Rekening Koran untuk KPR: Fungsi dan Cara Dapatnya

18 Apr 2024

Rekening koran menjadi salah satu dokumen yang wajib dilampirkan saat pengajuan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Lalu apa fungsi rekening koran untuk KPR dan bagaimana cara dapatnya?

Dalam perbankan, rekening koran menjadi salah satu fasilitas yang disediakan bank untuk nasabahnya. Dengan rekening koran, nasabah bisa mengakses data transaksi uang keluar dan masuk dalam jangka waktu tertentu.

Baca juga: Laporan Keuangan Sederhana - Cara Membuat dan Contohnya

Mengenal Rekening Koran

Rekening koran berasal dari bahasa Belanda yaitu courant. Istilah ini juga dikenal dalam bahasa Inggris, yaitu courant account.

Adapun pengertian rekening koran adalah dokumen dari bank yang berisikan informasi secara menyeluruh berupa aktivitas keuangan suatu rekening mulai dari saldo awal dan akhir bulan, transaksi yang dilakukan menggunakan debit maupun kredit, hingga transfer antar nasabah.

Rekening koran bisa didapat atau dicetak melalui bank ketika nasabah mengajukannya. Namun, ada pula bank tertentu yang rutin mengirimkan data keuangan kepada nasabahnya secara berkala

Seiring berkembangnya teknologi pada dunia perbankan, riwayat transaksi berupa rekening koran bisa dicek melalui mobile banking ataupun internet banking pada fitur mutasi rekening. Meskipun begitu, mutasi rekening tak bisa menggantikan posisi courant account.

Pasalnya, informasi yang ada dalam mutasi rekening hanyalah riwayat transfer masuk dan keluar. Selain itu, waktu pengecekan mutasi pun sangat terbatas mulai dari 7 sampai 30 hari, sehingga nasabah tetap harus mencetak rekening koran ketika memerlukan data yang lebih lama.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa data yang disajikan courant account lebih lengkap dan detail daripada mutasi rekening. Bahkan karena hal tersebut, dokumen ini memiliki fungsi penting bagi nasabah.

Baca juga: Kenali 5 Jenis Laporan Keuangan dan Contohnya, Apa Saja?

Fungsi Rekening Koran untuk KPR

Seperti yang disinggung di atas, rekening koran menjadi dokumen penting yang harus dilampirkan saat kamu akan mengajukan pinjaman dalam angka besar ke bank.

Salah satunya adalah pengajuan KPR. Kamu perlu menyertakan rekening koran minimal 3 bulan terakhir. Lalu apa fungsi rekening koran dalam pengajuan KPR ini? Berikut beberapa di antaranya:

1. Memastikan Pendapatan

Rekening koran adalah salah satu dokumen yang paling penting dalam pengajuan KPR karena memuat catatan transaksi keuangan calon debitur selama periode tertentu.

Bank akan melihat riwayat transaksi ini untuk memverifikasi pendapatan bulanan calon debitur. Informasi ini sangat penting karena bank perlu memastikan bahwa calon debitur memiliki pendapatan yang cukup untuk membayar cicilan KPR secara rutin dan tepat waktu.

Dengan memeriksa pendapatan yang tercatat dalam rekening koran, bank bisa menilai kestabilan finansial calon debitur dan kemampuannya untuk memenuhi kewajiban pembayaran KPR.

2. Pemantauan Pengeluaran

Selain pendapatan, bank juga tertarik untuk mengetahui pola pengeluaran bulanan calon debitur. Rekening koran mencatat semua transaksi keluar, termasuk tagihan rutin, biaya hidup, dan kewajiban keuangan lainnya.

Bank akan menganalisis pola pengeluaran ini untuk memastikan bahwa calon debitur memiliki kontrol yang baik atas keuangan mereka dan mampu mengelola kewajiban finansial, termasuk cicilan KPR, tanpa mengalami kesulitan keuangan.

3. Menghitung Cash Flow

Cash flow atau aliran kas adalah perbedaan antara pendapatan dan pengeluaran bulanan. Bank menggunakan informasi dari rekening koran untuk menghitung cash flow calon debitur, yang memberikan gambaran tentang kemampuan calon debitur untuk membayar cicilan KPR.

Cash flow yang positif menunjukkan bahwa calon debitur memiliki pendapatan yang cukup untuk memenuhi kewajiban pembayaran cicilan KPR, sementara cash flow yang negatif menunjukkan bahwa calon debitur berisiko mengalami kesulitan keuangan dan gagal membayar cicilan KPR secara konsisten.

4. Bukti Transaksi Keuangan

Rekening koran juga berfungsi sebagai bukti transaksi keuangan calon debitur. Bank memerlukan dokumentasi resmi untuk memverifikasi informasi yang diberikan oleh calon debitur selama proses pengajuan KPR.

Rekening koran yang teratur dan lengkap membantu bank dalam melakukan audit dan memastikan keabsahan informasi yang diberikan oleh calon debitur.

5. Memastikan Kepatuhan Perbankan

Terakhir, bank menggunakan rekening koran untuk memeriksa apakah calon debitur mematuhi peraturan perbankan dan memiliki catatan keuangan yang baik.

Rekening koran yang bersih, tanpa adanya catatan kredit yang buruk atau masalah pembayaran lainnya, meningkatkan kepercayaan bank terhadap calon debitur.

Bank cenderung memberikan persetujuan KPR kepada calon debitur yang memiliki rekam jejak keuangan yang baik dan mematuhi kewajiban keuangan mereka secara tepat waktu.

Baca juga: 5 Manfaat Laporan Keuangan untuk Bisnis & Contoh Laporannya

Cara Dapat Rekening Koran

Salah satu bank yang mensyaratkan rekening koran sebagai dokumen persyaratan pengajuan KPR adalah OCBC. Alasannya sama seperti fungsi rekening koran tersebut, yaitu untuk memastikan kemampuan finansial calon debitur dalam menunaikan kewajibannya.

Rekening koran tercatat sebagai dokumen yang perlu dilampirkan saat mengajukan salah satu dari tiga produk KPR OCBC, yaitu KPR Easy Start, KPR Kendali, dan KPR Properti Komersial.

Lalu bagaimana cara mendapatkan rekening koran bank OCBC? Kamu bisa mencetak rekening koran OCBC dengan dua cara, yaitu secara online maupun offline.

Mencetak rekening koran secara offline tentu saja harus dilakukan dengan mendatangi kantor cabang OCBC terdekat. Berikut caranya:

  • Datang ke Kantor Cabang OCBC terdekat
  • Bawa KTP, Kartu Debit, dan Buku Tabungan
  • Ambil nomor antrean Teller, tunggu hingga dipanggil
  • Saat dipanggil, sampaikan maksud untuk mencetak rekening koran dan serahkan dokumen yang dibawa
  • Teller akan memproses pencetakan rekening koran

Selain itu, kamu juga bisa mencetak rekening koran melalui OCBC mobile, yaitu bank digital dari OCBC yang memudahkan dalam transaksi sehari-hari. Caranya sebagai berikut:

  • Buka dan login ke aplikasi OCBC mobile
  • Pilih menu “Finansial”
  • Klik “Saldo Aktif” pada section simpanan
  • Pilih mata uang yang ingin dicetak rekening korannya
  • Klik tiga titik di kanan atas
  • Jika sudah muncul informasi rekening, klik “Download e-Statement
  • Filter periode menjadi “Semua Periode”
  • Klik Download
  • Masukkan password
  • Rekening koran akan muncul di layar

Baca juga: Ini Dia Rekomendasi Bank untuk Menabung dan Tips Memilihnya


Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 27 Mei 2024

Ingin Liburan ke Cappadocia? Yuk Cek Cara Bikin Visa Turki Berikut!

Baca

Edukasi, Tips & Trick - 27 Mei 2024

Umur 30 Tidak Punya Tabungan? Ini Langkah untuk Perbaiki Finansial Kamu

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile