7 Tips Feng Shui Rumah agar Rezeki Lancar dan Selalu Hoki

22 Feb 2024

Menata ulang rumah sesuai dengan ketentuan feng shui bisa membawa keberuntungan. Berikut ini beberapa tips feng shui rumah agar rezeki lancar dan mendapat limpahan keberuntungan dan kekayaan.

Momen Tahun Baru Imlek biasa digunakan untuk mendekorasi ulang rumah sesuai dengan ketentuan feng shui. Dekorasi ulang rumah ini diharapkan bisa mengundang energi negatif dan mendatangkan keberuntungan bagi rumah dan penghuninya.

Beberapa tips berikut ini bisa kamu terapkan untuk membuat rumahmu berenergi negatif sehingga rezeki menjadi lancar. Yuk disimak!

Baca juga: Estimasi Biaya Bangun Rumah Sendiri yang Perlu Disiapkan

Apa Itu Feng Shui Rumah?

Secara umum, feng shui adalah sistem kuno dari Cina yang mengatur tentang spasial, struktur bangunan, atau tata letak ruangan dengan orientasi yang berhubungan dengan aliran energi (qi).

Dalam sistem tersebut, qi ada dua jenis, yaitu “sheng qi” atau energi positif dan “sha qi” yaitu energi negatif. Sehingga pengaturan spasial dalam feng shui dimaksudkan untuk mengundang energi positif dan menangkal energi negatif.

Adapun feng shui rumah adalah metode untuk menghadirkan energi positif ke dalam rumah dan menangkal energi negatif. Dengan begitu, akan terjadi kesemimbangan aliran yin dan yang di dalam rumah yang bermanfaat untuk penghuninya.

Secara prinsip, feng shui rumah akan fokus pada lima elemen kehidupan, yaitu tanah, logam, air, kayu, dan api. Ketika dikombinasi dengan baik, setiap elemen tersebut akan menghasilkan emosi, warna, dan bentuk yang berbeda pada konsep peta area energi di rumah.

Sementara pada praktiknya, konsep feng shui rumah ini dilakukan mulai dari desain rumah, penempatan ruangan, tata letak furnitur, dekorasi, dan sebagainya.

Pengaturan tata letak ini dipercaya bisa mendatangkan energi positif bagi penghuninya. Energi positif itu meliputi keberuntungan, ketenaran, keharmonisan keluarga, kesehatan, kesuksesan, hingga kekayaan dan kemakmuran.

Baca juga: 7 Tips Memilih KPR yang Aman Sesuai Kebutuhan, Wajib Tahu!

Tips Feng Shui Rumah agar Rezeki Lancar

Berdasarkan feng shui, kamu bisa menata dan merenovasi rumah atau ruangan sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Misalnya, ada tips tata ruang untuk mendatangkan kesehatan, keharmonisan, atau kekayaan. Sehingga kamu bisa memilih tips mana yang diinginkan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang tips feng shui rumah agar rezeki penghuninya lancar sehingga bisa mendapatkan kesuksesan dan kekayaan.

1. Rapikan Area Pintu Rumah

Area pintu utama merupakan “muka” bagi rumah. Selain sebagai tempat keluar masuknya orang, pintu juga menjadi tempat masuknya energi baik maupun energi buruk yang ditentukan berdasarkan kondisi area tersebut.

Ketika area pintu berantakan dan tidak rapi, maka energi yang masuk adalah energi negatif. Sebaliknya, untuk mendapatkan energi positif, maka kamu harus rajin merapikan area pintu rumah.

Pastikan pintu rumah selalu tertata rapi, bersih, dan memiliki pencahayaan yang baik ketika malam hari. Kamu juga bisa memasang dekorasi yang dekorasi yang bagus di area tersebut sebagai penyambutan terhadap tamu yang datang.

2. Merapikan Ruangan

Ruangan yang rapi dan terorganisir dengan baik adalah kunci dari semua tips feng shui. Rapinya ruangan ternyata tidak hanya membuat enak dipandang, tapi juga bisa mengundang energi positif ke rumah.

Untuk itu, luangkan waktu untuk memeriksa dan mengatur barang-barang dalam ruangan. Jangan segan untuk menyingkirkan dan membuang barang yang sekiranya sudah tidak digunakan lagi.

Kamu juga bisa memanfaatkan lemari atau tempat penyimpanan lain untuk menyimpan barang-barang agar ruangan tampak lebih rapi dan terorganisir dengan baik.

3. Memilih Warna yang Tepat

Kombinasi warna yang tepat juga sangat penting untuk mendatangkan energi positif masuk ke rumah. Dalam feng shui, setiap warna mewakili energi yang berbeda-beda sehingga kamu perlu memilih warna yang tepat.

Sebagai contoh, warna merah diasosiasikan dengan api dan dianggap membawa keberuntungan, sedangkan biru diasosiasikan dengan air dan dapat meningkatkan ketenangan dan keharmonisan.

Dengan demikian, kamu perlu memilih warna yang selaras dengan energi yang ingin kamu hadirkan di rumah. Jangan ragu untuk memilih nada berbeda untuk ruangan berbeda!

4. Tanaman Hijau di Rumah

Tanaman hijau yang segar juga bisa mengundang energi positif sehingga sangat baik untuk meletakkannya di dalam rumah.

Menambahkan tanaman ke rumah bisa membantu menjernihkan udara dan menghadirkan kesan alami di dalam ruangan. Dalam feng shui, tanaman juga dianggap membawa energi positif dan rejeki.

Tanaman akan membawa suasana yang menyenangkan untuk dilihat dan menenangkan! Pilih tanaman yang mudah dirawat, seperti pakis atau bambu, kemudian letakkan di area rumah yang cukup cahaya alami.

Baca juga: Minat KPR Syariah? Pelajari Simulasi & Perhitungannya Yuk!

5. Manfaatkan Cermin dengan Baik

Cermin dianggap membawa energi dan cahaya positif ke dalam ruangan dalam konsep feng shui. Namun bukan berarti kamu bisa menempatkan cermin sebanyak-banyaknya di rumah! Penting untuk tetap menggunakannya dengan bijak.

Hindari menempatkan cermin di seberang jendela, karena dapat memantulkan energi negatif kembali ke rumah. Sebagai gantinya, coba letakkan cermin di seberang pintu atau di tempat yang memantulkan sesuatu yang indah, seperti karya seni atau pemandangan alam.

6. Posisikan Kasur dengan Benar

Dalam feng shui, penempatan tempat tidur sangat penting karena kasur menjadi tempat banyak orang menghabiskan banyak waktu. Penempatan kasur ini menjadi salah satu denah rumah pembawa hoki yang penting diterapkan.

Untuk menciptakan energi positif di kamar tidur, usahakan posisi tempat tidur jauh dari pintu dan hindari meletakkannya di bawah jendela. Sebaiknya gunakan sandaran kepala yang kokoh karena ini membantu menciptakan rasa dukungan dan stabilitas.

7. Sepatu Tidak Boleh di Atas Meja

Semua orang tahu bahwa sepatu adalah benda yang kotor karena digunakan untuk menginjak apapun saat berjalan. Namun terkadang kamu berpikir untuk meletakkannya di atas meja dengan alasan masih baru atau baru saja dicuci sehingga dianggap bersih.

Dalam feng shui, keputusan meletakkan sepatu di atas meja merupakan kesalahan besar. Pasalnya, meletakkan sepatu di atas meja dianggap sebagai salah satu cara untuk mengacaukan nasib dan membuat seseorang kehilangan pekerjaan.

Jika berencana memiliki rumah yang bagus secara feng shui, kamu bisa memanfaatkan Kredit Pemilikan Rumah atau KPR dari OCBC. Ada beberapa produk KPR yang bisa kamu pilih, yaitu KPR Easy Start, KPR Kendali, dan KPR Pembelian Properti Komersial.

Khusus bulan Februari 2024, OCBC memberikan promo untuk produk KPR Easy Start berupa cicilan Rp4 Jutaan untuk membeli rumah seharga Rp1 Miliar.

Selain itu juga ada spesial bunga yang ditawarkan mulai dari 5,20% efektif per tahun, bunga selama 3 tahun tetap/bunga fix 3 tahun dengan minimum tenor 10 tahun.

Lakukan simulasi KPR Easy Start dari OCBC sekarang juga karena promo tersebut hanya berlaku 1-29 Februari 2024 saja!

Baca juga: Syarat KPR Rumah Beserta Langkah-langkah Pengajuannya


Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 16 Apr 2024

Daftar Mobil Limousine di Indonesia dan Harganya

Baca

Edukasi - 12 Apr 2024

3 Rekomendasi Airport Lounge di Bali, Harga dan Fasilitasnya

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile