5 Cara Sedekah Subuh di Rumah Sendiri, Mudah dan Dapat Pahala!

22 Mar 2024

Salah satu kegiatan mulia dan bisa menjadi amal jariyah bagi pelakunya adalah sedekah. Tak harus banyak, sedekah bisa dimulai dari kecil loh. Misalnya sedekah subuh dari rumah sendiri.

Umat Islam mungkin sudah tahu bahwa waktu subuh memiliki keistimewaan tersendiri. Dibandingkan waktu yang lain, waktu subuh sangat disarankan untuk bersedekah.

Seruan untuk berbagi ke sesama ini disebutkan dalam firman Allah SWT dalam QS Al Baqarah ayat 245 yang berbunyi:

Man żallażī yuqriḍullāha qarḍan ḥasanan fa yuḍā’ifahụ lahū aḍ’āfang kaṡīrah, wallāhu yaqbiḍu wa yabṣuṭu wa ilaihi turja’ụn”.

Artinya: “Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan memperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan.”

Baca Juga: 10 Fungsi Zakat dalam Islam, Salah Satunya Membersihkan Harta

Sementara itu waktu yang disebut sangat istimewa untuk bersedekah adalah saat subuh. Hal itu karena saat subuh, ada dua malaikat yang berdoa untuk umat Muslim.

Keistimewaan sedekah subuh diterangkan dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim. Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, Rasulullah SAW berkata:

"Setiap pagi, dua malaikat turun mendampingi seorang hamba. Yang satu mendoa: Wahai, Tuhan! Berikanlah ganti rugi bagi dermawan yang menyedekahkan hartanya. Dan Malaikat yang satu lagi berkata: `Ya Allah, musnahkanlah harta orang-orang yang bakhil." (HR Bukhari dan Muslim).

Maksud dari hadis tersebut adalah, setiap umat Muslim melakukan sedekah subuh, malaikat akan berdoa kepada Allah SWT agar senantiasa memberi kita dengan rezeki yang melimpah. Sebaliknya, malaikat mendoakan kita miskin jika enggan bersedekah.

Seperti sedekah pada umumnya, sedekah subuh juga bertujuan untuk memberikan sesuatu ke orang yang membutuhkan.  Berita baiknya, kamu bisa melakukan sedekah subuh dari rumah.

Buat kamu yang memiliki keterbatasan, tak bisa keluar dari rumah misalnya, bisa melakukan sedekah subuh tanpa harus menyalurkan infaq ke masjid atau tetangga sekitar.

Baca Juga: 6 Doa Melancarkan Rezeki dan Usaha yang Halal, Yuk Amalkan!

Lalu, bagaimana cara bersedekah subuh dari rumah sendiri? Yuk simak terus artikel ini.

Cara Sedekah Subuh di Rumah

Buat kamu yang ingin berbagi, mengamalkan sedekah subuh ini sangat disarankan. Nah sebelum menunaikan sedekah subuh, sebagai umat Muslim kita dianjurkan untuk melafalkan doa terlebih dahulu. Bacaan niat untuk sedekah subuh bisa kamu simak berikut ini:

نَوَيْتُ التَّقَرُّبَ اِلَى اللهِ تَعَالَى وَاتِّقَاءَ غَضَبِ الرَّبِّ جل جلاله وَاتِّقَاءَ نَارِ جَهَنَّمَ وّالتَّرَحُّمَ عَلَى الاخْوَانِ وَصِلَةَ الرَّحِمِ وَمُعَاوَنَةَ الضُّعَفَاءِ وَمُتَابَعَةَ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم وَاِدْخَالَ السُّرُوْرِ عَلَى اْلاِخْوَانِ وَدَفْعِ البَلاَءِ عَنْهُ وَعَنْ سَائِرِ اْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلاِنْفاقَ مِمَّا رَزَقَهُ الله وَقَهْرَ النّْفسِ والشّيطان

Nawaitu taqorruba ilallahi ta'ala wattuqoaa ghadlabir rabbi jalla jalaluhu wattiqoa nari jahannama wattarakhkhuma 'ala ikhwani wa shilatur rahimi wa mu'awanatadh dlu'afai wa mutaba'atan nabiyyi shallallahu 'alaihi wa sallama wa idkholas sururi 'alal ikhwani wa daf'il balai 'anhu wa 'an sairil Muslimina wal infaqo mimma razaqohullahu wa qohran nafsi wasy syaithoni.

Artinya: "Aku niat (bersedekah) untuk mendekatkan diri kepada Allah, menghindari murka Tuhan, menghindari api neraka jahanam, berbelas kasih kepada saudara dan menyambung silaturahmi, membantu orang-orang yang lemah, mengikuti Nabi saw., memasukkan kebahagiaan pada saudara, menolak turunnya dari mereka dan semua kaum Muslimin, menafkahkan rizki yang diberikan oleh Allah, dan untuk mengalahkan nafsu dan setan.”

Kalau sudah selesai membaca niat, langkah selanjutnya adalah menunaikan sedekah subuh itu sendiri. Ada berbagai macam cara yang bisa kamu pilih dan terapkan. Seperti apa caranya, yuk kita simak penjelasan berikut:

1.  Titip Uang untuk Infaq Masjid

Kalau kamu punya kesulitan untuk pergi ke masjid sendiri ketika waktu subuh tiba, kamu tak perlu risau. Salah satu alternatifnya adalah dengan menitipkan uang yang ingin kamu sedekahkan untuk kotak amal yang ada di masjid.

Meski tidak bisa mengisi kotak infaq secara langsung, Allah SWT tetap memberi keberkahan pada rezeki yang kamu sedekahkan. Tentunya jangan lupa teguhkan niat untuk bersedekah dengan ikhlas dan karena Allah SWT.

2.  Celengan Sedekah Subuh

Layaknya menabung, kamu bisa membuat celengan khusus untuk melakukan sedekah subuh. Berapapun nominal yang ingin kamu sedekahkan, langsung saja masukkan ke dalam celengan ketika waktu ibadah subuh.

Tentu hal ini bisa dilakukan, namun kamu juga harus memperbaiki niat untuk sedekah, bukan menabung. Nah nanti setelah uang sedekah subuh terkumpul, kamu bisa menyalurkannya ke kotak amal masjid terdekat. Sangat mudah, bukan?

3.  Berbagi Sarapan ke Orang Membutuhkan

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk sedekah dari rumah adalah dengan menyiapkan atau membeli makanan untuk sedekah subuh. Kamu bisa memberi sarapan bagi mereka yang membutuhkan.

Jadi jika ada pertanyaan apakah uang sedekah boleh dikonversi ke makanan, jawabannya adalah diperbolehkan.

Di samping itu, mengawali hari dengan memberikan makan pagi kepada mereka yang membutuhkan pastinya meninggalkan kebahagiaan tersendiri. Dengan begitu, orang-orang yang menerima rezeki tersebut juga tidak perlu bingung mencari sarapan di pagi hari.

4.  Mengirim Uang

Selanjutnya, cara sedekah subuh yang bisa kamu coba adalah dengan mengirimkan uang atau rezeki di waktu ibadah subuh kepada keluarga atau kerabat dekat yang membutuhkan.

Memberi rezeki di waktu subuh akan mendatangkan pahala. Di sisi lain, penerima rezeki sedekah subuh juga akan mengawali pagi mereka dengan perasaan bahagia. Orang yang sedang berbahagia biasanya suka mendoakan.

Kamu juga tak perlu repot-repot ke ATM untuk sekadar mengirim uang. Kamu tinggal ambil ponsel kamu dan buka aplikasi OCBC mobile. Dengan OCBC mobile kamu bisa melakukan berbagai transaksi keuangan termasuk mentransfer dana kepada orang yang membutuhkan sebagai bentuk sedekah.

Selain mengirim uang, kamu juga bisa membeli barang untuk disedekahkan dan melakukan pembayaran dengan OCBC mobile. Gampang banget kan untuk bersedekah dengan OCBC mobile?

Untuk mendapatkan berbagai kemudahan dari OCBC mobile, kamu tinggal download aplikasinya di App Store atau Play Store. Setelah itu, kamu bisa membuka rekening Nyala dengan lima langkah mudah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi OCBC Mobile, klik ‘Daftar OCBC Mobile’ lalu pilih ‘Saya Belum Punya Rekening’
  2. Pilih layanan ‘Nyala’, buat akun dan aktifkan Nyala. Siapkan E-KTP dan klik ‘Ajukan Produk’
  3. Lengkapi data diri, lalu pilih kartu debit dan lokasi pengiriman kartu
  4. Verifikasi video, lalu kamu akan mendapat Nomor Rekening dan User ID. Masukkan User ID dan Password sementara yang dikirim via SMS
  5. Buat Password dan PIN Transaksi, lalu setujui syarat dan ketentuan
  6. Lakukan setoran awal dan rekening bisa digunakan

Transaksi di OCBC mobile juga dijamin aman karena setiap transaksi dilindungi Two-Factor Authentication (2FA) dengan penggunaan User ID, Password serta PIN transaksi yang hanya diketahui oleh kamu sebagai pengguna. Jadi tunggu apa lagi, yuk segera pakai OCBC mobile!

5.  Berdzikir

Tahu nggak, melakukan sedekah ternyata tidak melulu harus dengan materi loh. Kebiasaan berdzikir dengan hati yang bersih juga dihitung sebagai sedekah. Sedekah semakin mudah jika ada kemauan, bukan?

Selain itu, kamu yang punya kebiasaan salat subuh di masjid, setiap langkah kaki kalian untuk menunaikan ibadah itu juga terhitung sebagai amalan baik. Jadi tunggu apalagi?

Baca Juga: Zakat Tabungan: Syarat, Jenis, dan Cara Menghitungnya

mengetahui tentang sedekah subuh, apakah kamu berniat mencoba? Kalau iya, tunggu apalagi mengingat caranya sangat mudah dilakukan dan bisa dari rumah sendiri. Selamat bersedekah, semoga berkah!


Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 27 Mei 2024

Ingin Liburan ke Cappadocia? Yuk Cek Cara Bikin Visa Turki Berikut!

Baca

Edukasi, Tips & Trick - 27 Mei 2024

Umur 30 Tidak Punya Tabungan? Ini Langkah untuk Perbaiki Finansial Kamu

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile