Mau Traveling ke Luar Negeri? Yuk, Nabung Valas dari Sekarang

22 Des 2023

Menabung valas bisa menjadi salah satu langkah persiapan traveling ke luar negeri, lho!

Liburan ke luar negeri memang memerlukan persiapan yang lebih banyak. Mulai dari beberapa dokumen, perlengkapan, akomodasi, dan pastinya menentukan berapa budget yang dibutuhkan, termasuk persiapan uang tunai dan cashless saat di luar negeri. Agar tidak ada yang terlewatkan dalam mengatur persiapan traveling ke luar negeri, sebaiknya Sobat OCBC mulai dari sekarang.

Salah satu persiapan yang bisa dimulai sejak jauh-jauh hari adalah tabungan. Dengan menabung dari sekarang, finansial Sobat OCBC akan lebih siap saat harinya tiba. Yuk, simak lebih lanjut mengenai persiapan traveling ke luar negeri dalam artikel di bawah ini.

Persiapan Traveling ke Luar Negeri

Traveling ke luar negeri sebaiknya disiapkan sejak jauh-jauh hari, terutama jika Sobat OCBC berencana untuk liburan dalam waktu lama. Lantas, apa saja yang perlu disiapkan sebelum berangkat ke luar negeri? Ini dia beberapa di antaranya.

1. Menyiapkan Paspor dan Visa

Hal pertama dan terpenting dalam persiapan traveling ke luar negeri adalah paspor dan visa. Tanpa adanya paspor, maka Sobat OCBC tidak akan bisa berangkat. Namun, jika ingin menghindari visa, Sobat OCBC bisa mengunjungi sejumlah negara bebas visa untuk Indonesia, seperti Jepang, Malaysia, Singapura, atau Hong Kong.

Paspor dan visa adalah dua hal berbeda. Paspor merupakan dokumen perjalanan yang diberikan oleh negara asalnya sebagai bukti identitas. Paspor digunakan sebagai bukti identitas bahwa Sobat OCBC termasuk warga negara yang diakui secara internasional.

Sementara itu, visa adalah surat izin yang diberikan suatu negara kepada warga negara asing untuk memasuki teritori tersebut. Untuk mendapatkan visa, Sobat OCBC perlu melakukan pengajuan melalui kedutaan besar negara yang akan dikunjungi. Namun, kini Indonesia sudah bekerja sama dengan berbagai negara untuk membebaskan warga Indonesia masuk tanpa visa selama batas waktu yang ditentukan.

2. Tiket Pesawat

Setelah paspor dan visa siap, maka persiapan traveling ke luar negeri berikutnya adalah mencari tiket pesawat. Jika sudah menetapkan tanggal keberangkatan, sebaiknya Sobat OCBC membeli tiket pesawat dari jauh hari.

Mengapa begitu? Dengan menyiapkannya jauh-jauh hari, Sobat OCBC berkesempatan untuk mencari diskon atau promo lainnya. Selain itu, harga tiket akan lebih murah jika dibeli dari jauh hari, terutama jika Sobat OCBC akan berlibur di momen high season, seperti akhir tahun.

3. Hotel dan Transportasi

Tidak hanya tiket pesawat, sebaiknya Sobat OCBC juga segera mencari hotel atau penginapan dengan harga affordable di negara tujuan. Lagi-lagi, jika ingin berlibur di momen high season, Sobat OCBC bisa saja tidak mendapatkan hotel yang diinginkan jika melakukan booking terlalu mepet.

Kini, proses booking hotel di luar negeri pun bisa lebih mudah, lho. Sobat OCBC bisa menggunakan sejumlah aplikasi yang diakses secara online. Jadi, pemesanan hotel dapat dilakukan dari mana saja.

Selain hotel, cari tahu juga tentang akomodasi yang Sobat OCBC butuhkan selama berada di luar negeri. Misalnya, jika ingin bepergian dari satu kota ke kota lain di satu negara biasanya Sobat OCBC perlu menggunakan transportasi seperti kereta cepat. Cari tahu dari sekarang berapa biaya yang dibutuhkan untuk transportasi tersebut.

Baca Juga: 6 Tips Backpacker ke Luar Negeri, Siapkan dari Sekarang!

4. Membuat Itinerari yang Efisien

Persiapan traveling ke luar negeri yang tak boleh terlewatkan adalah membuat itinerari atau perencanaan perjalanan. Dengan begitu, Sobat OCBC sudah tahu tempat apa saja yang akan dituju sekaligus perkiraan biaya yang dibutuhkan.

Membuat itinerari sangat penting agar liburan berjalan lebih efisien, sehingga Sobat OCBC pun tidak akan membuang-buang waktu percuma karena bingung mau kemana. So, jangan lupa buat itinerari Sobat OCBC dari sekarang, ya.

5. Siapkan Barang Secukupnya

Salah satu tips aman liburan ke luar negeri adalah membawa barang secukupnya. Membawa barang terlalu banyak akan membuat Sobat OCBC kerepotan, selain itu bisa memakan biaya bagasi juga, lho.

Dengan membawa barang secukupnya, sobat OCBC bisa membuat biaya liburan ke luar negeri lebih hemat. Bawaan yang praktis juga lebih aman karena meminimalkan risiko tertinggal atau terlupakan di suatu tempat.

6. Mempelajari Budaya dan Bahasa Lokal

Jika ingin berlibur ke negara lain, tidak ada salahnya lho untuk memahami budaya dan bahasa lokal di sana. Misalnya, jika ingin berlibur ke Jepang atau Korea, Sobat OCBC bisa mempelajari bahasa sapaan atau sikap-sikap dasar, seperti cara berterima kasih.

Sobat OCBC tentu akan merasa lebih nyaman saat berada di tempat yang asing namun setidaknya memahami budaya-budaya dasarnya. Dengan begitu, Sobat OCBC pun bisa meminimalkan risiko melakukan pelanggaran.

7. Menabung dari Jauh Hari

Nah, yang terakhir dan tak kalah penting adalah masalah budget. Jika berencana liburan di luar negeri, sebaiknya Sobat OCBC mulai menabung dari sekarang. Dengan mengalokasikan dana khusus untuk liburan, maka dana tersebut tidak akan terpakai untuk hal lain.

Tanpa menabung, dikhawatirkan Sobat OCBC tidak memenuhi budget yang diperlukan hingga hari liburan tiba. Jika hal ini terjadi, cukup disayangkan, bukan? Kemudian, jika ingin menabung untuk liburan ke luar negeri, sebaiknya Sobat OCBC langsung menggunakan tabungan valas.

Tabungan valas atau valuta asing adalah tabungan yang digunakan untuk menyimpan mata uang asing. Akan sangat memudahkan bila Sobat OCBC memiliki tabungan valas karena tidak perlu repot-repot menukarkan uang karena valas sudah dalam genggaman.

Baca Juga: 7 Tips Liburan Ke Luar Negeri dengan Budget Hemat Tapi Seru

Keuntungan Menabung Valas untuk Persiapan Traveling

Seperti yang sudah dijelaskan, salah satu keuntungan menabung valas adalah tidak perlu menukarkan mata uang asing sesuai dengan negara yang dituju. Di samping itu, Sobat OCBC yang memiliki tabungan valas sekaligus kartu debitnya bisa melakukan transaksi lebih mudah saat di luar negeri.

Kelebihan lainnya, Sobat OCBC tidak perlu khawatir dengan kenaikan nilai tukar rupiah terhadap mata uang negara tujuan. Pasalnya, tabungan valas tidak terpengaruh dengan fluktuasi kurs valuta asing.

Jika tertarik membuat tabungan valas, Sobat OCBC bisa menabung valas di Bank OCBC. Tabungan valas dari OCBC sudah dilengkapi dengan OCBC NYALA Global Debit yang bisa digunakan untuk tarik tunai dan belanja di luar negeri tanpa konversi kurs.

OCBC NYALA Global Debit dilengkapi dengan 12 mata uang, di antaranya IDR, USD, AUD, SGD, JPY, EUR, HKD, CHF, NZD, CAD, GBP, dan CNH. Ada juga tarif khusus biaya transfer Valas 1x per bulan untuk Nasabah Nyala Pro dan Master, via OCBC mobile ke OCBC Group (Singapura, Malaysia & Hong Kong).

Jadi, daripada nyalahin persiapan biaya traveling ke luar negeri yang ribet dengan harus menukarkan mata uang, mending NYALA-in aja dengan NYALA Global Debit dari OCBC!

Baca Juga: 7 Rekomendasi Liburan Keluarga di Singapura yang Seru!

Story for your Inspiration

Baca

Investasi - 17 Mei 2024

ST012 – Pilihan berharga untuk masa depan sejahtera, bersama lestarikan bumi kita

Baca

Investasi - 17 Mei 2024

Strategi Barbel untuk Portofolio Obligasi Anda

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC

Download OCBC mobile