10 Manfaat Ekonomi Kreatif Bagi Perekonomian Indonesia

12 Feb 2024

Manfaat ekonomi kreatif bagi perekonomian tercapai melalui kreativitas dan inovasi.

Seperti yang diketahui bersama, pertumbuhan sektor ekonomi kreatif beberapa tahun belakangan ini cukup menjanjikan. Beragam industri kreatif seperti kuliner, fashion, kerajinan tangan, dan lain-lain terus menunjukkan dampak positif, salah satunya menciptakan lapangan kerja baru.

Yuk, simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui manfaat ekonomi kreatif selengkapnya bagi negara maupun masyarakat!

Pengertian Ekonomi Kreatif

Menurut Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2019 tentang Ekonomi Kreatif , ekonomi Kreatif adalah perwujudan nilai tambah dari kekayaan intelektual yang bersumber dari kreativitas manusia yang berbasis warisan budaya, ilmu pengetahuan, dan/atau teknologi.

Ekonomi kreatif merupakan model bisnis yang mengandalkan ide dan kreativitas tanpa batas. Terutama di era digital saat ini, cukup menggunakan internet saja produk ekonomi kreatif bisa dengan mudah dipromosikan dan didistribusikan secara lebih luas.

Tujuan ekonomi kreatif adalah untuk meningkatkan kesejahteraan dan menciptakan lapangan kerja baru melalui kreativitas. Intinya, ekonomi kreatif adalah bentuk perkembangan ekonomi yang menggabungkan inovasi dan kreativitas tanpa batas.

Manfaat Ekonomi Kreatif

Ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia karena dapat menjadi sektor unggulan penggerak perekonomian terutama di era digital. Beragam inovasi tanpa batas terus dilahirkan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tak hanya itu saja, ada beberapa manfaat ekonomi kreatif lainnya yang perlu diketahui. Berikut penjelasannya.

1. Pertumbuhan Ekonomi

Manfaat ekonomi kreatif yang pertama adalah dapat memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi suatu negara. Semakin banyak industri kreatif yang berkembang dan bersaing di perekonomian global, maka semakin besar pula pengaruhnya pada pertumbuhan produk domestik bruto secara keseluruhan.

Dengan terus berinovasi, produk ekonomi kreatif tidak hanya memenuhi kebutuhan dalam negeri, tetapi juga mampu menarik pasar internasional dan menambah devisa untuk negara.

Baca juga: 14 Jenis Ekonomi Kreatif dari Berbagai Bidang, Wajib Tahu!

 

2. Membuka Lapangan Pekerjaan

Ekonomi kreatif diketahui mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru di berbagai bidang, mulai dari desainer, programmer, perajin, seniman, hingga profesional dalam bidang pemasaran dan teknologi.

Lapangan pekerjaan yang terbuka lebar dapat membantu menekan jumlah pengangguran. Pada akhirnya, masyarakat pun bisa merasakan manfaat ekonomi kreatif yang semakin berkembang di negaranya.

3. Terciptanya Banyak UMKM

Selain menciptakan lapangan pekerjaan baru, manfaat ekonomi kreatif lainnya adalah mampu meningkatkan peran masyarakat dalam membangun ekonomi melalui UMKM. Dengan modal kreativitas tanpa batas, para pelaku usaha mikro dapat terus berinovasi dalam memenuhi permintaan konsumen.

Hal ini tentunya akan membuat roda perekonomian terus berputar dan menopang pertumbuhan ekonomi nasional. Dampaknya, kesejahteraan masyarakat pun semakin meningkat.

4. Perkembangan Inovasi

Ekonomi kreatif mendorong persaingan sehat di antara pelaku industri kreatif. Setiap individu dan UMKM harus terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang berubah-ubah.

Biasanya, hanya produk atau layanan paling inovatif dan memberikan nilai terbaik yang akan disukai oleh masyarakat. Pada akhirnya hal tersebut akan meningkatkan daya saing antar pelaku ekonomi kreatif dalam negeri maupun luar negeri.

5. Kualitas Produk Membaik

Ekonomi kreatif mendorong industri untuk terus meningkatkan kualitas produk dan layanan. Para pelaku industri harus terus berinovasi dan memberikan nilai tambah agar dapat memenuhi harapan konsumen yang dinamis.

Ini juga memberikan peluang bagi talenta muda kreatif untuk ikut berkontribusi memberikan ide-ide segar dan inovatif dalam meningkatkan daya saing produk lokal.

6. Meningkatkan Kualitas Hidup

Manfaat ekonomi kreatif berikutnya adalah dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Pendapatan dari ekonomi kreatif tidak hanya meningkatkan keuangan, tetapi juga memperbaiki kualitas hidup secara menyeluruh, termasuk akses pendidikan dan layanan kesehatan yang lebih baik.

Baca juga: Ekonomi Digital: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

7. Menciptakan Persaingan Sehat

Pertumbuhan ekonomi kreatif menciptakan persaingan ketat, dinamis, dan sehat antar pelaku industri kreatif. Mereka dituntut terus berinovasi dan memberi nilai tambah agar produknya tetap relevan dan diminati konsumen. Kondisi ini menciptakan lingkungan kreatif yang terus berkembang yang pada akhirnya akan membuat kualitas produk lokal semakin membaik.

8. Pasar Menjadi Beragam

Pertumbuhan ekonomi kreatif menghasilkan beragam produk dan layanan inovatif untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang beragam. Kreativitas tanpa batas dari pelaku industri menciptakan solusi-solusi baru untuk menyelesaikan berbagai masalah.

Hal ini memberikan lebih banyak pilihan kepada masyarakat untuk memenuhi kebutuhan mereka yang berubah-ubah, mulai dari produk fisik hingga aplikasi digital. Tentunya, konsumen akan semakin diuntungkan dengan adanya berbagai alternatif ini.

9. Berdampak Positif Pada Lingkungan

Ekonomi kreatif umumnya menggunakan konsep green technology dan ramah lingkungan dalam inovasi produk dan layanannya. Budaya ramah lingkungan ini secara perlahan menyebar dan memengaruhi perilaku bisnis secara keseluruhan. Maka, hasilnya akan terbentuk ekosistem ekonomi kreatif yang berdampak positif pada lingkungan.

10. Membangun Citra Suatu Negara

Manfaat ekonomi kreatif yang terakhir adalah dapat membangun citra suatu negara. Ekonomi kreatif berperan penting membentuk citra positif sebuah negara di mata dunia internasional.

Dengan terus berinovasi sembari mengekspor nilai-nilai budaya dan kearifan lokalnya, suatu negara bisa menunjukkan kemampuan SDM terbaiknya. Apalagi jika produk-produk ekonomi kreatif yang dihasilkan mampu bersaing di pasar global.

Itulah ulasan lengkap mengenai manfaat ekonomi kreatif. Setelah mengetahui berbagai potensinya, apakah Sobat OCBC jadi tertarik untuk memulai bisnis di bidang ini?

Jika iya, Sobat OCBC bisa memanfaatkan layanan Pembiayaan Bisnis dari OCBC. Layanan ini menawarkan berbagai solusi, mulai dari modal usaha, pembiayaan supply chain, pengumpulan modal lewat capital dan equity market, serta kemudahan pengajuan bank garansi di OCBC Business.

Jadi, tunggu apalagi? Segera bergabung menjadi nasabah dan wujudkan ide bisnis kreatif bersama OCBC!

Baca juga: 8 Manfaat Kegiatan Ekspor dan Impor bagi Perekonomian Negara

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 18 Apr 2024

Hati Senang, Pikiran Tenang dengan Cegah Penipuan!

Baca

Edukasi - 18 Apr 2024

Manfaat, Jenis, dan Biaya Asuransi KPR yang Perlu Kamu Ketahui

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile