Strategi Barbel untuk Portofolio Obligasi Anda

17 Mei 2024 Ditulis oleh: Tim Wealth Management OCBC

Strategi barbel merupakan salah satu strategi investasi yang sering diterapkan oleh seorang investor untuk membagi investasi ke dalam 2 jenis pada klasifikasi aset yang sama.

Strategi ini dapat membantu investor untuk mengelola risiko volatilitas pada pasar modal, namun sambil tetap berinvestasi untuk memastikan imbal hasil yang tetap terjaga.

Seiring dengan peningkatan imbal hasil, atau koreksi harga pada obligasi pemerintah akhir-akhir ini tentunya hal ini membuka peluang untuk berinvestasi pada kelas aset obligasi. Namun dengan masih adanya risiko volatilitas yang diakibatkan oleh arah kebijakan suku bunga ke depannya, dapat menerapkan strategi barbel ini, dengan cara mengkombinasikan obligasi tenor pendek dan tenor panjang dalam suatu portfolio. Obligasi tenor pendek umumnya memiliki volatilitas yang relatif lebih rendah, sementara tenor panjang memiliki volatilitas yang lebih tinggi namun tentunya potensi kenaikan harga juga lebih tinggi pada tenor panjang.

Berikut perbedaan antara obligasi jangka pendek dan jangka panjang:

Strategi barbel memiliki keunggulan seperti:

  • Untuk mitigasi risiko, dengan mengatur durasi portofolio obligasi untuk menghindari pergerakan harga yang terlalu fluktuatif di tengah volatilitas pasar.
  • Merupakan salah satu cara seorang investor melakukan diversifikasi terhadap portofolio obligasi yang dimiliki, agar penempatan dana tidak terlalu terkonsentrasi pada satu seri tertentu.

Gunakan strategi barbel untuk memitigasi risiko dan mengoptimalkan potensi imbal hasil. Investasi pada obligasi lebih mudah sekarang di OCBC Mobile. Pada aplikasi OCBC Mobile, Anda dapat melihat berbagai pilihan Obligasi yang ditawarkan oleh Bank OCBC. Guna mempermudah untuk memilih Obligasi yang tepat dan diinginkan, Anda dapat menggunakan fitur “Urutkan & Filter”.

Melalui fitur ini, Anda dapat memprioritaskan daftar Obligasi berdasarkan Jatuh Tempo Terdekat dan Terjauh – untuk melihat Obligasi mana yang memiliki tenor terpendek hingga terpanjang, ataupun sebaliknya.

Selain itu juga, Anda dapat memprioritaskan daftar Obligasi berdasarkan Yield-To-Maturity (YTM) – untuk melihat Obligasi mana yang akan memiliki imbal hasil tertinggi per tahunnya apabila dipegang hingga jatuh tempo. Maka dari itu, jangan lupa untuk memanfaatkan fitur sebelum Anda melakukan pembelian Obligasi melalu aplikasi OCBC Mobile!

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 19 Jun 2024

5 Daftar Beasiswa dari Pemerintah, Calon Mahasiswa Merapat!

Baca

Edukasi - 19 Jun 2024

5 Rekomendasi Situs Lowongan Kerja Online Terpercaya

See All

Produk Terkait

Wealth Management

Wealth Management

Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile