Waspadai Modus Penipuan Ramadhan, Jaga Data Diri Tetap Aman

18 Mar 2024

Oknum penipuan online punya segudang cara untuk menjerat korban di bulan Ramadhan. Selalu waspada dan lakukan pencegahan agar tak jadi korban selanjutnya.

Bulan suci Ramadan telah tiba, umat muslim menyambut dengan penuh suka cita. Bukan hanya bersiap untuk fokus beribadah, namun juga pemenuhan kebutuhan selama berpuasa hingga datangnya perayaan Idul Fitri nanti.

Namun Anda tetap perlu berhati-hati!

Dibalik peningkatan transaksi keuangan selama Ramadan dan lebaran, ada bahaya yang mengintai, yakni modus penipuan online.

Kenali beberapa modus penipuan online yang banyak terjadi:

  • Belanja Online dengan promo menarik

    Penipu memanfaatkan ‘voucher’ diskon untuk berbagai kebutuhan seperti yang banyak dicari selama momen Ramadan dan lebaran dalam bentuk link palsu dan dikirimkan melalui WhatsApp atau Email. Ketika calon korban mengikuti perintah oknum untuk klik link tersebut, justru menjadi kemudahan bagi penipu untuk mengakses data pribadi hingga menguras isi rekening.

    Anda bisa mengenali ciri link palsu dengan cara berikut :

    1. Perhatikan tanda gembok terkunci di sebelah kiri atas url website, dimana Anda bisa melihat status keamanan link tersebut dan “Connection is secure” menandakan bahwa website tersebut valid.
    2. Mengunjungi laman https://transparencyreport.google.com/safe-browsing/search, salin link yang ingin di cek ke dalam kolom “Check site status”, klik ikon pencarian, dan status dari situs yang Anda tambahkan akan muncul. Jika muncul “No Unsafe Content Found”, maka situs dinyatakan aman.

  • Pinjaman Online

    Banyaknya kebutuhan sama artinya dengan banyak pengeluaran yang diperlukan. Tapi jangan sampai Anda tergiur dengan tawaran pinjaman online yang menawarkan fresh money dengan nilai yang besar, cepat, dan langsung bisa didapat. Karena bisa saja, itu hanya tawaran palsu oknum penipu, agar mereka meraup banyak keuntungan.

  • Penggalangan dana

    Jangan mudah percaya dengan tawaran penggalangan dana yang diajukan oleh Perusahaan bodong kepada Perusahaan atau Bisnis Anda. Hindari klik link atau mengikuti arahan apapun yang berisiko besar tersebarnya data pribadi/Perusahaan hingga perbankan Anda.

  • Penjualan Tiket

    Hati-hati dengan penawaran diskon tiket transportasi/hotel dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Jangan berikan data apapun kepada oknum penipu yang menyamar sebagai pihak travel, maskapai, dan lainnya.

  • Pembaharuan data

Waspada dengan oknum yang mengaku sebagai Customer Service Perbankan, Perusahaan atau Bisnis, dan lainnya yang menawarkan pembaharuan akun pribadi atau Bisnis Anda dengan ancaman pemblokiran akun atau fasilititas kartu debit/kredit.

Ciri-ciri pelaku yang harus di waspadai:

  1. Memberikan penawaran di bawah harga pasar hingga voucher gratis dan bonus melimpah.
  2. Meminta tambahan transfer biaya asuransi atau biaya kirim.
  3. Mengarahkan korban untuk segera melakukan transaksi.
  4. Mengarahkan calon korban untuk melakukan transaksi diluar marketplace (melalui transfer, top up emoney, dan pembayaran QRIS).
  5. Sosial media tidak resmi (tidak Verified) dan akun dibuat menyerupai brand lain.
  6. Tidak ditemukan testimoni dari pembeli dan akun social media yang terlihat seperti baru dibuat.

Kasus penipuan online ini memang terlihat simple, namun dapat berisiko kerugian yang sangat besar bagi korbannya. Maka dari itu, pastikan untuk tetap tenang dan tidak mengikuti arahan pelaku. Lakukan cross check terhadap pihak lain (kredibilitas sosial media dan website resmi) dan tidak lupa lakukan pemeriksaan rekam jejas rekening tujuan. Jangan bagikan informasi pribadi (Nomor Kartu Debit/Kredit, CVV, expired date, password, PIN, dan OTP).

Mengindikasi aktivitas mencurigakan?

Segera hubungi TANYA OCBC 1500999 atau +62-21-26506300 (dari luar negeri) dan pilih layanan “Nasabah Bisnis” atau WhatsApp ke 08121500999.

Ingat! Kejahatan bisa terjadi pada siapa saja dan dimana saja. Pastikan Anda tetap berhati-hati.


Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 18 Apr 2024

Hati Senang, Pikiran Tenang dengan Cegah Penipuan!

Baca

Tips & Trick - 13 Mar 2024

PENIPUAN PAJAK KIAN MEREBAK, JANGAN SAMPAI TERJEBAK!

See All

Produk Terkait

Cash Management

Cash Management

Kelola bisnis jadi lebih mudah dan nyaman

Download OCBC mobile