Cara Menentukan Jumlah Anak Tangga Sesuai Feng Shui Biar Hoki

23 Feb 2024

Tak cuma soal tata ruang dan furniture, jumlah anak tangga di rumah kamu juga perlu diperhatikan. Pasalnya, menurut feng shui, jumlah anak tangga yang ada mempunyai makna yang berbeda-beda.

Menurut ilmu feng shui, jumlah anak tangga yang baik dipercaya bisa membawa keberuntungan ke dalam rumah. Sebagian orang percaya bahwa posisi, bentuk, dan jumlah anak tangga bisa mempengaruhi rezeki.

Feng Shui Membawa Hoki

Sebelum membahas soal jumlah anak tangga yang baik, mungkin kamu perlu mengetahui dulu soal apa itu feng shui. Mungkin kata ini sudah sangat sering kamu dengar, tapi mungkin saja kamu belum mengetahui apa sebenarnya feng shui.

Feng shui dikenal sebagai sebuah sistem Cina kuno yang mengatur mengenai spasial, struktur, maupun tempat serta orientasi yang memiliki hubungan dengan aliran energi. Hal ini agar tercipta keselarasan dengan kekuatan rohani yang menghuni suatu tempat.

Menerapkan feng shui dipercaya dapat mewujudkan hidup yang lebih harmonis. Oleh karena itu banyak orang khususnya masyarakat Cina dan orang yang percaya dengan konsep ini menerapkan ilmu feng shui di lingkungan tempat tinggalnya.

Baca Juga: 7 Tips Renovasi Rumah Hemat Biaya dan Murah, Yuk Simak!

Mengadopsi Budaya Hindu India

Salah satu yang bisa diatur saat membangun sebuah rumah atau tempat tinggal adalah jumlah anak tangga. Hitungan anak tangga dalam ilmu feng shui sebenarnya merupakan saduran dari kebudayaan Hindu India yang diadopsi di Bali.

Dalam kepercayaan Hindu, anak tangga selalu dihitung dalam kelipatan tiga. Hal itu melambangkan tiga dewa yaitu Brahma, Wisnu, dan Siwa. Dalam kepercayaan Hindu, Brahma melambangkan kelahiran, Wisnu mewakili kehidupan, dan Siwa melambangkan kematian.

Hal ini lalu diadopsi dan disempurnakan oleh budaya Cina. Jumlah anak tangga dijadikan kelipatan lima yang melambangkan kelahiran, dewasa, tua, kematian, dan kesengsaraan atau masa penantian sebelum reinkarnasi.

Selain merepresentasikan tingkatan atau fase kehidupan, tangga di dalam rumah juga melambangkan kewaspadaan.

Jumlah Anak Tangga Menurut Feng Shui

Di dalam ilmu feng shui, jumlah anak tangga yang baik adalah jika jumlahnya dibagi lima akan tersisa satu atau dua.  Menurut budaya Cina, angka satu dan dua merupakan simbol dari kelahiran dan kehidupan.

Jumlah anak tangga yang direkomendasikan adalah 11, 12, 16, atau 17. Angka-angka itu jika dibagi lima akan menyisakan angka satu dan dua. Jumlah anak tangga bisa ditambah dengan menerapkan rumus tersebut.

Jika terpaksa, jumlah anak tangga yang jika dibagi lima menyisakan tiga juga masih direkomendasikan. Misalnya angka delapan, 13, dan atau 18. Namun jika jumlah anak tangga menyisakan empat atau genap dibagi lima,  hal itu diyakini melambangkan kematian atau kesengsaraan. Karena itulah hal itu perlu dihindari.

Baca Juga: 5 Jenis Pinjaman Bunga Rendah bagi yang Butuh Dana Cepat

Letak Tangga Lebih Prinsip daripada Jumlah Anak Tangga

Meski menurut feng shui jumlah anak tangga menjadi suatu hal yang penting, namun jumlah anak tangga ternyata tidak terkait dengan distribusi energi “Qi”. Menurut budaya Cina, hal ini lebih terkait dengan sugesti atau kepercayaan.

Perlu kamu ketahui bahwa dalam feng shui ada dua hal yakni prinsip dan aturan. Posisi prinsip lebih tinggi dan lebih mendasar daripada aturan. Dan pengaturan jumlah anak tangga bukan merupakan hal yang prinsip, tetapi hanya berupa aturan. Jadi kalau pun dilanggar, tidak terlalu jadi masalah.

Menurut feng shui, ada hal yang sifatnya lebih prinsip dari pada jumlah tangga, yakni posisi atau letak tangga di dalam sebuah rumah.

Jika posisi tangga menghadap pintu utama di bagian depan, maka energi “Qi” tidak akan menyebar di ruangan, tetapi langsung naik ke atas melewati tangga.

Hal ini dipercaya jauh lebih buruk dari perhitungan anak tangga yang salah. Jika jumlah anak tangga sudah terlanjur memiliki sisa empat atau genap saat dibagi lima, asal posisinya sudah cocok sesuai feng shui, hal itu dianggap bukan masalah.

Namun jika kamu tetap ingin merenovasinya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan . Pertama, kamu bisa menambah anak tangga di paling bawah atau paling atas. Atau kamu juga bisa menambah dua-duanya.

Cara kedua adalah, jika tangga berbentuk L atau U, bisa ditambah anak tangga di bagian bordes.

Itu tadi adalah penjelasan soal feng shui jumlah anak tangga. Jika kamu memerlukan dana untuk merenovasi rumah impian, kamar, ruang keluarga, dan juga tangga agar sesuai dengan feng shui, kamu bisa memanfaatkan Kredit Tanpa Agunan (KTA) OCBC mobile.

Ada tiga jenis KTA OCBC mobile yang bisa kamu pilih. Yang pertama, kamu bisa memanfaatkan KTA Cashloan untuk karyawan, KTA Cashbiz untuk kamu yang punya usaha, dan KTA Cashload Payroll.

KTA OCBC mobile menawarkan pinjaman hingga Rp200 Juta dengan tenor hingga tiga tahun (untuk KTA Cashloan dan KTA Cashbiz) dan hingga empat tahun untuk KTA Cashload Payroll. Suku bunga yang ditawarkan pun ringan dan flat yakni 0,98 persen per bulan.

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa langsung menurut ke website resmi OCBC mobile.

Baca Juga: Pinjaman KTA: Pengertian, Biaya dan Keunggulannya


Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 18 Apr 2024

Manfaat, Jenis, dan Biaya Asuransi KPR yang Perlu Kamu Ketahui

Baca
OCBC NISP 80 Tahun | Promo KPR

Edukasi - 18 Apr 2024

Anti Ditolak, Berikut Tips agar Pengajuan KPR Disetujui Bank

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile