7 Golongan yang Berhak Menerima Sedekah Subuh dan Urutannya

26 Mar 2024

Dalam Islam, diterangkan siapa saja orang yang berhak menerima sedekah, termasuk dalam hal sedekah subuh. Tentu ini menjadi hal yang perlu diketahui, sehingga kita bisa memberikannya dengan tepat sasaran.

Mendapatkan rezeki merupakan sesuatu yang didambakan banyak orang. Baik mereka dengan kondisi yang cukup, mampu, terutama fakir. Sementara itu, sedekah hendaknya dibagikan kepada mereka yang benar-benar membutuhkan sehingga tidak salah sasaran.

Bagi kalian yang  belum tahu siapa saja yang berhak menerima sedekah subuh. Yuk cari tahu bersama!

Baca Juga: Cara Melakukan Sedekah Subuh Online dan Hukumnya

1. Anak-anaknya

Dalam Islam juga diterangkan siapa yang paling layak menerima sedekah. Dalam Fiqh Sunnah kitab Sayyid Sabiq disebutkan bahwa anak merupakan pihak yang paling layak menerimanya. Kemudian barulah keluarga dan kerabat. Jadi orang tua diperbolehkan untuk memberikan sedekah subuh ke anak sendiri.

Selain itu, Rasulullah SAW turut bersabda dalam hadis riwayat Muslim dan Abu Daud. Rasul bersabda, “Cukup besar dosa seseorang jika dia menyia-nyiakan tanggungannya.” Dalam hal ini yang dimaksud adalah anak, yang menjadi tanggungan setiap orang tua.

2. Keluarga

Selanjutnya, orang yang berhak menerima sedekah subuh adalah keluarga. Ketika ingin bersedekah, seseorang sebaiknya mengutamakan keluarga terlebih dahulu. Alasannya karena mereka adalah orang yang paling dekat dan mudah kita jangkau.

Jadi sebelum bersedekah kepada orang lain, pastikan keluarga terdekat kita sudah tercukupi kebutuhannya. Pasalnya, sedekah ke keluarga sendiri ini termasuk nafkah yang harus dipenuhi.

3. Kerabat

Selain kepada keluarga, kerabat menjadi orang yang berhak menerima sedekah subuh. Kerabat yang dimaksud adalah orang yang memiliki ikatan darah namun di luar keluarga inti. Tante, om, sepupu merupakan contoh kerabat yang berhak menerima sedekah subuh.

Memberikan sedekah subuh kepada kerabat juga dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Namun dengan catatan bahwa kita sudah selesai mencukupi kebutuhan sendiri maupun keperluan keluarga inti.

4. Tetangga

Berikutnya, tetangga juga menjadi orang yang berhak menerima sedekah subuh. Sering kali kita terlalu jauh menatap dunia luar, hingga lupa masih ada tetangga di sekitar rumah yang membutuhkan uluran tangan kita.

 Baca Juga: Bayar Hutang Dulu atau Sedekah Dulu, Mana yang Lebih Utama?

Sebagai muslim kita diajarkan untuk selalu menjaga tali silaturahmi. Hubungan dengan tetangga ini menjadi salah satu yang harus kita jaga dan hormati. Salah satu bentuknya adalah dengan bersedekah kepada mereka sebagai wujud kasih sayang dalam bertetangga.

Sedekah ke tetangga juga nggak melulu harus uang, namun juga bisa dalam bentuk lain. Pakaian bekas, barang bagus yang sudah tidak terpakai, berbagi makanan juga menjadi cara untuk bersedekah kepada tetangga yang membutuhkan.

5. Orang yang Membutuhkan

Saat membicarakan soal sedekah, kita pasti mengatakan hal tersebut dilakukan untuk orang yang membutuhkan. Nah mereka yang dimaksud beberapa di antaranya sebagai berikut:

  • Fakir miskin
  • Anak yatim
  • Musafir
  • Dhuafa
  • Janda dan duda

6. Lembaga Penyalur

Saat ini sudah banyak lembaga penyalur sedekah yang dapat kita manfaatkan. Lembaga-lembaga ini merupakan sarana dan wadah yang cepat juga efisien. Mereka akan membantu kita menyalurkan sebagian rezeki kita ke orang yang membutuhkan, yang mungkin belum bisa kita jangkau sendiri secara langsung.

Selain itu, lembaga penyalur juga amanah dan terpercaya. Jadi jika ingin bersedekah melalui mereka, kamu nggak perlu khawatir. Rezeki yang disedekahkan akan sampai ke tangan yang tepat.

Golongan yang Tidak Berhak Menerima Sedekah

Setelah membahas mengenai siapa saja yang berhak menerima sedekah, kini kamu perlu bahwa ada juga golongan orang yang tidak berhak untuk menerimanya. Siapa saja mereka di antaranya sebagai berikut.

1. Bani Hasyim, yaitu Rasulullah SAW dan kerabatnya

2. Orang kaya

3. Orang dengan fisik kuat dan penghasilan cukup

4. Orang yang tercukupi nafkahnya oleh yang menanggungnya

5. Budak

6. Orang kafir

Keutamaan Sedekah

Seperti yang telah diketahui, sedekah merupakan amalan mulia yang disarankan oleh Allah SWT. Tentu tidak serta merta dianjurkan begitu saja, namun ada keutamaan di balik pelaksanaannya. Di antaranya adalah:

  • Musaddiq termasuk salah satu dari tujuh golongan yang dinaungi di akhirat nanti
  • Sebagai pelindung di padang mahsyar
  • Sedekah sebagai perisai dari api neraka
  • Tanda ketakwaan
  • Sebagai pembersih harta dan mensucikannya dari kotoran
  • Sebagai penghapus dosa dan kesalahan
  • Allah SWT akan melipatgandakan pahala orang bersedekah
  • Sebagai obat dari berbagai macam penyakit jasmani maupun rohani

Nah itu dia daftar orang-orang yang berhak menerima sedekah subuh. Jadi nanti saat kamu ingin bersedekah, usahakan untuk sesuai urutan dan tidak salah sasaran ya.

Sekarang kamu tidak perlu mendatangi langsung jika ingin bersedekah subuh karena sudah bisa dilakukan secara online. Kamu tinggal ambil ponsel kamu dan buka aplikasi OCBC mobile.

Dengan OCBC mobile kamu bisa melakukan berbagai transaksi keuangan termasuk mentransfer dana kepada orang yang membutuhkan sebagai bentuk sedekah, termasuk sedekah subuh.

Selain mengirim uang, kamu juga bisa membeli barang untuk disedekahkan dan melakukan pembayaran dengan OCBC mobile. Pokoknya mudah banget kalau pakai OCBC mobile.

Untuk mendapatkan berbagai kemudahan dari OCBC mobile, kamu tinggal download aplikasinya di App Store atau Play Store. Setelah itu, kamu bisa membuka rekening Nyala dengan enam langkah mudah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi OCBC Mobile, klik ‘Daftar OCBC Mobile’ lalu pilih ‘Saya Belum Punya Rekening’
  2. Pilih layanan ‘Nyala’, buat akun dan aktifkan Nyala. Siapkan E-KTP dan klik ‘Ajukan Produk’
  3. Lengkapi data diri, lalu pilih kartu debit dan lokasi pengiriman kartu
  4. Verifikasi video, lalu kamu akan mendapat Nomor Rekening dan User ID. Masukkan User ID dan Password sementara yang dikirim via SMS
  5. Buat Password dan PIN Transaksi, lalu setujui syarat dan ketentuan
  6. Lakukan setoran awal dan rekening bisa digunakan

Baca Juga: Zakat Tabungan: Syarat, Jenis, dan Cara Menghitungnya

Transaksi di OCBC mobile juga dijamin aman karena setiap transaksi dilindungi Two-Factor Authentication (2FA) dengan penggunaan User ID, Password serta PIN transaksi yang hanya diketahui oleh kamu sebagai pengguna. Jadi tunggu apa lagi, yuk segera pakai OCBC mobile!

Setelah mengetahui tentang sedekah subuh, apakah kamu berniat mencoba? Kalau iya, tunggu apalagi mengingat caranya sangat mudah dilakukan dan bisa dari rumah sendiri. Selamat bersedekah, semoga berkah!

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 27 Mei 2024

Ingin Liburan ke Cappadocia? Yuk Cek Cara Bikin Visa Turki Berikut!

Baca

Edukasi, Tips & Trick - 27 Mei 2024

Umur 30 Tidak Punya Tabungan? Ini Langkah untuk Perbaiki Finansial Kamu

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile