Manfaat, Jenis, dan Biaya Asuransi KPR yang Perlu Kamu Ketahui

18 Apr 2024

Kamu yang berencana mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) harus mengetahui manfaat dan jenis asuran KPR, termasuk biaya yang harus dibayarkan untuk polisnya.

Dengan mengetahui seluk beluk tentang asuransi KPR, kamu bisa mendapat gambaran utuh tentang pentingnya polis asuransi. Kamu juga akan mengetahui ada biaya lain yang dibebankan kepada debitur, selain biaya pokok hutang dan bunga.

Baca juga: Tips dan Solusi Cari Pinjaman Tanpa Riba dengan Aman

Manfaat Asuransi KPR

Secara umum asuransi adalah perjanjian antara perusahaan asuransi sebagai penanggung dan pemegang polis sebagai tertanggung. Dalam perjanjian itu, tertanggung akan membayar sejumlah uang sebagai premi untuk mendapat pertanggungan dari risiko.

Salah satu produk asuransi adalah asuransi properti atau asuransi rumah tinggal. Asuransi ini adalah perlindungan terhadap rumah atau properti dari risiko yang mengancam di masa depan.

Produk asuransi biasanya juga termasuk dalam akad KPR. Tujuannya adalah untuk melindungi rumah dari kondisi darurat yang mungkin terjadi dan menyebabkan kerusakan pada rumah atau kegagalan debitur untuk menunaikan tanggung jawabnya.

Berikut adalah beberapa manfaat produk asuransi KPR yang perlu kamu ketahui.

1. Perlindungan Terhadap Kerusakan

Asuransi KPR memberikan perlindungan yang penting terhadap kerusakan atau kerugian yang mungkin terjadi pada rumah. Perlindungan ini mencakup berbagai risiko seperti kebakaran, banjir, gempa bumi, pencurian, dan kerusakan struktural lainnya.

Dengan asuransi, jika terjadi kejadian yang tidak terduga seperti kebakaran atau banjir yang mengakibatkan kerusakan serius pada rumah, kamu tidak perlu khawatir tentang biaya besar yang mungkin diperlukan untuk perbaikan.

Pasalnya, semua biaya akan ditanggung oleh perusahaan asuransi, sehingga meringankan beban keuangan.

2. Perlindungan Terhadap Tanggung Jawab Hukum

Selain melindungi properti, asuransi rumah KPR juga melindungi kamu dari risiko tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga.

Misalnya, jika ada tetangga yang mengalami cedera atau kerusakan properti akibat kejadian yang terjadi di rumahmu, asuransi akan menanggung biaya pengobatan, ganti rugi, atau biaya hukum yang mungkin timbul dari klaim tersebut.

Hal ini membantu menjaga stabilitas keuangan dan melindungimu dari beban finansial yang besar yang mungkin timbul akibat tuntutan hukum.

3. Perlindungan dalam Situasi Darurat

Salah satu manfaat penting dari asuransi rumah KPR adalah perlindungan tambahan yang ditawarkan dalam situasi darurat. Kondisi darurat ini mencakup kehilangan pekerjaan atau mengidap penyakit kronis yang mengganggu kemampuan dalam membayar cicilan KPR.

Beberapa polis asuransi menawarkan opsi pembayaran premi atau bahkan menangguhkan pembayaran cicilan KPR untuk sementara waktu.

4. Ketenangan Pikiran

Dengan memiliki asuransi KPR, kamu akan mendapatkan ketenangan pikiran karena properti sudah dilindungi dari risiko dan kerugian.

Pada akhirnya, ketenangan pikiran ini akan membuatmu lebih fokus dalam bekerja dan menghasilkan uang untuk menyelesaikan tanggung jawab atau cicilan KPR.

Baca juga: 9 Cara Beli Rumah Tanpa Riba, Lebih Aman & Terjangkau

Jenis Asuransi KPR

Ada beberapa jenis asuransi yang biasa dimasukkan dalam klausul perjanjian KPR. Berikut beberapa jenis asuransi KPR yang perlu kamu ketahui.

1. Asuransi Rumah

Pertama adalah asuransi rumah. Polis asuransi ini akan melindungi rumah dari berbagai kerusakan dan risiko yang disebabkan bencana alam seperti banjir, kebakaran, hingga all risk.

Ketika kerusakan dan risiko-risiko itu terjadi, pihak perusahaan asuransi akan mengganti seluruh biaya yang diperlukan. Premi bisa diberikan dalam bentuk pemberian dana untuk perbaikan, atau mengganti biaya perbaikan.

2. Asuransi Jiwa KPR

Jenis produk ini juga dikenal dengan istilah asuransi jiwa kredit. Produk Asuransi Jiwa KPR adalah produk kerja sama bank dan perusahaan asuransi untuk memberikan manfaat dan perlindungan dalam bentuk pelunasan kredit apabila debitur meninggal dunia.

Asuransi Jiwa KPR ini sangat penting untuk memberikan perlindungan tidak hanya bagi debitur, tapi juga ahli waris. Pasalnya, ahli waris tidak perlu menanggung hutang cicilan karena semua akan dilunasi oleh perusahaan asuransi.

3. Asuransi Sakit Keras

Tak hanya kehilangan nyawa atau meninggal dunia, dalam KPR kamu juga bisa membeli produk Asuransi Sakit Keras atau Critical Illness Plan.

Cara kerja asuransi ini sama seperti Asuransi Jiwa. Pihak perusahaan akan menanggung pelunasan cicilan ketika debitur penerima manfaat menderita penyakit kronis sehingga tidak punya kemampuan untuk menunaikan tanggung jawabnya.

Baca juga: 7 Tips Renovasi Rumah Hemat Biaya dan Murah, Yuk Simak!

Biaya Asuransi KPR

Berapa biaya asuransi rumah KPR tersebut? Dalam hal ini, kamu perlu nilai bangunan, dengan rumus sebagai berikut:

Nilai bangunan = luas bangunan x biaya pembangunan

                                = 60 meter persegi x Rp4 Juta per meter persegi

                                = Rp240 Juta

Setelah mengetahui nilai bangunan yang diasuransikan, berikutnya adalah menghitung rate premi asuransi rumah. Sebagai informasi rate premi setiap perusahaan asuransi berbeda-beda.

Misalnya, rate premi perusahaan asuransi yang dipilih adalah 0,2194%, maka perhitungan premi yang harus dibayar per tahun adalah:

Rp240 Juta x 0,2194% = Rp526.560 per tahun.

Itu dia ulasan mengenai asuransi dari segi manfaat, jenis, dan biaya yang harus kamu ketahui sebelum mengajukan KPR.

Bagaimana, sudah mantap mengajukan KPR? Jika iya, kamu bisa memilih produk KPR Kendali dari OCBC yang menawarkan banyak keuntungan!

Dengan KPR Kendali dari OCBC, kamu bisa mengendalikan besaran bunga dan tenor KPR lewat saldo tabungan. Selain itu, tenor cicilan yang ditawarkan juga panjang, yaitu mencapai 25 tahun.

Pengajuannya mudah melalui OCBC mobile dengan syarat sebagai berikut

  • Warga Negara Indonesia
  • Berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah
  • Usia maksimal:
    • Karyawan: 55 tahun pada saat jangka waktu kredit berakhir
    • Pengusaha/Profesional: 70 tahun pada saat jangka waktu berakhir
  • Memiliki penghasilan tetap

OCBC menawarkan bunga KPR Kendali hingga 0% untuk membeli properti di Sinar Mas Land melalui Program Infinite Living.

Promo ini berlangsung mulai 1 Maret sampai 30 Juni 2024, dengan penawaran berupa:

  • Bunga KPR Kendali hingga 0%
  • Diskon hingga 26% dari harga jual
  • Subsidi DP hingga 20%
  • Insentif PPN

Syarat & Ketentuan Berlaku, info lebih lanjut web.ocbc.id/kpr-infinite.

Baca juga: Klaim Asuransi: Pengertian, Tujuan, Prosedur, dan Tipsnya


Story for your Inspiration

Baca

Investasi - 17 Mei 2024

ST012 – Pilihan berharga untuk masa depan sejahtera, bersama lestarikan bumi kita

Baca

Investasi - 17 Mei 2024

Strategi Barbel untuk Portofolio Obligasi Anda

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile