7 Tips Feng Shui Kamar Tidur, Bisa Tingkatkan Kualitas Tidur dan Hoki

22 Feb 2024

Feng shui kamar tidur sangat penting untuk membuat ruangan paling privat itu tertata rapi, mendatangkan energi positif, serta meningkatkan kualitas tidur dan keberuntungan dalam hidup.

Dalam dunia feng shui, kamar tidur memiliki arti penting sebagai landasan rumah. Pasalnya, kamar tidur merupakan ruangan yang paling privat dan paling sering digunakan untuk menghabiskan waktu.

Maka tak heran, para ahli feng shui sangat perhatian dengan tata letak kamar tidur ini. Bahkan dalam banyak kesempatan, mereka bisa menyarankan agar penghuni merenovasi rumah dan kamar tidur atau mengubah layout kamar untuk memastikan ruangan itu dipenuhi energi positif.

Baca juga: 15 Daftar Belanja Bulanan Hemat untuk Pasangan Baru Menikah

Tata Ruang Kamar Tidur Ideal Menurut Feng Shui

Setiap ruangan memiliki kelebihan masing-masing berdasarkan konsep feng shui. Begitu pula dengan kamar tidur. Untuk itu, kamu sebagai pemilik rumah harus berupaya mendatangkan kedamaian dan kemakmuran di setiap ruangan, terutama kamar tidur.

Secara garis besar, membuat tata ruang kamar tidur yang ideal menurut feng shui itu cukup mudah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, sepeti:

  • Tempat tidur di tengah dan memiliki kepala tempat tidur atau headboard
  • Minimalisir perlengkapan elektronik
  • Pastikan kamar tidur simetris
  • Gunakan warna cat dinding yang menenangkan
  • Pilih tempat tidur dengan ukuran yang pas
  • Kamar tidak boleh terlalu banyak tanaman hias
  • Meminimalisir buku

Secara denah, kamu harus memperhatikan posisi tempat tidur dan pintu kamar. Salah satunya, jangan letakkan tempat tidur lurus dengan pintu kamar, karena itu akan mengundang energi negatif dan kerumitan.

Selain itu, kamar mandi yang berada di dalam kamar tidur tidak boleh berada di belakang kepala saat kamu tidur. Kemudian, pastikan pintu kamar mandi selalu dalam keadaan tertutup.

Baca juga: 5 Inspirasi Model Rumah Minimalis Modern, Ini Ciri-Cirinya!

Tips Feng Shui Kamar Tidur

Kamu yang ingin menata ulang kamar agar sesuai dengan feng shui bisa mengikuti tips-tips berikut ini yang bisa diterapkan baik di kamar tidur rumah maupun kost.

Dengan mengikuti tips ini, kamar kamu akan dilimpahi dengan energi positif yang membuat tidur semakin berkualitas dan berlimpah keberuntungan.

1. Tempat Tidur di Tengah

Prinsip dasar feng Shui adalah konsep “posisi komando”, yang mengacu pada penempatan benda menghadap pintu masuk tetapi tidak sejajar dengannya. Dalam  kamar tidur, tempat tidur harus ditempatkan pada posisi yang tepat.

Penempatan tempat tidur ini penting karena merupakan benda terpenting di ruangan itu dan tempat kamu menghabiskan sebagian besar waktu. Tempat terbaik untuk tempat tidur adalah berada di tengah ruangan, lurus dari pintu secara diagonal.

2. Kombinasi Warna yang Tepat

Dalam feng shui, warna-warna tertentu dianggap meningkatkan suasana dan energi negatif di kamar. Alhasil suasana yang terbentuk dari perpaduan warna yang tepat ini mendorong kedamaian dan membuat penghuninya bisa tidur nyenyak

Aturan umumnya adalah memilih warna kulit atau warna kalem yang biasa ditemukan di alam. Misalnya, putih pucat, krem, coklat, hingga warna monokromatik.

3. Perabotan Sepasang

Dalam feng shui, berpasangan dianggap menghasilkan energi yang penuh cinta dan harmonis. Jadi lengkapi kamar tidur dengan perabot yang berpasangan, meskipun kamu menempati kamar itu seorang diri.

Misalnya, dua bantal, dua guling, dua meja kecil di samping kiri dan kanan tempat tidur, hingga dua buah kursi dan dua lampu tidur. Untuk itu, pastikan kamar memiliki ruang yang cukup untuk menampung perabot yang berpasangan tersebut.

4. Cermin Tidak Lurus dengan Tempat Tidur

Meskipun cermin bagus untuk membuat ruangan kecil terlihat lebih besar, penempatan cermin bisa jadi sulit saat menerapkan feng shui kamar tidur.

Cermin tidak boleh sejajar atau lurus dengan tempat tidur, karena hal ini kemungkinan akan membawa lebih banyak elemen yang mengganggu pandangan. Ketika berada di tempat tidur, pastikan tidak bisa melihat dirimu dari cermin kamar.

Ide yang bagus adalah menempatkan cermin di seberang jendela. Ini akan membantu memaksimalkan cahaya di kamar tanpa mengganggu kamu saat sedang bersantai di tempat tidur.

5. Batasi Perangkat Elektronik

Sinar biru dari layar elektronik adalah salah satu penyebab terburuk dalam mencegah tidur. Namun dalam menciptakan tingkat yin dan yang yang tepat di kamar tidur, hal ini lebih dari sekadar fakta bahwa teknologi mengganggu ritme tidur kita.

Karena Feng Shui berpusat pada alam, segala sesuatu yang bersifat teknologi atau buatan manusia dapat mengurangi tingkat energi baik di lingkungan kita. Maka mulailah untuk membatasi perangkat elektronik dari kamar.

Baca juga: 10 Cara Menabung untuk Beli Rumah agar Cepat Terwujud

6. Gunakan Bohlam Rendah Cahaya

Selain warna-warna cat yang kalem, kamu juga dianjurkan menggunakan lampu dengan pencahayaan rendah. Ini akan membantu menciptakan suasana santai di kamar tidur dan memberikan rasa tenang dan tenteram yang sangat penting untuk tidur malam yang nyenyak.

7. Tutup Laci dan Pintu saat Tidak Digunakan

Untuk mendapatkan kamar tidur dengan feng shui yang baik, penting untuk membatasi semua gangguan. Pastikan kamu menutup laci dan pintu lemari akan membantu membatasi gangguan saat mencoba untuk tidur atau bersantai sebelum tidur.

Jadi setelah menjalani aktivitas harian, kamu juga harus memastikan untuk menutup semua pintu dan laci yang ada di kamar sebelum tidur. Dengan begitu, tidur kamu akan jadi lebih berkualitas dan nyenyak.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, menata kamar sesuai feng shui tidak hanya membuat istirahat semakin berkualitas saja. Lebih dari itu, kamu juga bisa mendapatkan keberuntungan dan hoki dalam hidup karena dipenuhi energi baik.

Nah, buat kamu yang ingin merenovasi kamar agar sesuai dengan konsep feng shui bisa mengajukan pinjaman dari OCBC. Kamu bisa mendapatkan dana pinjaman tanpa agunan dalam produk Kredit Tanpa Agunan (KTA) OCBC.

Ada berbagai produk KTA dari OCBC yang bisa kamu pilih, seperti KTA Cashloan, KTA Cashbiz, dan KTA Cashloan Payroll.

Misalnya kamu memilih produk KTA Cashloan untuk keperluan renovasi kamar. Dalam produk ini, kamu bisa mendapatkan pinjaman hingga Rp200 Juta, tenor hingga 3 tahun, dan proses pengajuan yang mudah dan cepat.

Segera ajukan KTA Cashloan untuk merenovasi kamar tidur sesuai konsep feng shui melalui OCBC mobile!

Baca juga: 7 Cara Beli Rumah KPR, Ketahui Dulu Syarat & Keuntungannya!

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 16 Apr 2024

Daftar Mobil Limousine di Indonesia dan Harganya

Baca

Edukasi - 12 Apr 2024

3 Rekomendasi Airport Lounge di Bali, Harga dan Fasilitasnya

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile