14 Jenis Kartu Kredit Menurut Limit Hingga Fungsinya

26 Apr 2023

Jenis kartu kredit dapat dibedakan berdasarkan limit, fungsi, dan kerjasama.

Mengenali jenis-jenis kartu kredit merupakan langkah awal yang perlu Sobat OCBC NISP  lakukan sebelum menggunakannya.

Yap, dengan begitu, Sobat OCBC NISP  lebih mudah untuk memilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan berdasarkan bunga, cara kerja, serta biaya kartu kredit yang harus dilunasi nantinya.

Well, untuk mengetahui apa saja jenis kartu kredit di Indonesia, yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Jenis Kartu Kredit Berdasarkan Wilayah Berlakunya

Tak hanya dapat digunakan dalam wilayah lokal, jenis kartu kredit juga bisa digunakan berdasarkan wilayah berlakunya, yaitu nasional dan internasional. Simak!

1. Kartu Kredit Internasional

Kartu kredit internasional merupakan salah satu jenis credit card yang banyak digunakan untuk kepentingan transaksi secara global, karena bekerjasama dengan organisasi dari luar negeri, seperti Visa atau MasterCard.

Sehingga Sobat OCBC NISP  bisa melakukan transaksi dari negara manapun pada merchant yang memiliki logo kartu American Express, Visa, MasterCard, Carte Blanc, serta Dinners Club.  

2. Kartu Kredit Nasional

Nah, kebalikannya dari international card, jenis kartu kredit ini hanya dapat digunakan dalam skala nasional, atau melalui wilayah negara tempat tinggal saja.

Baca juga: Apa itu Reversal Rekening? Arti, Penyebab & Cara Mengatasi

Jenis Kartu Kredit Berdasarkan Limit

Pada dasarnya, kartu kredit adalah salah satu jenis alat pembayaran non-tunai yang diterbitkan oleh perbankan, maka dari itu mempunyai limitasi pemakaian.

Umumnya, jumlah penentuan limit menyesuaikan dengan kemampuan finansial pemilik kartu kredit. 

Oleh karena itu, setiap kali pemilik kartu kredit melakukan transaksi, jumlah limitnya akan terus terpotong, sehingga jika batasnya sudah habis, otomatis credit card tidak bisa digunakan kembali. 

Well, beberapa jenis kartu kredit berdasarkan jumlah limitnya adalah:

1. Silver  

Kartu silver merupakan salah satu jenis dengan limit yang paling rendah, umumnya sekitar 4 sampai 7 juta rupiah. 

Maka dari itu, apabila ingin mengajukan kartu kredit namun penghasilan hanya sekitar Rp3 juta, Sobat OCBC NISP  sudah bisa mengajukan jenis kartu kredit ini.

2. Gold

Biasanya, limit yang diberikan pada jenis kartu kredit gold adalah sekitar Rp10 - Rp40 juta.

Sehingga kriteria yang dapat mempunyai jenis kartu gold adalah nasabah yang memiliki penghasilan Rp5 - 10 juta perbulannya.

3. Platinum 

Sedangkan pada jenis kartu kredit platinum, limit yang diberikan kepada nasabah lebih tinggi, yaitu sekitar Rp40 juta sampai Rp1 miliar.

Tentunya, kriteria pemilik jenis kartu ini juga harus memiliki penghasilan yang tinggi, sekitar Rp180 juta per bulannya.

4. Titanium atau Spesial

Meskipun platinum memiliki limit tinggi dibandingkan kartu-kartu sebelumnya, jenis yang satu ini jauh lebih lebih tinggi dan exclusive, sehingga tidak sembarang orang dapat memilikinya.

Biasanya, nasabah pemilik titanium card akan diundang langsung oleh pihak perbankan untuk mendapatkan kartu kredit, itulah mengapa pada jenis yang satu ini disebut sebagai spesial.

Jenis-Jenis Kartu Kredit Berdasarkan Fungsinya 

Selain berdasarkan limit, jenis kartu kredit juga dibedakan berdasarkan fungsinya, antara lain yaitu:

1. Kartu Debit Visa atau Master

Tak haya dapat digunakan sebagai transaksi pada umumnya, jenis kartu debit juga bisa dijadikan sebagai credit card, lho.

Yap, kini sudah banyak orang menggunakan debit card sebagai alat pembayaran non-tunai seperti kartu kredit, terutama pada jenis yang memiliki logo visa atau master.

2. Credit Card

Credit card berfungsi sebagai salah satu alat pembayaran non-tunai barang atau jasa, di mana metode pelunasannya dapat dilakukan sekaligus untuk bulan berikutnya atau mengambil cicilan.

3. Kartu Biaya (Charge Card)

Berikutnya, jenis kartu kredit ini umumnya memiliki fungsi yang sama sebagai alat transaksi non-tunai, bedanya adalah nasabah harus full melunasi tagihannya di akhir bulan atau pada waktu berikutnya.

4. Kartu Tunai (Cash Card)

Sama seperti namanya, jenis kartu kredit ini digunakan untuk tujuan menarik tunai dana langsung melalui ATM atau teller tertentu, sehingga bisa digunakan pada berbagai cabang perbankan. 

5. Kartu Jaminan (Cheque Guarantee Card)

Terakhir, fungsi dari jenis kartu yang satu ini adalah sebagai jaminan apabila nasabah ingin melakukan penarikan atau mencairkan sejumlah dana.

Jenis Kartu Kredit Berdasarkan Afiliasi 

Selanjutnya, jenis kartu kredit dibedakan berdasarkan afiliasi, yaitu credit card dibuat karena ada kerja sama pada suatu instansi tertentu, di antaranya adalah:

1. Co-Branding Credit Card

Kartu kredit ini diterbitkan atas dasar kerja sama antara pihak bank dengan suatu institusi pengelola, contohnya adalah mastercard atau visa. 

2. Kartu Instansi (Affinity Card)

Umumnya, jenis kartu kredit yang satu ini digunakan untuk kepentingan instansi tertentu, seperti universitas atau perusahaan. 

Misalnya, pihak bank melakukan kerja sama dengan suatu universitas untuk membuat credit card sekaligus kartu mahasiswa.

3. Private Label Card

Sama seperti namanya, kartu kredit jenis ini lebih private karena diterbitkan sendiri oleh bank tanpa adanya afiliasi dari jaringan organisasi global, seperti visa atau mastercard.

Baca juga: Apa itu Time Deposit? Yuk, Kenali Pengertian dan Jenisnya

Jenis Kartu Kredit OCBC NISP

Setelah mengetahui penjelasan mengenai sejumlah jenis kartu kredit di Indonesia, OCBC NISP juga mengeluarkan beberapa credit card yang perlu diketahui. Check it out!

1. OCBC NISP Titanium

Pertama, OCBC NISP Titanium merupakan salah satu jenis kartu kredit yang menawarkan fasilitas cicilan 0% tanpa adanya minimum transaksi.

Selain itu, jika memiliki jenis kartu yang satu ini, Sobat OCBC NISP dapat menggunakannya pada seluruh merchant taraf internasional, seperti Indonesia, Singapura, dan Malaysia dengan tinggi bunga sebesar 0.5%.

 2. OCBC NISP Platinum

Berikutnya, pada jenis kartu kredit OCBC NISP Platinum ini, Sobat OCBC NISP  akan mendapatkan reward 1 poinseru setiap transaksi sebesar Rp10.000 yang dapat ditukarkan dengan beragam hadiah menarik, mulai dari airline miles, e-voucher shopping, F&B, atau premium dining di manapun dan kapanpun.

Tak hanya itu, pada jenis kartu kredit ini, Sobat OCBC NISP juga dapat menarik tunai hingga 60% dari limit dengan biaya awal tagihan yang fleksibel, yaitu sebesar 5% atau minimum Rp50.000. 

3. OCBC NISP 90°N

Selanjutnya, OCBC NISP 90°N adalah jenis kartu kredit yang dapat digunakan untuk membantu kebutuhan traveling Sobat OCBC NISP.

Yap, dengan aktivasi dan akumulasi transaksi bulanan, Sobat OCBC NISP akan mendapatkan bonus 1 poin travel miles untuk setiap transaksi ritel dalam negeri senilai Rp 10.000 yang dapat ditukar dengan 1 GarudaMiles, 1 KrisFlyer, atau 1 AA BIG Points.

Sementara itu, untuk transaksi luar negeri Sobat OCBC NISP akan mendapatkan poin double yang bisa digunakan melalui restoran, transportasi, hotel dan penerbangan.

Tak hanya itu, Sobat OCBC NISP juga akan mendapatkan 2 kali gratis akses lounge pada seluruh airport di luar negeri setiap tahunnya.

4. OCBC NISP Voyage

Terakhir, OCBC NISP Voyage merupakan jenis kartu kredit yang dapat digunakan untuk menarik tunai hingga 70% dari limit melalui ATM dari seluruh dunia.

Selain itu, Sobat OCBC NISP  juga akan mendapatkan fasilitas bebas iuran tahunan untuk kartu utama atau tambahan selama pemilik credit card merupakan nasabah dari private banking.

Kemudian, Sobat OCBC NISP  juga bisa mendaftarkan diri untuk menikmati akses gratis untuk lounge airport eksekutif pada kota-kota besar seluruh Indonesia tanpa batas. 

Sekarang  sudah tahu kan apa saja jenis-jenis kartu kredit berdasarkan limit, fungsi, hingga wilayah berlakunya.

Jadi, kartu kredit mana yang sesuai dengan kebutuhan Sobat OCBC NISP?

Apabila tertarik untuk mengajukan kartu kredit melalui OCBC NISP, Sobat OCBC NISP  akan mendapatkan berbagai macam keuntungan, lho. Di antaranya adalah:

  • OCBC NISP bekerjasama dengan MasterCard International, sehingga kartu kredit dapat digunakan di seluruh dunia. 

  • Dapat melakukan tarik tunai dengan akses melalui seluruh dunia.

  • Pembayaran tagihan fleksibel, Sobat OCBC NISP  dapat membayar minimal 5% dari total tagihan di awal.

Untuk informasi selengkapnya, Sobat OCBC NISP bisa langsung meminta Ajukan Sekarang atau melihat syarat dan ketentuannya melalui website OCBC NISP

Baca juga: Cara Mencairkan Bilyet Giro, Catat Syarat dan Biayanya


Story for your Inspiration

Baca
OCBC

Edukasi - 20 Mei 2024

5 Hal Penting saat Online Shopping, Jangan Sampai Penipu Curi Saldo Rekening

Baca

Investasi - 17 Mei 2024

ST012 – Pilihan berharga untuk masa depan sejahtera, bersama lestarikan bumi kita

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC

Download OCBC mobile