10 Contoh Amal Saleh yang Bisa Dikerjakan di Rumah

4 Mar 2024

Selain menunaikan ibadah wajib, setiap umat Islam juga dianjurkan selalu mengerjakan kebaikan dan amal saleh. Ada banyak contoh amal saleh yang bisa kamu kerjakan saat sedang berada di rumah.

Setiap amal saleh yang dikerjakan tentu akan bernilai ibadah dan membuat kamu mendapat pahala. Maka sebisa mungkin isi waktu luang di rumah dengan perbuatan baik.

Lalu apa saja amal saleh yang bisa dikerjakan di rumah? Simak ulasan berikut ini!

Baca juga: 7 Cara Berdagang Ala Rasulullah Agar Bisnis Makin Berkah

Apa Itu Amal Saleh?

Amal saleh adalah perbuatan baik yang bernilai ibadah. Maka dari itu, amal saleh sangat luas yang mencakup seluruh perbuatan baik yang kamu lakukan untuk diri sendiri, orang tua, keluarga, bahkan hingga lingkungan sekitar.

Mengisi hari-hari dengan amal saleh sangat penting agar seseorang tidak melakukan keburukan. Pasalnya, jika sudah sibuk dengan kebaikan, maka kamu tidak akan punya waktu lagi untuk melakukan keburukan.

Amal saleh juga dikaitkan dengan amal jariyah, yaitu perbuatan yang pahalanya akan terus mengalir meski kamu sudah meninggal dunia. Nabi Muhammad dalam sabdanya pernah menjelaskan tentang amal jariyah ini, yaitu:

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Artinya: "Apabila anak Adam (manusia) telah meninggal, maka terputuslah darinya semua pahala amal kebaikannya kecuali tiga hal, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang selalu mendoakannya." (HR. Muslim)

Baca juga: Jual Beli dalam Islam: Pengertian, Hukum, Syarat, & Macamnya

Contoh Amal Saleh

Berikut ini beberapa contoh amal saleh yang bisa kamu kerjakan di rumah bersama keluarga.

1. Salat Berjamaah

Salat merupakan ibadah wajib dan termasuk dalam rukun Islam. Nilai salat yang kamu kerjakan akan semakin tinggi jika dikerjakan secara bersamaan atau berjamaah.

Dalam hal ini, seorang laki-laki dianjurkan untuk mengerjakan salat secara berjamaah di masjid. Namun jika tidak memungkinkan, mengerjakan salat berjamaah dan berdoa bersama di juga bisa menjadi amal saleh.

2. Membaca Al-Quran

Al-Quran merupakan kitab suci yang berisi firman-firman Allah. Umat Islam dianjurkan untuk selalu dekat dengan Al-Quran, baik dengan cara membacanya, menghafal, atau mempelajari kandungannya.

Dengan begitu, Al-Quran akan terasa dekat dan menjadi sahabat bagimu. Nantinya, Al-Quran akan datang di hari kiamat untuk memberikan syafaat kepada pembacanya. Nabi Muhammad bersabda:

“Bacalah Al-Quran karena pada hari kiamat, ia akan datang sebagai syafaat untuk para pembacanya.” (HR. Muslim)

3. Berdzikir

Sebagai seorang muslim, kamu diharuskan untuk selalu mengingat Allah atau berdzikir. Ada banyak bacaan dzikir yang bisa kamu baca kapan pun, tanpa perlu wudhu seperti membaca Al-Quran. Dzikir juga merupakan ibadah yang paling mudah untuk dikerjakan dalam kondisi apapun.

4. Membantu Orang Tua

Sebagai anak, kamu diwajibkan untuk berbakti kepada orang tua. Salah satu wujud bakti adalah dengan membantu meringankan beban mereka, dengan ikut andil dalam mengerjakan pekerjaan rumah.

Kamu bisa membantu dalam membersihkan rumah, mencuci piring, mencuci baju, dan sebagainya.

5. Menyambung Silaturahmi

Silaturahmi adalah amal saleh yang memiliki banyak manfaat dan keutamaan. Salah satunya, silaturahmi bisa memperpanjang umur dan membuka pintu rezeki.

Zaman dulu, untuk bersilaturahmi kamu harus keluar rumah dan berkunjung ke rumah orang lain. Namun sekarang, kamu bisa menyambung silaturahmi tanpa keluar rumah seperti dengan mengirim pesan, menelepon, atau video call.

Baca juga: Syirkah: Macam, Dasar Hukum, Syarat, Rukun, dan Contohnya

6. Belajar dan Menambah Wawasan

Umat Islam dianjurkan untuk tidak berhenti menuntut ilmu. Bahkan kata Nabi Muhammad, menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim dan muslimah.

Dengan kemajuan teknologi, kamu bisa belajar, menuntut ilmu, dan menambah wawasan tanpa keluar rumah. Salah satunya kamu bisa mengikuti kursus online yang marak saat ini.

7. Berprasangka Baik

Umat Islam diharuskan untuk selalu berprasangka baik atas semua ketetapan Allah untuk hidupnya. Selalu berpikir positif bahwa Allah tidak akan memberi ujian di luar batas kemampuan juga merupakan bagian dari amal saleh yang bisa dikerjakan di rumah.

8. Selalu Berkata yang Baik

Menjaga lisan merupakan kewajiban dan bagian dari kesalehan. Nabi Muhammad bahkan menegaskan bahwa bertutur kata yang baik juga merupakan bukti keimanan seseorang kepada Allah dan Hari Akhir. Beliau bersabda:

“Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah dia berkata yang baik atau diam.” (HR Bukhari)

9. Memuliakan Tamu

Bagian dari amal saleh yang bisa dikerjakan di rumah adalah menghormati dan memuliakan setiap tamu yang datang. Jika tamu itu adalah teman orang tua, ada baiknya kamu keluar dengan pakaian yang baik dan menyapa mereka dengan santun.

Nabi Muhammad bersabda: “Barang siapa beriman kepada Allah SWT dan hari akhir, maka hendaklah ia memuliakan tamunya.” (HR. Bukhari-Muslim)

10. Bersedekah

Menyisihkan harta untuk membantu orang lain yang membutuhkan juga merupakan amal saleh dengan pahala yang besar. Dalam Islam, sedekah tidak diatur nominalnya seperti zakat sehingga kamu bisa memberi berapapun asal didasari pada keikhlasan.

Kamu bisa menyalurkan sedekah tanpa keluar rumah dengan menggunakan OCBC mobile. Saat ini banyak lembaga yang siap menyalurkan sedekah, sehingga kamu hanya perlu transfer ke rekening mereka.

Selain itu, layanan Syariah OCBC juga memiliki e-Channel bersama Rumah Zakat yang siap menyalurkan zakat, infak, dan sedekah yang kamu berikan.

Baca juga: 9 Cara Beli Rumah Tanpa Riba yang Lebih Aman & Terjangkau

Story for your Inspiration

Baca

Investasi - 17 Mei 2024

ST012 – Pilihan berharga untuk masa depan sejahtera, bersama lestarikan bumi kita

Baca

Investasi - 17 Mei 2024

Strategi Barbel untuk Portofolio Obligasi Anda

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile