Pelajari cara memisahkan uang pribadi dan uang bisnis agar laporan keuangan lebih jelas dan keputusan bisnis lebih tepat!
Sebagai pengusaha, kamu perlu memisahkan keuangan pribadi dan keuangan perusahaan. Hal ini berlaku untuk usaha di semua skala, mulai dari yang besar maupun kecil sekalipun.
Memisahkan uang pribadi dan usaha merupakan bentuk profesionalisme kamu dalam menjalankan bisnis. Ada beberapa alasan mengapa uang pribadi dan usaha harus dipisahkan.
1. Tertib Administrasi Keuntungan
Alasan pertama adalah untuk ketertiban administrasi keuangan perusahaan. Tentu saja hal ini harus dilakukan sejak awal kamu memulai bisnis, sehingga ketika sudah membesar, habit tersebut terus dilestarikan.
Bayangkan jika kamu tidak memisahkan kedua pos keuangan ini. Kamu pasti akan sembrono dalam menggunakan uang, tanpa memperhatikan uang apa yang kamu gunakan.
2. Bantu Melihat Performa Bisnis
Salah satu cara mengetahui performa bisnis yang kamu jalani adalah dengan melihat catatan keuangannya. Inilah mengapa memisahkan uang pribadi dan usaha sangat penting untuk dilakukan.
Catatan keuangan yang tertib dan terpisah antara uang pribadi dan usaha, akan membuatmu mengetahui berapa laba dan neraca keuangan bisnismu.
Dari catatan ini, kamu bisa menyimpulkan apakah usaha tersebut bisa survive atau tidak, sudah menguntungkan atau belum, hingga apakah usaha perlu suntikan modal.
3. Dasar Pengambilan Keputusan Usaha
Pemisahan uang pribadi dan usaha akan membuat catatan keuangan menjadi rapi dan terstruktur. Dengan begitu, kamu bisa mengambil keputusan penting terkait bisnis, mulai keperluan untuk menggaet investor baru hingga planning ekspansi.
Usaha yang mengalami perkembangan pesat ditandai dengan neraca keuangan yang baik. Ini tentu bisa menjadi dasar untuk mengambil keputusan ekspansi agar bisnis semakin besar.
Baca juga: Manajemen Keuangan: Pengertian, Prinsip, Fungsi, dan Tujuan
Cara Memisahkan Keuangan Pribadi dan Bisnis
Memisahkan keuangan pribadi dan bisnis itu bisa dilakukan dengan cara yang mudah, yaitu membuat dua rekening yang berbeda.
Khusus untuk usaha, kamu juga perlu menggunakan rekening khusus bisnis yang menawarkan kemudahan dan keuntungan dalam pencatatan keuangan perusahaan.
Untuk keperluan ini, kamu bisa menggunakan OCBC. Pasalnya, bank ini memiliki produk yang khusus untuk individu dan bisnis, yaitu OCBC mobile untuk rekening pribadi dan OCBC Business untuk keuangan usaha.
1. OCBC Business
OCBC memberikan layanan untuk memudahkan penyimpanan uang usaha melalui OCBC Business. Dengan produk ini, transaksi bisnis bisa dilakukan dengan mudah dimanapun dan kapanpun.
Ada tiga keuntungan yang ditawarkan OCBC Business. Pertama fleksibilitas dalam menentukan akses pengguna, limit transaksi, hingga skema otorisasi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis.
Keuntungan kedua adalah kemudahan dalam melakukan transaksi keuangan usaha dan memantau aktivitas rekening. Ketiga adalah aman, karena dijamin dengan sistem keamanan berlapis untuk menjaga kerahasiaan data.
Selain itu, ada banyak transaksi bisnis yang bisa dilakukan melalui OCBC Business, meliputi:
- Pemindahbukuan
- Transfer Domestik (LLG/SKN, RTGS, BI-FAST, Transfer Online)
- Transfer Valuta Asing (Telegraphic Transfer)
- Pembayaran Tagihan dan Pembelian
- Pembukaan dan Pemeliharaan Rekening Deposito
- Manajemen Likuiditas (Account Sweep In & Out)
- Online FX (real time transaksi FX)
- Transaksi Kolektif
- Pembayaran Gaji Karyawan/Pihak Ketiga
- Unggah Data Member Virtual Account
- Pembuatan Billing dan Pembayaran Pajak
- Instruksi Penarikan Tunai
- Pembukaan/Perubahan Bank Garansi dan Letter of Credit
Bagaimana cara mendaftar untuk OCBC Business? Nasabah bisa melakukan registrasi secara manual maupun online. Berikut penjelasannya!
Registrasi Manual
- Lengkapi dan menandatangani Formulir Aplikasi serta Syarat dan Ketentuan Layanan OCBC Business.
- Mengirimkan dokumen ke Relationship Manager atau Cabang terdekat.
- Akses login OCBC Business (PIN Mailer) akan dikirimkan ke surat elektronik yang terdaftar.
- Ikuti petunjuk pada surat elektronik untuk melakukan aktivasi pengguna.
- Kamu dapat menggunakan OCBC Business dengan mengakses https://business.ocbc.id.
Registrasi Online
- Masuk ke https://business.ocbc.id dan klik tombol “Daftar”.
- Lengkapi seluruh bagian pada layar pendaftaran dan unggah e-Form yang telah dilengkapi.
- Lakukan persetujuan pendaftaran dengan Tanda Tangan Elektronik sesuai petunjuk yang dikirimkan melalui surat elektronik yang terdaftar.
- Akses login OCBC Business (PIN Mailer) akan dikirimkan ke surat elektronik yang terdaftar.
- Ikuti petunjuk pada surat elektronik untuk melakukan aktivasi pengguna.
- Kamu bisa menggunakan OCBC Business dengan mengakses https://business.ocbc.id.
Baca juga: 5 Tips Buka Usaha Sembako di Rumah, Modal Kecil Cuan Besar!
2. Layanan Nyala
Jika keuangan usaha menggunakan OCBC Business, maka keuangan pribadi bisa menggunakan layanan perbankan dari OCBC, yaitu Nyala. Nyala by OCBC memberikan manfaat terbaik berdasarkan saldo gabungan dari berbagai produk yang kamu miliki di OCBC.
Artinya, kamu bisa mendapatkan manfaat dari setiap produk OCBC yang kamu miliki, mulai dari tabungan, deposito, rekening giro, tabungan berjangka, hingga produk investasi.
Mendapatkan manfaat dari Nyala sangat mudah. Cukup dengan memiliki total saldo gabungan rata-rata mulai Rp1 Juta per bulan, maka kamu sudah bisa mendapatkan banyak keuntungannya.
Nyala memberikan solusi untuk menumbuhkan uang dan menikmati benefit yang diberikan setiap bulan. Benefit yang diberikan antara lain:
- Pilihan lengkap tabungan dan investasi
- Bebas biaya transfer BI-FAST tanpa batas
- Bebas biaya transfer online antar bank hingga 30x
- Tarif khusus biaya transfer valas 1x per bulan untuk Nasabah level benefit Nyala Pro & Master
- Bebas biaya tarik tunai hingga 30x
- Bebas biaya top up e-wallet dan tagihan bulanan hingga 30
- Gratis ikut kelas finansial tanpa batas
- Gratis konsultasi hingga 6x dengan Nyala Trainer
- Rewards lebih dari Rp1,5 Juta dalam bentuk Poin Seru
Untuk menikmati semua kemudahan dan benefit Nyala tersebut, kamu perlu mendownload aplikasi OCBC mobile di App Store dan Play Store terlebih dulu.
Berikutnya lakukan pendaftaran atau pembukaan layanan Nyala dengan lima langkah mudah sebagai berikut:
- Buka aplikasi OCBC mobile, klik ‘Daftar OCBC mobile’ lalu pilih ‘Saya Belum Punya Rekening’
- Pilih layanan ‘Nyala’, buat akun dan aktifkan Nyala. Siapkan E-KTP dan klik ‘Ajukan Produk’
- Lengkapi data diri, lalu pilih kartu debit dan lokasi pengiriman kartu
- Verifikasi video, lalu kamu akan mendapat Nomor Rekening dan User ID. Masukkan User ID dan Password sementara yang dikirim via SMS
- Buat Password dan PIN Transaksi, lalu setujui syarat dan ketentuan
- Lakukan setoran awal dan rekening bisa digunakan
Selain Nyala, OCBC mobile juga memberi kemudahan. Melalui aplikasi ini, kamu bisa melakukan berbagai transaksi mulai dari menabung, investasi, hingga mengajukan pinjaman.
Selain itu, OCBC mobile juga punya fitur Life Goals yang bisa membantumu mencapai tujuan finansial. Yuk, gunakan OCBC mobile dan dapatkan semua kemudahannya sekarang!
Baca juga: 5+ Strategi Keuangan Perusahaan Agar Mendapat Profit Optimal