PENIPUAN PAJAK KIAN MEREBAK, JANGAN SAMPAI TERJEBAK!

13 Mar 2024 Ditulis oleh: Redaksi OCBC

Bayar pajak untuk tunaikan kewajiban, jangan sampai terperangkap penipuan!

Seakan tidak pernah kehabisan akal, modus penipuan melalui surat elektronik atau email yang mengatasnamakan Direktorat Jendral Pajak (DJP) mulai mengincar kalangan masyarakat hingga bisnis.

Seperti yang baru ini terjadi, oknum penipu mengirimkan pesan berisi informasi sekaligus link atau file APK. berisi bukti palsu, dimana calon korban harus segera membayarkan kekurangan atau denda pajak dengan nominal yang fantastis.

Tentu saja di tengah momen batas akhir pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pada bulan Maret ini dimanfaatkan oknum penipu untuk menguras harta dan meraup keuntungan besar dari calon korbannya.

Metode apa yang biasa dilakukan oleh oknum penipuan?

  • Oknum penipu mencantumkan logo serta alamat Direktorat Jendral Pajak (DJP) pada email, serta menggunakan alamat domain yang mirip dengan email asli DJP ( e-filling@e-pajak.-go.id.info )
  • Penerima email diminta memenuhi kekurangan pembayaran pajak di tahun sebelumnya dengan nominal tertentu pada setiap bulan keterlambatan.
  • Sebagai konfirmasi, calon korban biasanya akan diminta untuk klik link atau file yang diberikan lalu mengikuti step by step yang tertera. Dengan catatan harus dilakukan segera, agar tidak dikenakan biaya denda yang lebih besar.
  • Tanpa disadari, data rahasia hingga perbankan Anda bisa diakses dengan mudah oleh oknum penipu.

Contoh email palsu mengatasnamakan DJP

Lalu, pencegahan apa yang bisa dilakukan?

Waspada ketika mendapat notifikasi seputar tagihan pajak dan ikuti tips berikut ini:

  1. Periksa keaslian domain dan nama pengirim

    Pastikan domain email yang digunakan @pajak.go.id (resmi) atau Anda juga bisa menemukan informasi yang valid melalui website resmi atau social media resmi Direktorat Jendral Pajak (DJP).

  2. Cek kembali informasi yang Anda dapatkan

    Website resmi DJP online bisa diakses melalui https://pajak.go.id/ dan jika hendak melakukan lapor pajak tahunan, Anda bisa mengakses https://djponline.pajak.go.id/ untuk memastikan keaslian informasi yang diterima.

  3. Jangan terburu-buru klik link atau unduh file apapun

    Membuat calon korbannya berada dalam situasi yang terdesak menjadi taktik penipu. Maka dari itu, jangan panik dan jangan klik link atau file berformat APK. Agar data rahasia Anda tetap terjaga.

Pastikan untuk tidak memberikan informasi pribadi seperti nomor Kartu Debit/Kredit, CVV, Expired Date, Password, PIN, dan OTP kepada siapapun, termasuk pegawai Bank sekalipun.

Mengindikasi aktivitas mencurigakan?

Segera hubungi TANYA OCBC 1500999 atau +62-21-26506300 (dari luar negeri) dan pilih layanan “Nasabah Bisnis” atau WhatsApp ke 08121500999.

Ingat! Kejahatan bisa terjadi pada siapa saja dan dimana saja. Pastikan Anda tetap berhati-hati.


Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 21 Mei 2024

Kelebihan Beli Rumah Lelang dan Tips Memenangkannya!

Baca

Edukasi - 21 Mei 2024

Tips Membeli Motor Lelang Biar Nggak Rugi

See All

Produk Terkait

Cash Management

Cash Management

Kelola bisnis jadi lebih mudah dan nyaman
Nyala Bisnis

Nyala Bisnis

Layanan saldo gabungan untuk mengatur keuangan pribadi dan bisnis secara terpadu
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile