Letak Kolam Ikan Menurut Feng Shui yang Datangkan Hoki

23 Feb 2024

Kolam ikan bisa membuat taman depan rumah tampak lebih estetik. Selain itu, letak kolam ikan yang tepat menurut feng shui juga bisa mendatangkan keberuntungan yang besar dalam hidup.

Untuk itu, kamu tidak bisa sembarangan saat memilih posisi kolam ikan hias. Pastikan kolam ikan diletakkan pada posisi yang mendapatkan energi positif sehingga berpengaruh pada hoki dan kesuksesan.

Ada baiknya kamu berkonsultasi dengan praktisi feng shui terlebih dahulu sebelum membuat kolam ikan. Namun jika tidak, kamu juga bisa membaca sampai akhir penjelasan dalam artikel ini.

Baca juga: 7 Tujuan Analisis Peluang Usaha untuk Mengembangkan Bisnis

Letak Kolam Ikan Menurut Feng Shui

Dalam feng shui, kolam ikan mewakili elemen air yang dikaitkan dengan kekayaan dan keuangan. Namun, efek dari elemen ini akan semakin besar ketika ditempatkan pada posisi yang tepat.

Ada beberapa titik di depan rumah yang sangat cocok untuk kolam ikan. Salah satunya adalah sudut timur laut. Melansir Konzepgarden, sudut timur laut merupakan sudut paling tepat untuk kolam ikan.

Menurut konsep feng shui, taman di sisi timur laut dikaitkan dengan kekayaan dan kemakmuran. Ketika taman ini ditambah elemen air dalam bentuk kolam ikan, maka dampaknya bagi keberuntungan akan semakin besar.

Kolam ikan di sudut timur laut juga mendatangkan manfaat praktis. Pasalnya, area ini akan menerima banyak paparan sinar matahari pada siang hari, sehingga menempatkan kolam di sana akan membuatnya lebih sejuk dan teduh.

Selain timur laut, arah yang paling baik untuk tempat kolam ikan adalah sudut barat laut. Menurut feng shui, area barat laut ini sangat cocok untuk elemen air seperti kolam ikan, karena mampu menarik energi baik dari alam ke rumah.

Kolam ikan di sudut barat laut juga dipercaya menghadirkan keseimbangan dan keharmonisan yang alami pada rumah.

Namun demikian, kamu juga perlu menambahkan elemen dekoratif pada kolam ikan di rumah. Misalnya, batu hias, tanaman hias, hingga miniatur jembatan yang melengkung untuk menambah suasana alami di area tersebut.

Baca juga: 12+ Ide Usaha Sampingan Karyawan, Minim Modal Tapi Untung!

Aturan Feng Shui terkait Kolam Ikan

Membuat kolam ikan sebaiknya sudah dipikirkan saat kamu membuat desain rumah. Dengan begitu kamu bisa mengikuti aturan-aturan feng shui terkait penempatan kolam ikan.

Namun jika rumah sudah jadi dan ingin menambah taman dengan kolam ikan, kamu bisa mengikuti beberapa aturan feng shui berikut ini.

  1. Kedalaman

    Kedalaman kolam ikan harus diperhatikan. Dalam konsep feng shui, tidak dianjurkan membuat kolam ikan yang terlalu dalam dan terlalu dangkal. Artinya, buat kedalaman kolam yang sedang.

    Mengapa kedalaman ini penting? Menurut feng shui, kedalaman kolam dan aliran air di dalamnya akan berpengaruh pada kekayaan dan keberuntungan.

    Selain masalah kedalaman, air di dalam kolam juga harus dalam kondisi bersih dan jernih. Dalam hal ini, kamu dituntut untuk rajin membersihkannya secara berkala. Kemudian, kamu juga dianjurkan menambah elemen dekorasi seperti air mancur.

  2. Ukuran dan Bentuk

    Konsep feng shui juga mengatur ukuran dan bentuk kolam ikan yang baik dan mendatangkan hoki. Secara ukuran, kolam ikan sebaiknya proporsional menyesuaikan luas area yang tersedia.

    Sementara dari segi bentuk, kolam ikan sebaiknya berbentuk bulat. Bentuk ini termasuk populer dalam konsep feng shui karena tidak memiliki sudut runcing yang dianggap bisa menyalurkan energi negatif. Dengan begitu, bentuk kolam persegi atau persegi panjang sebaiknya dihindari.

  3. Keseimbangan Warna

Kolam ikan biasanya menjadi pelengkap taman depan rumah. Untuk itu, kamu bisa menghadirkan keseimbangan warna antara taman dan kolam tersebut.

Adapun warna yang disarankan adalah putih dan kuning yang masing-masing mewakili konsep yin dan yang. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan warna lain seperti ungu, merah, dan oranye. Sementara beberapa bunga yang disarankan antara lain lili biru, begonia merah, hingga aster kuning.

Baca juga: 10 Cara Menabung untuk Beli Rumah agar Cepat Terwujud

Ikan Pembawa Keberuntungan

Setelah mengetahui aturan feng shui terkait kolam ikan, pertanyaan berikutnya adalah ikan apa yang sebaiknya dipelihara dalam kolam itu dan bisa membawa hoki? Jawabnya adalah ikan koi.

Ikan koi memiliki tempat yang istimewa dalam konsep feng shui. Pasalnya, ikan ini dianggap mampu mendatangkan rezeki dan keberuntungan bagi pemilik dan penghuni rumah.

Tak heran jika ikan ini banyak ditemukan di rumah atau bangunan yang mengikuti panduan feng shui. Selain dalam bentuk ikan hidup, koi juga dihadirkan dalam bentuk lukisan dinding di rumah.

Namun kamu tidak bisa sembarangan dalam memelihara ikan koi, karena feng shui juga menganjurkan jumlah ikan yang tepat untuk memaksimalkan potensinya.

Adapun jumlah ikan koi menurut feng shui yang tepat adalah sebagai berikut:

  • 1 ekor untuk melambangkan awal yang baru
  • 3 ekor untuk melambangkan pertumbuhan
  • 8 ekor untuk melambangkan kekayaan dan kemakmuran
  • 9 ekor untuk melambangkan panjang umur

Dari daftar tersebut kamu bisa memilih jumlah ikan koi yang akan dipelihara sesuai dengan keberuntungan yang diinginkan.

Kamu yang sedang berencana membangun rumah sebaiknya sekalian menentukan lokasi taman dan kolam ikan sesuai panduan feng shui di atas agar keberuntungan mengalir deras ke arahmu.

Bagi generasi muda yang ingin mewujudkan rumah impian, kamu bisa memanfaatkan produk Kredit Pemilikan Rumah atau KPR dari OCBC.

Salah satu produk yang ditawarkan adalah KPR Easy Start, yaitu produk KPR dengan angsuran rendah yang cocok untuk generasi muda.

KPR Easy Start menawarkan banyak keuntungan, mulai dari proses pengajuan yang mudah, angsuran yang lebih rendah, jangka waktu cicilan hingga 25 tahun, dan bisa digunakan untuk membeli rumah baru maupun second.

Syarat mengajukan KPR Easy Start:

  • WNI
  • Karyawan yang sudah bekerja minimal 2 tahun
  • Penghasilan minimal Rp5 Juta maksimal Rp65 Juta
  • Usia saat pengajuan minimal 21 tahun atau sudah menikah, maksimal 45 tahun
  • Plafond pengajuan minimal Rp100 Juta maksimal Rp5 Miliar
  • Jangka waktu minimal 10 tahun dan maksimal 25 tahun untuk rumah dan apartemen

Download OCBC mobile sekarang juga untuk mendapatkan kemudahan mengajukan KPR Easy Start!

Baca juga: 7 Cara Beli Rumah KPR, Ketahui Dulu Syarat & Keuntungannya!

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 18 Apr 2024

Manfaat, Jenis, dan Biaya Asuransi KPR yang Perlu Kamu Ketahui

Baca
OCBC NISP 80 Tahun | Promo KPR

Edukasi - 18 Apr 2024

Anti Ditolak, Berikut Tips agar Pengajuan KPR Disetujui Bank

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile