7 Pengusaha Muda Indonesia Tersukses & Kisah Inspiratifnya

12 Okt 2023 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Ingin menjadi pengusaha muda sukses tapi tidak tahu caranya? Yuk belajar dari 7 pengusaha muda Indonesia dan kisah inspiratif mereka!

Siapa tidak ingin jadi sukses dan kaya di usia muda? Akan tetapi siapa sangka, menjadi pengusaha muda sukses bukanlah sesuatu yang mudah. Ada banyak biaya, waktu, dan pengorbanan perlu dilakukan. Jika tidak punya karakter ulet, tekun, ambisius, dan mau bekerja keras, impian menjadi salah satu pengusaha muda sukses tidak akan bisa tercapai.

Apakah Anda juga punya mimpi membuka usaha di usia muda? Dalam artikel istimewa ini, OCBC NISP akan membahas kisah inspiratif 7 pengusaha muda sukses, sekaligus cara agar Anda bisa menyusul mereka.

7 Pengusaha Muda Sukses di Indonesia & Kisah Inspiratifnya

Sebenarnya, ada banyak pengusaha muda Indonesia yang sukses. Beberapa di antaranya mewarisi kekayaan orang tua dan berhasil mengembangkannya. Namun, beberapa yang lain berjuang sendiri membangun bisnis dari nol hingga jadi besar, di bawah ini adalah 7 di antaranya.

  1. Achmad Zaky, Bukalapak
    Pengusaha muda sukses dari nol pertama adalah Achmad Zaky, founder sekaligus ex-CEO dari marketplace Bukalapak. Kisah inspiratif pengusaha muda satu ini bermula dari kecintaan Zaky terhadap teknologi sejak usia SD. Meski sempat tinggal di daerah tanpa listrik pelosok Jawa Tengah, semangat Zaky mempelajari pemrograman tidaklah kendor.

    Berkat prestasi gemilangnya semasa SMA, Zaky akhirnya berhasil masuk Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Teknik Informatika pada tahun 2004. Demi menambah uang jajannya, Zaky harus berjualan mie ayam tiap pulang kuliah. Kegiatannya ini sempat membuatnya diolok-olok, tapi semangat wirausahanya tetap tidak kendur.

    Meski sibuk berjualan, Zaky tetap totalitas dari segi organisasi dan akademik. Semasa kuliah, pengusaha muda Indonesia satu ini aktif mengikuti rohis, Model United Nations (MUN), dan berhasil mewakili ITB dalam pertukaran pelajar di Oregon State University Amerika. Sejak lulus kuliah, Zaky mendedikasikan diri membangun Bukalapak yang jadi pelopor marketplace pertama di Indonesia.

  2. Hendra Kwik, Payfazz
    Kisah inspiratif pengusaha muda sukses dari nol berikutnya datang dari Hendra Kwik, co-founder sekaligus CEO Payfazz, pelopor aplikasi Point Payment Online Bank (PPOB) PAYFAZZ. Pada tahun 2019 lalu, pengusaha muda Indonesia ini berhasil masuk dalam daftar 30 Forbes Under 30 Asia, berkat sepak terjangnya di PAYFAZZ.

    Perjuangan Hendra hingga sampai titik ini tidak kalah hebatnya dengan Zaky. Walaupun semasa SMA Hendra bukan siswa berprestasi, begitu kuliah Hendra berusaha membalik keadaan dan berhasil menjadi Mahasiswa Berprestasi Nasional 2012 mewakili kampusnya, ITB. Prestasinya semasa kuliah ini yang membuatnya memperoleh beasiswa dan bisa menyelesaikan studinya.

    Latar belakang keluarganya yang kurang mampu membuat Hendra harus bekerja sampingan sambil berkuliah. Pengusaha muda Indonesia asal Jambi ini bahkan dijuluki "Mas-mas tukang donat" oleh orang-orang, karena selalu datang ke kampus sambil berjualan donat.

    Dari hasil jualan donatnya, Hendra Kwik akhirnya bisa membeli laptop pertamanya. Bermodalkan laptop tersebut, Hendra bersama kawan-kawannya membangun PAYFAZZ dan berhasil menjadi salah satu grup binaan Y Combinator di Silicon Valley Amerika Serikat pada tahun 2019.

  3. William Tanuwijaya, Tokopedia
    William Tanuwijaya adalah pengusaha muda Indonesia pendiri Tokopedia, salah satu marketplace terbaik antara 2019-2020 ini. Pemuda asal Sumatera Utara ini pernah menjadi penjaga warnet demi mencari tambahan penghasilan selama kuliah.

    Meski berasal dari keluarga dengan ekonomi pas-pasan, William berhasil mengangkat derajat orangtuanya saat berhasil lulus dari BINUS dan bekerja di salah satu perusahaan software terkemuka. Sembari bekerja, William dan salah seorang temannya bersama-sama membangun Tokopedia, hingga marketplace tersebut memperoleh pendanaan pertama dari venture capitalist di 2009.

  4. Nadiem Makarim, Gojek
    Berbeda dengan Zaky, Hendra, atau William, Nadiem Makarim berasal dari keluarga dengan latar belakang ekonomi dan pendidikan lebih baik. Akan tetapi, bukannya mewarisi kekayaan ortunya, Nadiem memilih memulai usaha dari nol dengan permodalannya sendiri.

    Setelah lulus S1 dari Brown University Amerika, Nadiem memutuskan pulang ke Indonesia dan bekerja di salah satu konsultan bisnis terkemuka. Setiap harinya, ia membutuhkan transportasi umum untuk bepergian. Sayangnya, transportasi umum di Jakarta posnya sangat berjauhan dan mengharuskan Nadiem jalan cukup jauh sampai ke sana.

    Berangkat dari masalah ini, Nadiem membayangkan betapa nyamannya bisa memesan transportasi umum dari mana dan kapan saja. Akhirnya tercetuslah ide mendirikan GOJEK, yang awalnya hanya berupa aplikasi pesan ojek online. Akan tetapi, setelah mendapat pendanaan venture capitalist pertama di tahun 2015, GOJEK berkembang menjadi superapp yang melayani berbagai transaksi.

  5. Gilang Widya Pramana, MS Glow
    Pernah dengar kabar soal pengusaha muda Indonesia yang dijuluki "Crazy Rich Malang"? Pemuda tersebut adalah Gilang Widya Pramana, co-founder produk perawatan MS Glow sekaligus pendiri belasan usaha lainnya. Beberapa waktu lalu, nama pengusaha satu ini sempat ramai setelah dikabarkan membeli jet pribadi.

    Meski berlatar belakang ekonomi berkecukupan (belum bisa disebut kaya), Gilang mendirikan seluruh lini bisnisnya hanya bersama istrinya. Usaha pertamanya berawal dari tempat cuci motor saat kuliah. Begitu lulus, Gilang berhasil mendirikan beberapa bisnis sekaligus dan akhirnya bisa masuk jajaran pengusaha muda terkaya di Indonesia.

  6. Dr. Tirta, Shoes & Care
    Kisah inspiratif pengusaha muda berikutnya dilalui oleh Tirta Mandira Hudhi, seorang dokter, influencer, brand ambassador, sekaligus pengusaha yang lebih terkenal dengan nama "dr. Tirta". Saat lulus SMA, dr. Tirta berhasil lolos Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM). Di sela-sela kesibukan belajar dan praktik medis, dr. Tirta juga membuka usaha jasa pencucian sepatu yang dinamai "Shoes & Care".

    Pendirian usaha cuci sepatu ini bermula dari rutinitas dr. Tirta membersihkan sepatu-sepatu barang dagangannya. Akhirnya bakat membersihkan sepatunya pun makin terkenal, hingga mendapat ratusan order tiap harinya. Berawal dari modal Rp400 ribu saja, dr. Tirta akhirnya berhasil membuka cabang Shoes & Care di banyak kota, termasuk Singapura.

    Akan tetapi, dr. Tirta tidak berpuas diri dengan pencapaiannya di Shoes & Care. Pengusaha asal Sleman ini juga mendirikan berbagai lini bisnis lain, menjadi Youtuber, dan menerima endorsement dari banyak usaha lainnya. Maka dari itu, tidaklah mengherankan jika dr. Tirta menjadi salah satu pengusaha muda terkaya di Indonesia.

  7. Yasa Singgih, Men’s Republic
    Kisah inspiratif pengusaha muda Indonesia terakhir datang dari Yasa Singgih, pendiri usaha sepatu pria Men's Republic. Pada tahun 2019 lalu, Yasa juga berhasil masuk dalam daftar 30 Under 30 Asia, di usianya yang baru menginjak 24 tahun.

    Yasa Singgih adalah salah satu pengusaha muda sukses dari nol yang perjuangannya paling memprihatinkan. Saat kelas 2 SMP, ayah Yasa mengalami serangan jantung dan harus menjalani operasi pemasangan ring. Akan tetapi, ayah Yasa menolak karena tidak mau biaya pendidikan anak-anaknya terganggu. Akhirnya sejak saat itu, di usia 15 tahun Yasa bertekad membuka usaha sendiri.

    Usaha pertama Yasa adalah berjualan kaos sablon melalui jaringan pertemanan dan Kaskus. Akan tetapi, perjalanan usaha tersebut tidaklah mulus. Pada usia 17, Yasa bahkan pernah menderita kerugian hingga ratusan juta rupiah.

    Meskipun demikian, Yasa tidak menyerah begitu saja. Bermodalkan sisa uang kepunyaannya, Yasa membuka beberapa bisnis lain dan mengalami kerugian pula. Akhirnya di usia 19 tahun, Yasa berhasil mendirikan Men's Republic dan membiayai kuliahnya sendiri dari keuntungan berjualan sepatu.

Cara Menjadi Pengusaha Muda Sukses dari Nol

Setelah membaca kisah-kisah inspiratif pengusaha muda di atas, apakah sobat OCBC NISP tergerak menjadi salah satunya? Jika ya, yuk kencangkan tekad Anda dan lakukan cara menjadi pengusaha muda sukses di bawah ini.

  1. Punya Keinginan Kuat dan Pantang Menyerah
    Cara menjadi pengusaha muda sukses pertama adalah dengan punya keinginan kuat dan anti menyerah. Tanpa keinginan dan tekad kuat untuk berhasil, Anda akan mudah patah saat menghadapi penolakan dan kegagalan. Padahal, dua hal tersebut adalah hal mutlak yang dialami sebagian besar pengusaha.

  2. Tidak Gengsi Berpenampilan Sederhana
    Cara menjadi pengusaha muda sukses berikutnya adalah dengan membiasakan hidup dalam kesederhanaan. Seperti yang sudah Anda baca di kisah-kisah inspiratif pengusaha muda Indonesia di atas, mereka semua pernah mengalami ejekan dan olokan dari orang lain. Apabila Anda takut diolok karena hidup sederhana, ingatlah bahwa semua pengusaha idola Anda selalu mengalaminya sebelum mereka sukses.

  3. Berbisnis untuk Memecahkan Masalah Orang Lain
    Salah satu alasan kenapa produk bisa terjual laris adalah karena produk tersebut mampu memecahkan masalah orang banyak. Oleh karena itu, sebelum membuka bisnis, pastikan produk atau jasa Anda benar-benar bisa menjadi solusi bagi masyarakat. Berbisnislah bukan hanya karena profit, tapi juga karena ingin membantu sebanyak mungkin orang.

  4. Mempelajari Bisnis Secara Teori dan Praktik
    Membaca buku adalah salah satu kegiatan favorit para pengusaha sukses. Akan tetapi, Anda tidak akan bisa menyusul mereka jika hanya membaca tanpa mempraktikkan ilmu yang Anda peroleh.

  5. Selalu Mendekatkan Diri kepada Tuhan
    Cara menjadi pengusaha muda sukses terakhir adalah selalu mendekatkan diri pada Sang Pencipta. Menurut penelitian Harvard Business Review, mayoritas pengusaha punya kecerdasan spiritual lebih tinggi daripada orang kebanyakan. Oleh karena itu, selain berusaha dan bekerja sekeras mungkin, jangan lupa selalu berdoa pada Tuhan agar proses pencapaian usaha Anda makin lancar.

Itulah 7 pengusaha muda Indonesia tersukses dan cara menjadi pengusaha muda yang bisa Anda lakukan! Apapun latar belakang dan kondisi ekonomi sobat OCBC NISP, jangan pernah meragukan potensi Anda menjadi pengusaha. When there’s a will, there’s a way. Tabungan Nyala OCBC NISP siap membantu Anda mewujudkan mimpi!

Baca juga:

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

6 Manfaat Kredit Bagi Masyarakat, Apa Saja?

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

Jangan Panik! Uang Salah Transfer Bisa Kembali dengan Cara Ini!

See All

Produk Terkait

Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile