Individu

7 Tujuan Analisis Peluang Usaha untuk Mengembangkan Bisnis

9 Agu 2023 • Ditulis oleh: Redaksi OCBC

Bagikan Ke

Artikel Card Image
Promo Card Image

Analisis peluang usaha merupakan rangkaian kegiatan yang biasanya dilakukan saat ingin memulai bisnis. Namun, banyak yang masih belum paham apa tujuan analisis peluang usaha.

Sesuai namanya, analisis peluang usaha sebenarnya bertujuan untuk mengetahui apakah sebuah bisnis layak dijalankan atau tidak.

Nah, jika ingin mengetahui lebih dalam mengenai tujuan analisis peluang usaha, yuk simak artikel berikut!

Apa itu Analisis Peluang Usaha?

Analisis peluang usaha adalah serangkaian proses evaluasi yang berguna untuk mengetahui apakah sebuah ide bisnis layak dijalankan atau tidak.

Serangkaian proses tersebut mencakup penelitian, perencanaan, perkiraan, sampai evaluasi sebuah usaha.

Dalam analisis peluang usaha, beberapa hal yang dievaluasi meliputi potensi pasar, risiko, kompetitor, keuangan, aspek teknis, sumber daya, serta peraturan dan persyaratan hukum.

Meskipun umumnya dilaksanakan sebelum menjalankan sebuah bisnis, analisis peluang usaha juga bisa dilakukan ketika sedang berjalan.

Tujuan Analisis Peluang Usaha

Adapun tujuan dan manfaat analisis peluang usaha adalah sebagai berikut.

1. Mengidentifikasi Risiko yang Mungkin Terjadi

Tujuan analisis peluang usaha utamanya adalah mengidentifikasi risiko yang mungkin terjadi di masa depan.

Dengan mengetahui adanya potensi risiko, maka para pelaku usaha pun dapat lebih siap untuk menghadapinya dan mencari solusinya.

Contoh risiko yang mungkin dialami adalah adanya perubahan tren pasar atau persaingan tinggi antar bisnis.

Dengan begini, para pelaku usaha pun dapat memikirkan cara untuk meminimalisasi atau mengurangi risiko tersebut.

2. Menganalisis Kompetitor

Pada umumnya, tiap bisnis akan memiliki kompetitor atau pesaing dari luar yang bergelut di bidang serupa.

Nah, salah satu tujuan analisis peluang usaha adalah mengidentifikasi siapa saja kompetitor dari bisnis yang dijalankan.

Alhasil, pelaku usaha pun dapat mencari dan menentukan unique selling point yang akan ditawarkan agar berbeda dari kompetitor.

Baca juga: 9 Strategi Analisis Pesaing Bisnis yang Tepat & Contohnya

3. Menemukan Celah Bisnis yang Potensial

Tujuan analisis peluang usaha selanjutnya adalah membantu mengidentifikasi adanya kemungkinan celah bisnis yang belum terisi atau minim pesaing.

Jadi, jika ada celah bisnis yang potensial untuk diisi, maka hal tersebut dapat dimanfaatkan menjadi peluang dalam mengembangkan usaha.

4. Mengidentifikasi Pasar yang Potensial

Mampu membantu mengidentifikasi adanya pasar yang potensial juga merupakan salah satu tujuan analisis peluang usaha.

Dengan melakukan analisis peluang usaha, para pelaku bisnis akan lebih memahami pasar dan lingkungannya secara lebih mendalam.

Mereka juga akan lebih mengetahui profil konsumen potensial, termasuk perilaku pembelian, faktor yang memengaruhi permintaan produk, serta apa saja kebutuhan dan preferensinya.

Alhasil, para pelaku bisnis juga dapat mengidentifikasi apabila ada peluang pasar yang menguntungkan untuk dikembangkan dan diterapkan.

5. Menentukan Strategi Pemasaran yang Tepat

Strategi pemasaran merupakan suatu hal yang harus dirancang dengan baik agar produk atau jasa dapat dikenal oleh lebih banyak konsumen.

Nah, salah satu tujuan analisis peluang usaha adalah menentukan strategi pemasaran yang dapat menyasar konsumen secara tepat.

Sebab, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, analisis peluang usaha akan membantu pelaku bisnis untuk mengetahui profil konsumen potensial.

Dari situ, mereka pun bisa merumuskan kira-kira strategi pemasaran apa yang tepat untuk diaplikasikan kepada konsumen potensial tersebut.

6. Mengevaluasi Kelayakan Usaha

Tujuan analisis peluang usaha yang utama juga dapat membantu mengevaluasi kelayakan suatu bisnis.

Setelah dilakukan analisis, akan diketahui apakah suatu usaha dan proyek layak untuk dijalankan atau tidak, menimbang peluang serta risiko kerugian yang mungkin diperoleh.

Apabila layak, maka para pelaku usaha dapat merencanakan dan melaksanakan bisnis tersebut dengan baik.

Namun, jika hasilnya ternyata tidak layak, para pelaku usaha perlu memikirkan kembali solusi alternatif mengenai peluang bisnis lain yang lebih potensial.

Baca juga: 8 Strategi Pengembangan Usaha yang Efektif Raih Kesuksesan

7. Mencegah Perusahaan Bangkrut

Dilakukannya analisis tujuan usaha sebelum membangun bisnis juga dapat mencegah perusahaan bangkrut.

Sebab, seperti penjelasan sebelumnya, dari analisis yang telah dilakukan, akan diketahui apakah suatu usaha serta proyek layak dijalankan atau tidak.

Jadi, hal ini pun dapat mencegah para pelaku usaha untuk menjalankan bisnis yang memang sejak awal tidak potensial.

Langkah-Langkah Melakukan Analisis Peluang Usaha

Setelah membaca penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa ada banyak sekali tujuan analisis peluang usaha dan manfaatnya saat ingin menjalankan suatu bisnis.

Nah, apabila ingin melakukan metode analisis peluang usaha, berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  • Melakukan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, dan Threat) suatu bisnis
  • Menentukan siapa konsumen atau pasar yang ingin dituju. Sebaiknya, pilihlah target konsumen dengan persaingan yang relatif kecil dan mudah dijangkau
  • Mengidentifikasi kompetitor atau pesaing dengan lini bisnis yang sama
  • Melakukan analisis strategi pemasaran dengan 4P, yaitu product, price, promotion, dan place
  • Melakukan analisis PESTLE yang mencakup kondisi political, economic, social, technological, legal, dan environmental
  • Melakukan evaluasi secara berkala apakah bisnis yang ingin dijalankan akan sustainable atau tidak

Demikian uraian lengkap mengenai tujuan analisis peluang usaha beserta langkah-langkah untuk melakukannya.

Pada intinya, manfaat analisis peluang usaha adalah untuk mengidentifikasi potensi pasar dan mengetahui kelayakan sebuah bisnis.

Nah, apabila Sobat OCBC NISP tertarik untuk membuka usaha, yuk gunakan layanan Nyala Bisnis!

Nyala Bisnis adalah layanan dari OCBC NISP yang menawarkan berbagai keuntungan untuk para pelaku usaha, di antaranya yaitu bebas biaya transaksi, kemudahan akses pinjaman, serta cashback biaya MDR QRIS.

Oleh karena itu, yuk kembangkan bisnis dan jadilah #FinanciallyFit bersama OCBC NISP!

Baca juga: Riset Pemasaran: Pengerti, Fungsi, Tahapan & Tujuannya



Tertarik dengan artikel kami?

Bagikan Artikel Ini?

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
OCBC mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC

Segala Kemudahan Ada
di Satu Genggaman

Nikmati berbagai layanan kartu OCBC sesuai kebutuhan Anda

Artikel Terbaru

Perbedaan Tabungan Konvensional dan Tabungan Syariah
  • Individu
  • Nyala

Perbedaan Tabungan Konvensional dan Tabungan Syariah

15 Des 2025

Pelajari perbedaan cara kerja tabungan syariah dan konvensional untuk menentukan mana yang paling sesuai kebutuhan!

Cara Menghindari Penipuan Online Menggunakan Kartu Kredit
  • Individu
  • Nyala

Cara Menghindari Penipuan Online Menggunakan Kartu Kredit

15 Des 2025

Berikut beberapa tips melindungi data kartu kredit di era transaksi digital agar tetap aman dan bebas risiko!

Apa Itu BI Checking (SLIK OJK) dan Cara Mengeceknya
  • Individu
  • Nyala

Apa Itu BI Checking (SLIK OJK) dan Cara Mengeceknya

13 Des 2025

BI Checking menjadi salah satu syarat pengajuan kredit. Saat ini namanya diubah menjadi SLIK OJK. Yuk cari tahu apa itu dan bagaimana cara mengeceknya!

KPR Fixed vs Floating: Pilih yang Mana?
  • Individu
  • Nyala

KPR Fixed vs Floating: Pilih yang Mana?

13 Des 2025

Bandingkan KPR bunga fixed dan floating untuk mengetahui mana yang paling sesuai kebutuhan jangka panjang!

Kemudahan Transaksi Perbankan di Ujung Jari

Download OCBC mobile sekarang!