Anti Boros, Jenis Tabungan Ini Tidak Bisa Diambil Sembarangan!

27 Feb 2024

Apakah kamu pernah merasa khawatir tabungan tiba-tiba terpakai untuk sesuatu yang sifatnya konsumtif? Jika iya, maka kamu perlu menggunakan jenis tabungan yang uangnya tidak bisa diambil sembarangan.

Memang ada tabungan yang tidak bisa diambil? Tentu ada, dalam dunia perbankan, tabungan dengan kriteria tersebut dikenal dengan istilah Tabungan Berjangka.

Dengan menggunakan Tabungan Berjangka, kamu bisa fokus menabung tanpa khawatir uang terpakai untuk keperluan yang tidak penting. Pasalnya, dana yang tersimpan dalam tabungan ini hanya bisa ditarik jika beberapa persyaratan yang ditentukan terpenuhi.

Yuk cari tahu lebih lanjut tentang apa itu Tabungan Berjangka!

Baca juga: Wajib Tahu! 3 Perbedaan Tabungan Berjangka dan Deposito

Mengenal Tabungan Berjangka

Tabungan Berjangka adalah salah satu produk perbankan berupa simpanan dengan jangka waktu tertentu. Artinya, kamu harus menentukan berapa lama jangka waktu menabung dilakukan serta berapa nominal uang yang ditabung setiap bulannya.

Misalnya, kamu memilih untuk menabung selama 10 tahun, dengan setoran rutin per bulan Rp500 Ribu. Maka setiap bulan pihak bank akan melakukan autodebet dari rekening utama milikmu dan dimasukkan ke dalam rekening Tabungan Berjangka.

Dengan kata lain, Tabungan Berjangka memaksa nasabah untuk menabung secara rutin dan konsisten selama jangka waktu yang ditentukan. Selain itu, dana yang ditabung tidak bisa diambil sembarangan karena ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi saat penarikan dana sebelum waktunya.

Dari gambaran tersebut, Tabungan Berjangka bisa menjadi alternatif menjanjikan bagi kamu yang memiliki tujuan finansial tertentu. Misalnya kamu yang saat ini berusia 25 tahun berangkat umroh dan mengunjungi beberapa negara dengan situs sejarah Islam pada usia 35 tahun.

Artinya, kamu punya waktu 10 tahun untuk menabung dan mempersiapkan diri. Hitung berapa dana yang kamu butuhkan untuk tujuan finansial tersebut, lalu tentukan berapa dana yang perlu kamu sisihkan setiap bulannya.

Nanti ketika usia 35 tahun dan jangka waktu tabungan sudah berakhir, kamu bisa menarik dana yang terkumpul dan mewujudkan Life Goals-mu itu.

Baca juga: Tabungan Berjangka Syariah - Keuntungan dan Syaratnya

Kelebihan Tabungan Berjangka

Selain bisa mendukung tujuan finansial dan menjaga agar tidak boros, ada beberapa kelebihan lain yang bisa kamu dapatkan ketika memiliki Tabungan Berjangka. Berikut beberapa kelebihan tersebut.

1. Fleksibel

Memang pelaksanaan Tabungan Berjangka terkesan memaksa kamu untuk menabung. Tetapi, pemaksaan itu bersifat fleksibel karena kamu bisa menentukan semuanya, mulai dari besaran dana yang diinginkan, jangka waktu, hingga berapa dana yang disetor secara rutin.

Misalnya kamu perlu dana untuk tujuan tertentu sebesar Rp100 Juta dan kamu punya waktu 5 tahun. Maka kamu bisa menabung sebesar Rp1,7 Juta setiap bulan selama 5 tahun untuk mendapatkan dana yang kamu perlukan tersebut.

2. Bunga Tinggi

Ternyata, jumlah dana yang terkumpul ketika masa Tabungan Berjangka selesai tidak hanya sebesar yang kamu tabung saja. Pasalnya, pihak bank menawarkan suku bunga yang cukup tinggi bagi nasabah Tabungan Berjangka.

Dengan bunga yang diberikan ini, maka kamu akan mendapatkan total dana yang kamu tabung ditambah berapa persen bunga yang dijanjikan pihak bank. Sehingga, Tabungan Berjangka juga bisa dianggap sebagai salah satu instrumen investasi.

3. Tabungan Dijamin Aman

Sudah menjadi rahasia umum bahwa menabung di bank merupakan cara paling aman untuk menyimpan uang. Hal ini juga berlaku saat kamu membuka Tabungan Berjangka. Tidak perlu khawatir uangmu raib, karena semua kerugian yang mungkin terjadi akan diberikan ganti untungnya.

4. Anti Boros

Bisa disimpulkan bahwa Tabungan Berjangka memaksa seseorang untuk komitmen menabung dan tidak menggunakan tabungan sembarangan. Dengan begitu, maka kamu akan terhindar dari sifat boros sehingga tujuan finansial jadi lebih mudah tercapai.

Baca juga: Wujudkan Rencana Masa Depan dengan Tabungan Berjangka

Tabungan Berjangka OCBC

Sebagai bank yang memiliki banyak produk untuk kebutuhan masyarakat, Bank OCBC juga mempunya jenis Tabungan Berjangka atau yang disebut dengan istilah TAKA.

Ada 4 jenis TAKA di OCBC yang bisa kamu pilih, yaitu TAKA Hadiah, TAKA Bunga, TAKA Bunga Pasti, dan TAKA Angsuran Tetap.

Misalnya kamu memilih produk TAKA Angsuran Tetap. Produk OCBC ini merupakan Tabungan Berjangka yang menawarkan kebebasan untuk menentukan setoran bulanan dan jangka waktu, suku bunga kompetitif, dan bebas biaya administrasi.

Angsuran setoran bulanan untuk produk ini minimal Rp100.000, dengan kelipatan angsuran Rp100.000. Jangka waktu minimal untuk produk ini adalah 1 tahun dan maksimal 10 tahun dengan kelipatan 6 bulan.

Adapun syarat membuka Tabungan Berjangka Angsuran Tetap adalah:

  • KTP dan NPWP untuk WNI
  • KIMS/KITAS/KITAP untuk WNA
  • Memiliki rekening OCBC
  • Melakukan setoran pertama sebesar setoran bulanannya

Kamu bisa membuka TAKA Angsuran Tetap di Kantor Cabang OCBC terdekat. Namun jika tidak mau repot, download saja aplikasi OCBC mobile untuk pengalaman membuka Tabungan Berjangka yang mudah dan cepat!

Baca juga: 6 Peran Bank Indonesia dalam Sistem Pembayaran dan Keuangan


Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 16 Apr 2024

Daftar Mobil Limousine di Indonesia dan Harganya

Baca

Edukasi - 14 Apr 2024

Nggak Pusing saat Liburan! Ini 4 Manfaat Pakai Jasa Concierge Service

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile