan cairannya terpenuhi.

2. Mematikan Lampu saat Tidak Digunakan

Menyalakan lampu di siang hari cenderung membuat ruangan semakin panas. Jadi, apabila tidak dibutuhkan, sebaiknya matikan lampu.

Selain membuat ruangan lebih sejuk dan tenang, mematikan lampu saat tidak digunakan juga akan menghemat biaya listrik bulanan nantinya.

3. Kenakan Pakaian Tipis

Tips menghadapi cuaca panas berikutnya adalah menggunakan pakaian yang tipis atau pakaian yang menyerap keringat.

Hal ini bertujuan untuk membuat Sobat OCBC NISP tetap nyaman dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Menggunakan baju dengan bahan tebal hanya akan meningkatkan panas.

4. Menggunakan Pendingin Ruangan dengan Bijak

Meski cuaca sedang panas-panasnya, sebaiknya Sobat OCBC NISP tetap bijak dalam penggunaan pendingin ruangan, seperti kipas angin dan AC.

Menyalakan pendingin ruangan seharian penuh akan membuat tagihan listrik membengkak, lho. Belum lagi jika Sobat OCBC NISP memiliki kipas angin sekaligus AC di rumah.

5. Hindari Bepergian ke Luar Rumah

Bepergian ke luar rumah saat cuaca panas akan membuat Sobat OCBC NISP cepat haus dan lelah, akhirnya membeli minuman dingin atau menggunakan ojek mobil untuk mengatasinya.

Bagaimana jika ingin belanja atau melakukan transaksi, misalnya ke ATM? Tenang saja, karena OCBC NISP memiliki solusi terhadap permasalahan ini.

Jadi, daripada nyalahin cuaca panas yang menghalangi untuk beraktivitas di luar rumah, mending NYALA-in ONe Mobile aja!

Melalui ONe Mobile, Sobat OCBC NISP bisa melakukan transaksi dengan mudah, top-up e-wallet untuk belanja online, bahkan membayar tagihan listrik tanpa harus keluar rumah.

ONe Mobile juga telah dilengkapi dengan fitur QRIS yang membuat transaksi Sobat OCBC NISP menjadi lebih praktis.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk unduh dan aktifkan ONe Mobile OCBC NISP untuk menjadi #FinanciallyFit sekarang juga!

Baca Juga: 6 Cara Top Up GoPay dengan Mudah, Bisa Pakai M-Banking!

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 18 Apr 2024

Manfaat, Jenis, dan Biaya Asuransi KPR yang Perlu Kamu Ketahui

Baca
OCBC NISP 80 Tahun | Promo KPR

Edukasi - 18 Apr 2024

Anti Ditolak, Berikut Tips agar Pengajuan KPR Disetujui Bank

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC

Download OCBC mobile