Berapa Suku Bunga KPR Saat Ini? Berikut Penjelasannya!

18 Apr 2024

Setiap tahun, Bank Indonesia (BI) selaku bank sentral selalu menetapkan suku bunga yang bisa jadi acuan perbankan di Indonesia. Lalu berapa suku bunga KPR saat ini?

Suku bunga merupakan salah satu komponen yang melekat erat dalam pemberian pinjaman dari bank, termasuk Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Saat mengajukan KPR, debitur tidak hanya membayar pokok hutangnya saja, melainkan bunga yang jumlahnya sekian persen dari total pinjaman yang diberikan.

Baca juga: 7 Tips Memilih KPR yang Aman Sesuai Kebutuhan, Wajib Tahu!

Mengenal Suku Bunga

Suku bunga atau interest rate adalah biaya yang dibebankan sebagai timbal balik antara pihak bank dan nasabah dalam menggunakan produk keuangan.

Perhitungan suku bunga biasanya dinyatakan dalam jumlah persen. Besaran bunga yang harus dibayarkan baik oleh nasabah atau pihak bank berdasarkan aturan bank dan kondisi perekonomian.

Alasan pengenaan bunga dalam transaksi pinjam meminjam adalah adanya nilai sekarang (present value) dan nilai masa depan (future value) dalam uang. Mudahnya, uang yang kita miliki di masa sekarang nilainya akan berkurang di masa depan.

Dengan demikian, suku bunga bisa menjadi perlindungan nilai bagi bank terhadap produk pinjaman yang diberikan kepada nasabah.

Baca juga: Syarat KPR Rumah Beserta Langkah-langkah Pengajuannya

Jenis Suku Bunga

Ada beberapa jenis suku bunga yang perlu kamu ketahui dalam sistem keuangan konvensional.

1. Suku Bunga Acuan

Suku bunga acuan atau yang dikenal dengan BI-Rate adalah besarnya bunga yang ditetapkan secara berkala oleh bank sentral, yaitu Bank Indonesia. Suku bunga inilah yang akan menjadi acuan berbagai produk pinjaman bank dan lembaga keuangan lainnya.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi penetapan suku bunga acuan, seperti tingkat inflasi, jumlah permintaan barang, kondisi ekonomi, serta banyaknya uang beredar di masyarakat.

2. Suku Bunga Kredit

Berikutnya adalah suku bunga kredit, yaitu suku bunga yang dikenakan atas pinjaman yang diberikan bank kepada debitur.

Dalam hal ini, debitur wajib membayar bunga dengan besaran tertentu yang ditetapkan bank, sebagai timbal balik atas penurunan uang di masa mendatang.

3. Suku Bunga Simpanan

Tak hanya di sektor pinjaman, suku bunga juga dikenal dalam produk simpanan atau tabungan. Bedanya, suku bunga simpanan ini merupakan biaya yang harus dibayarkan oleh bank kepada nasabah yang menyimpan atau menabung uang.

Dalam hal ini, suku bunga simpanan merupakan bentuk balas jasa bank kepada nasabah karena telah menabung di bank. Sehingga pihak bank bisa mengelola dana simpanan untuk mencapai laba.

Baca juga: 9 Cara Beli Rumah Tanpa Riba, Lebih Aman & Terjangkau

Suku Bunga KPR Saat Ini

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, suku bunga kredit, pinjaman, termasuk KPR mengacu pada suku bunga acuan yang ditetapkan oleh BI. Namun pada praktiknya, setiap bank bisa menetapkan suku bunga kreditnya masing-masing.

Artinya untuk mengetahui suku bunga KPR saat ini, kamu perlu menghubungi pihak bank dan menanyakannya secara langsung.

Memang hal ini membutuhkan effort lebih, namun bisa membantumu untuk mendapatkan bank dengan bunga KPR yang rendah.

Sebagai informasi, suku bunga acuan tahun 2024 ini masih sama seperti 2023 lalu, yaitu di angka 6,00%. BI menjelaskan beberapa alasan untuk tetap mempertahankan BI-Rate 6,00% tersebut.

Salah satu alasannya adalah untuk mempertahankan penguatan stabilitas nilai tukar Rupiah, serta sebagai langkah preemptive dan forward looking untuk memastikan inflasi tetap terkendali dalam sasaran 2,5±1% pada 2024.

Baca juga: Cara Menjual Rumah Melalui Bank beserta Tips dan Keuntungan

Bank dengan Suku Bunga KPR Rendah

Bunga KPR di setiap bank memang berbeda-beda. Namun rata-rata bunga KPR berada di angka 3,5% sampai 8% ke atas. Selain itu, ada dua skema penetapan suku bunga KPR yang biasa ditemukan, yaitu bunga fixed dan bunga floating.

Bunga fixed bersifat tetap, yaitu besaran bunga yang harus dibayarkan sama sampai waktu tertentu atau bahkan hingga cicilan lunas. Sementara bunga floating bersifat tidak tetap, sehingga besaran bunga setiap bulan akan berbeda-beda hingga jatuh tempo.

Salah satu bank yang menawarkan bunga KPR rendah adalah OCBC. OCBC menawarkan produk KPR dengan besaran suku bunga yang disesuaikan dengan promo yang sedang berlangsung. Salah satunya adalah produk KPR Kendali.

KPR Kendali adalah penawaran gabungan KPR dan tabungan sehingga memungkinkan pemohon mengendalikan atau mengatur bunga dan tenor KPR melalui saldo tabungan.

Dengan KPR Kendali dari OCBC, kamu bisa mengendalikan besaran bunga dan tenor KPR lewat saldo tabungan. Selain itu, tenor cicilan yang ditawarkan juga panjang, yaitu mencapai 25 tahun.

Pengajuannya mudah dengan syarat sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia
  • Berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah
  • Usia maksimal:
    • Karyawan: 55 tahun pada saat jangka waktu kredit berakhir
    • Pengusaha/Profesional: 70 tahun pada saat jangka waktu berakhir
  • Memiliki penghasilan tetap

OCBC menawarkan bunga KPR Kendali hingga 0% untuk membeli properti di Sinar Mas Land melalui Program Infinite Living.

Promo ini berlangsung mulai 1 Maret sampai 30 Juni 2024, dengan penawaran berupa:

  • Bunga KPR Kendali hingga 0%
  • Diskon hingga 26% dari harga jual
  • Subsidi DP hingga 20%
  • Insentif PPN

Syarat & Ketentuan Berlaku, info lebih lanjut web.ocbc.id/kpr-infinite

Baca juga: Minat KPR Syariah? Pelajari Simulasi & Perhitungannya Yuk!

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 27 Mei 2024

Ingin Liburan ke Cappadocia? Yuk Cek Cara Bikin Visa Turki Berikut!

Baca

Edukasi, Tips & Trick - 27 Mei 2024

Umur 30 Tidak Punya Tabungan? Ini Langkah untuk Perbaiki Finansial Kamu

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile