Cara Melakukan Sedekah Subuh Online dan Hukumnya

6 Mar 2024

Pada era digital yang serba praktis, sedekah subuh tak perlu lagi terhambat oleh kesibukan. Kebaikan di pagi hari dapat ditebarkan dengan mudah dan praktis melalui sedekah subuh online.

Sedekah online termasuk cara sedekah dengan media baru. Sama seperti sedekah subuh secara langsung, pemberi sedekah tidak perlu memberitahu penerimanya bahwa yang diberikan adalah sedekah.

Meski sedekah subuh online sudah biasa dilakukan, namun masih banyak orang bertanya apakah sedekah online diperbolehkan dan sah? Sebelum membahas hal itu, ada baiknya kamu memahami dulu tentang apa itu sedekah subuh.

Baca Juga: Niat Sedekah Tingkatkan Iman, Malah Kena Penipuan!

Apa Itu Sedekah Subuh?

Sedekah subuh adalah amalan sedekah yang dilakukan pada waktu khusus, yaitu waktu subuh. Sama seperti sedekah lainnya, sedekah subuh juga memberi sesuatu kepada orang yang berhak menerima dan membutuhkannya.

Sesuai dengan namanya, sedekah subuh dilakukan oleh umat Islam usai melaksanakan salat subuh hingga saat terbitnya matahari. Sedekah subuh secara online mudah dilakukan karena kamu tidak harus pergi keluar rumah.

Keistimewaan sedekah subuh masih jarang diketahui oleh banyak orang, yaitu pada saat seorang muslim melakukan sedekah subuh, malaikat turun ke bumi dan segera mendoakan orang yang bersedekah tersebut.

Hal ini disebutkan dalam salah satu hadis yang diriwayatkan Bukhari Muslim dari Abu Hurairah ra., beliau berkata, "Nabi Muhammad SAW. bersabda, "Setiap awal pagi saat matahari terbit Allah menurunkan dua malaikat ke bumi.

Lalu salah satu berkata, Ya Allah, berilah karunia orang yang menginfakkan hartanya. Ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah. Malaikat yang satu berkata, Ya Allah, binasakanlah orang-orang yang bakhil."

Hukum Sedekah Subuh Online

Sedekah online menurut pandangan ulama Yusuf Al-Qardhawi tetap sah amalannya meskipun tidak ada akad antara si pemberi dan penerima atau keduanya tidak bertemu secara langsung.

Yusuf Al-Qardhawi mengatakan, seorang pemberi zakat atau sedekah tidak wajib menyatakan secara eksplisit kepada penerimanya bahwa dana yang ia berikan adalah zakat atau sedekah. Dengan begitu, apabila seorang pemberi sedekah tidak menyatakan kepada penerima sedekah bahwa itu adalah sedekah, maka amalannya tetap sah.

Sebelum melakukan sedekah online, kamu perlu memastikan calon penerima sedekah. Jika disalurkan lewat lembaga, kamu perlu memastikan apakah lembaga ini benar-benar amanah atau tidak.

Baca Juga: 10 Fungsi Zakat dalam Islam, Salah Satunya Membersihkan Harta

Keutamaan Sedekah Subuh Online

Sedekah subuh online tidak hanya sah dan diperbolehkan, tetapi juga memiliki keutamaan dan pahala yang berlimpah, sama seperti sedekah subuh yang dilakukan secara konvensional. Berikut beberapa keutamaan sedekah subuh online:

1. Dipermudah bagi Orang yang Ingin Bersedekah

Melalui platform online, sedekah dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja dengan mudah dan praktis. Hal ini menghilangkan hambatan waktu dan jarak yang terkadang menjadi penghambat orang untuk bersedekah.

2. Menjangkau Lebih Banyak Penerima

Sedekah online dapat menjangkau lebih banyak penerima yang membutuhkan bantuan di berbagai daerah. Platform online seringkali memiliki jaringan yang luas dan dapat menyalurkan donasi ke berbagai wilayah yang membutuhkan.

3. Lebih Transparan

Banyak platform sedekah online yang menyediakan informasi yang transparan tentang penggunaan dana yang terkumpul. Para donatur dapat melihat bagaimana donasi mereka digunakan untuk membantu penerima yang membutuhkan. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan dan mendorong orang untuk bersedekah lebih banyak.

4. Menumbuhkan Kebiasaan Bersedekah

Sedekah online dapat membuat seseorang terbiasa untuk bersedekah secara rutin. Ini tentunya akan membawa manfaat yang besar bagi pemberi sedekah dan penerimanya.

Baca Juga: 10 Fungsi Zakat dalam Islam, Salah Satunya Membersihkan Harta

Cara Melakukan Sedekah Subuh Online

Buat kamu yang ingin bersedekah subuh online, berikut panduan lengkap tentang cara mudah melakukannya:

1. Persiapan

Pilih platform sedekah online terpercaya. Pastikan platform tersebut memiliki kredibilitas dan reputasi yang baik, terdaftar di OJK atau Baznas, dan memiliki testimoni positif dari pengguna.

Tentukan program sedekah subuh yang ingin diikuti. Banyak platform yang menawarkan program dengan fokus berbeda, seperti pendidikan, kesehatan, atau kebutuhan dasar. Pilih program yang sesuai dengan minat dan tujuan kamu.

Siapkan nominal donasi dan metode pembayaran. Kamu dapat memilih nominal sesuai kemampuan dan metode pembayaran yang mudah, seperti transfer bank, virtual account, e-wallet, atau QRIS.

2. Melakukan Sedekah

Buat akun di platform sedekah online yang dipilih. Masukkan data diri dengan benar. Lalu, pilih program sedekah subuh yang telah kamu tentukan sebelumnya. Selanjutnya, masukkan nominal donasi dan pilih metode pembayaran. Ikuti petunjuk pembayaran yang diberikan. Pastikan kamu mengikuti langkah-langkahnya dengan cermat dan simpan bukti donasi sebagai bukti transaksi kamu.

3. Pantau Penyaluran Dana

Beberapa platform menyediakan fitur untuk memantau penyaluran dana donasi. kamu dapat melihat laporan dan update tentang bagaimana dana kamu digunakan untuk membantu penerima.

Dengan kesederhanaannya, sedekah subuh online menawarkan pahala dan keberkahan yang melimpah. Tak hanya berdampak positif bagi penerima, sedekah subuh online juga melatih keikhlasan dan kepedulian, sekaligus menjadi wujud syukur atas rezeki yang telah diberikan Allah Swt. Jadi, mulailah biasakan untuk bersedekah subuh online setiap hari dan rasakan limpahan berkah yang menyertainya.

4. Pilih Aplikasi untuk Memberikan Sedekah Subuh Online

Kamu bisa menggunakan aplikasi OCBC mobile untuk melakukan sedekah subuh online. Kamu bisa memilih metode apa yang ingin kamu gunakan untuk mengirim sedekah.

Mulai dari transfer bank, transfer ke virtual account, transfer dompet digital, bisa kamu lakukan dengan OCBC mobile. Soal keamanan, kamu juga tidak perlu khawatir.

Seluruh transaksi di OCBC mobile dilindungi Two-Factor Authentication (2FA) dengan penggunaan User ID, Password serta PIN transaksi yang  hanya diketahui oleh kamu sebagai pengguna.

Cara mendaftar OCBC mobile juga mudah. Kamu tinggal download aplikasi OCBC mobile di App Store maupun Playstore. Selanjutnya kamu bisa membuka rekening Nyala dengan lima langkah mudah.

  1. Buka aplikasi OCBC Mobile, klik ‘Daftar OCBC Mobile’ lalu pilih ‘Saya Belum Punya Rekening’
  2. Pilih layanan ‘Nyala’, buat akun dan aktifkan Nyala. Siapkan E-KTP dan klik ‘Ajukan Produk’
  3. Lengkapi data diri, lalu pilih kartu debit dan lokasi pengiriman kartu
  4. Verifikasi video, lalu kamu akan mendapat Nomor Rekening dan User ID. Masukkan User ID dan Password sementara yang dikirim via SMS
  5. Buat Password dan PIN Transaksi, lalu setujui syarat dan ketentuan
  6. Lakukan setoran awal dan rekening bisa digunakan

Mudah bukan? Yuk buruan pakai OCBC mobile dan dapatkan kemudahan untuk bersedekah subuh online.


Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 27 Mei 2024

Ingin Liburan ke Cappadocia? Yuk Cek Cara Bikin Visa Turki Berikut!

Baca

Edukasi, Tips & Trick - 27 Mei 2024

Umur 30 Tidak Punya Tabungan? Ini Langkah untuk Perbaiki Finansial Kamu

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile