Laporan Keuangan Konsolidasi: Manfaat dan Cara Membuatnya

28 Apr 2023

Laporan keuangan konsolidasi adalah catatan dana anak perusahaan dan induknya.

Laporan keuangan konsolidasi adalah salah satu dokumen penting bagi bisnis untuk mendata seluruh transaksi anak perusahaan dan induknya.

Secara umum, laporan keuangan konsolidasi memiliki peran untuk memberikan gambaran yang jelas mengenai kinerja finansial dari seluruh grup perusahaan.

Selain itu, jenis laporan keuangan ini juga membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan yang tepat dan strategis.

Untuk mempelajari laporan keuangan konsolidasi lebih lanjut, yuk simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Apa itu Laporan Keuangan Konsolidasi?

Setiap lembaga pada umumnya memiliki paling tidak satu anak perusahaan. Nah, setiap anak perusahaan tersebut akan menyusun laporan keuangan.

Apabila seluruh anak perusahaan memiliki laporan keuangan yang berbeda, tentu akan menumpuk banyak dokumen di setiap periodenya. 

Oleh sebab itu, laporan keuangan konsolidasi hadir untuk membuat catatan finansial perusahaan lebih efektif.

Adapun pengertian laporan keuangan konsolidasi adalah sebuah dokumen yang berisi rincian aktivitas transaksi usaha dari seluruh anak perusahaan beserta induknya.

Penyusunan laporan keuangan ini memerlukan ketelitian dan upaya yang besar, sebab harus mengecualikan dampak dari transaksi antar entitas agar dokumen tersebut menjadi efektif.

Oleh sebab itu, apabila terjadi transaksi antar anak perusahaan atau induknya, maka penjualan tersebut tidak akan terhitung dalam laporan keuangan ini.

Selain itu, penghapusan juga akan dilakukan pada pendapatan bunga anak perusahaan dari induknya dengan kas yang dimiliki digunakan sebagai investasi.

Manfaat Laporan Keuangan Konsolidasi

Ada berbagai manfaat laporan keuangan konsolidasi, baik bagi anak perusahaan atau induknya, antara lain yaitu:

1. Evaluasi Kredibilitas Perusahaan

Salah satu manfaat laporan keuangan jenis konsolidasi adalah untuk mengevaluasi kredibilitas perusahaan sekaligus menjadi rujukan setiap investor.

Dalam laporan keuangan ini, dampak entitas anak perusahaan terhadap perkembangan induknya akan tampak. 

Hal ini bisa menjadi landasan untuk pengembangan perusahaan induk dalam jangka panjang.

Baca juga: Ketentuan dan Syarat Tabungan Haji, Begini Cara Daftarnya!

2. Memberikan Gambaran Umum Bisnis

Manfaat laporan keuangan konsolidasi berikutnya adalah memberikan gambaran umum bisnis bagi para investor, analis finansial, hingga pemilik perusahaan.

Gambaran umum bisnis tersebut bisa mengenai kesehatan finansial perusahaan hingga detail keseluruhan usaha.

Selain itu, gambaran umum ini juga mencakup hubungan antar anak perusahaan yang bisa berdampak pada perkembangan induknya.

3. Menyederhanakan Laporan Keuangan

Manfaat laporan keuangan jenis konsolidasi yang terakhir adalah untuk menyederhanakan dan membantu mengurangi dokumen.

Hal ini akan membuat laporan keuangan menjadi lebih efektif dan mengurangi jumlah dokumen, apalagi jika memiliki banyak anak perusahaan.

Selain itu, dalam laporan keuangan ini, jumlah transaksi akan dipersingkat dan diseleksi berdasarkan keluar-masuknya dana.

Syarat untuk Menyusun Laporan Keuangan Konsolidasi

Sebelum membuat laporan keuangan jenis konsolidasi, Sobat Cuan tentu perlu mengetahui syarat-syaratnya terlebih dahulu. 

Adapun sejumlah syarat laporan keuangan konsolidasi adalah sebagai berikut:

  • Laporan keuangan jenis ini berlaku untuk perusahaan yang mencakup induknya dan telah mempunyai kepemilikan saham.

  • Setiap perusahaan induk harus memiliki minimal 50% saham dari anak cabangnya.

  • Perusahaan induk boleh menyusun laporan keuangan jenis konsolidasi meskipun memiliki saham kurang dari 50% atas anaknya. Akan tetapi, laporan keuangan yang disusun harus berpusat pada anak perusahaannya.

Baca juga: Pilih Kartu Debit Atau Kredit? Ini Perbedaan & Kelebihannya

Cara Membuat Laporan Keuangan Konsolidasi

Pada umumnya, membuat laporan keuangan bentuk konsolidasi sama dengan menyusun data transaksi lainnya.

Namun, laporan keuangan ini berisi beberapa komponen, seperti catatan neraca, laba rugi, perubahan modal, serta arus kas.

Adapun cara membuat laporan keuangan konsolidasi adalah sebagai berikut:

  • Mengidentifikasi laporan keuangan entitas induk dan anak perusahaan secara keseluruhan.

  • Menyesuaikan beberapa komponen dalam laporan untuk mengeliminasi catatan laba rugi beberapa perusahaan.

  • Melakukan eliminasi penghasilan dan dividen dari anak perusahaan serta memulihkan saldo akun investasinya seperti total nilai di awal periode.

  • Menyusun catatan dari beberapa kepentingan non pengendali atas laba dan dividen milik anak perusahaan.

  • Melakukan eliminasi saldo resiprokal investment dan ekuitas pada laporan keuangan anak perusahaan.

  • Apabila dalam penyusunan laporan keuangan ini muncul nilai selisih, maka perlu dilakukan alokasi dan amortisasi.

  • Eliminasi terakhir juga perlu dilakukan pada beberapa saldo resiprokal, seperti utang-piutang, beban, hingga pendapatan, sehingga laporan keuangan menjadi efektif.

Contoh Laporan Keuangan Konsolidasi

Setelah mengetahui pengertian, manfaat, syarat, hingga cara membuat laporan keuangan bentuk konsolidasi, Sobat Cuan juga harus memahami contohnya.

Adapun contoh laporan keuangan konsolidasi adalah sebagai berikut:

PT ABC memiliki 2 anak perusahaan. Adapun rincian kepemilikannya adalah sebagai berikut.

  • 90% saham di PT ABC dan 10% dimiliki oleh umum.

  • 40% saham ada di tangan PT DEF dengan kendali dipegang oleh perusahaan induk.

  • 20% saham dimiliki PT KLM dengan perusahaan induk tidak memiliki kendali.

Contoh laporan keuangan konsolidasi yang dibuat PT ABC dan 2 anak perusahaannya adalah sebagai berikut.

Aset: 100% aset ABC + 100% aset DEF + 20% aset KLM

Liabilitas: 100% liabilitas ABC + 100% liabilitas DEF

Ekuitas: 100% ekuitas ABC + 100% ekuitas DEF

Pendapatan: 100% ABC + 100% DEF

Laba kotor: 100% ABC + 100% DEF

Penghasilan (rugi) yang bersifat komprehensif dari perusahaan asosiasi adalah 20% KLM

Laba: 100% ABC + 100% DEF + 20% KLM

Laba perusahaan induk: 90% ABC + 40% DEF + 20% KLM

Kepentingan Non Pengendali (KNP): 10% ABC + 60% DEF

Demikian informasi seputar laporan keuangan konsolidasi mulai dari pengertian, manfaat, syarat penyusunan, cara membuat, hingga contohnya.

Dapat disimpulkan bahwa laporan keuangan ini memiliki peran penting dalam pengambilan keputusan bisnis guna mengembangkan perusahaan.

Selain menyusun laporan keuangan, perusahaan juga perlu mempertimbangkan cara terbaik dalam mengelola dana bisnis.

Untuk mempermudah penataan keuangan usaha, Sobat Cuan bisa menggunakan layanan kelola dana bisnis OCBC NISP.

Bersama kelola dana bisnis OCBC NISP, Sobat Cuan bisa memiliki 1 rekening yang tersedia dalam 13 mata uang dan transaksi via Velocity serta Forex dengan kurs real-time.

Tunggu apa lagi? Yuk, mulai kembangkan bisnis bersama OCBC NISP!

Baca juga: 7 Tips Renovasi Rumah Hemat Biaya dan Murah, Yuk Simak!

 

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 12 Feb 2024

10 Manfaat Ekonomi Kreatif Bagi Perekonomian Indonesia

Baca

Edukasi - 1 Feb 2024

Koperasi Konsumsi: Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Ciri-Ciri

See All

Produk Terkait

Trade Finance

Trade Finance

Kelola bisnis jadi lebih mudah dan nyaman
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.
Cash Management

Cash Management

Kelola bisnis jadi lebih mudah dan nyaman

Download OCBC mobile