Proteksi Adalah: Pengertian,Jenis dan Tipsnya dalam Keuangan

27 Sep 2021 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Tingkatkan proteksi Anda untuk kehidupan yang sejahtera di masa mendatang!

Proteksi adalah upaya perlindungan pada diri yang didalamnya meliputi keuangan dan kesehatan. Pada dasarnya, proteksi sangat berguna untuk masa depan Anda dan kondisi darurat, seperti sakit, kerugian, pensiun atau meninggal dunia.

Dalam dunia asuransi, terdapat berbagai macam jaminan proteksi yang diberikan, bisa berwujud uang tunai atau biaya kerugian. Yuk, pahami cara meningkatkan proteksi Anda melalui ulasan berikut ini.


Pengertian Proteksi

Secara istilah, pengertian proteksi adalah usaha untuk melindungi suatu hal tertentu. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Proteksi diartikan sebagai perlindungan, bisa dalam perdagangan, industri dan sebagainya.

Pada konteks perbankan, proteksi adalah jaminan yang diberikan bank kepada nasabahnya yang biasanya berupa asuransi. Adapun berbagai macam jaminan asuransi yang diberikan seperti asuransi jiwa, kesehatan hingga pendidikan.


Apa yang Perlu Dilakukan dalam Meningkatkan Proteksi?

Pada dasarnya, proteksi adalah hal yang Anda perlukan untuk melindungi kekayaan yang mencakup uang, kesehatan atau aset berharga. Belum lagi, pada situasi darurat, Anda diharuskan mengeluarkan biaya besar dalam waktu cepat.

Tanpa adanya proteksi, kondisi tersebut bisa saja menyulitkan Anda dan keluarga. Jadi, apa yang harus Anda lakukan dalam upaya peningkatan proteksi? Berikut langkah-langkahnya.

  1. Miliki Asuransi Jiwa Sejak Dini
    Kematian bisa memberikan dampak bagi finansial keluarga. Apalagi jika kehilangan seseorang yang berperan memberikan nafkah dan mencukup keuangan keluarga. Dengan adanya asuransi jiwa, keluarga yang ditinggalkan akan menerima manfaat berupa sejumlah uang sebagai perlindungan.

  2. Bergabung dengan DPLK
    DPLK atau Dana Pensiun lembaga keuangan merupakan layanan yang dibentuk oleh bank. DPLK akan membantu Anda dalam menentukan uang pensiun sesuai keinginan. Nantinya, bank Akan memperhitungkan besaran iuran yang harus Anda bayarkan setiap bulan. Dengan begini, meski bukan PNS, Anda bisa mempersiapkan tabungan pensiun melalui DPLK.

  3. Identifikasi Resiko Sejak Awal
    Dengan melakukan identifikasi pada beberapa resiko yang menyebabkan kerugian finansial, Anda bisa menentukan lebih dini asuransi yang yang sesuai. Misalnya, jika Anda tinggal di daerah rawan bencana, maka Anda bisa memilih asuransi bencana alam. Atau jika Anda memiliki suatu penyakit, usahakan untuk memiliki asuransi kesehatan.

  4. Siapkan Jaminan Hari Tua
    Salah satu fungsi proteksi adalah menjamin hari tua Anda. Beruntunglah bagi Anda yang bekerja di sebuah perusahaan. Saat ini, pemerintah telah mewajibkan setiap perusahaan untuk memberikan BPJS ketenagakerjaan bagi setiap karyawannya. Selain itu, pastikan pula apakah perusahaan Anda memberikan program dan pensiun.


Jenis-jenis Proteksi dalam Asuransi

Baik, bank maupun perusahaan asuransi memberikan layanan proteksi dalam berbagai jenis. Mulai dari kebutuhan uang ganti rugi hingga biaya perawatan. Berikut jenis proteksi yang umumnya dihadirkan oleh pihak asuransi.

Proteksi Ganti Rugi Finansial
Jenis asuransi ini menekankan pada pemberian ganti rugi finansial yang telah dikeluarkan nasabah. Atau bisa juga jika terjadi kerugian pada aset Anda. Misalnya ketika rumah Anda mengalami kebakaran, Anda bisa memanfaatkan asuransi untuk perlindungan rumah dan isinya secara komprehensif, seperti Home Partner dari OCBC NISP.

Proteksi Perawatan
Proteksi asuransi tidak harus selalu berbentuk uang tunai. Seperti pada jenis yang satu ini, pihak asuransi memberikan proteksi berupa pelayanan. Misalnya, ketika Anda dirawat di rumah sakit, Anda tidak perlu mengeluarkan sepeserpun uang karena akan ditanggung oleh bank melalui asuransi kesehatan.

Proteksi Berupa Dana Pertanggungan
Dana pertanggungan merupakan penggantian yang diberikan untuk mendukung ekonomi keluarga yang ditinggalkan. Karena itu, uang ini biasanya diberikan melalui asuransi jiwa dengan resiko meninggal dunia atau cacat permanen yang tidak bisa lagi memberikan nafkah. Nantinya, uang ini akan diberikan kepada ahli waris sesuai dengan ketentuan polis yang berlaku.


Tips Meningkatkan Proteksi dalam Keuangan

Setiap orang memiliki kebutuhan proteksi yang berbeda-beda, tergantung dari potensi resiko yang bisa mereka alami. Tetapi, sebagai persiapan, Anda bisa menerapkan tips-tips berikut ini untuk meningkatkan proteksi finansial.

  • Ketika hendak memilih asuransi, pastikan dengan betul manfaat yang ditawarkan. Serta, perhatikan pula kapan Anda bisa melakukan klaim dan dalam kondisi seperti apa agar klaim diterima.

  • Bagi Anda yang mulai berkeluarga dan memiliki anak, ada baiknya memilih asuransi jiwa serta pendidikan yang menjamin masa depan keluarga Anda.

  • Bila perusahaan Anda menyediakan program pensiun, jangan abai untuk mengecek sebesar apa manfaat yang bisa Anda terima di masa depan. Apabila kurang mencukupi, Anda bisa bergabung dengan layanan dana pensiun DPLK.

  • Selain manfaat, jangan lupa untuk mengecek seberapa besar iuran yang harus Anda berikan untuk program dana pensiun perusahaan. Serta pastikan kapan Anda bisa melakukan klaim.

Itu dia penjelasan mengenai pengertian, tips dan jenis-jenis proteksi. Mengingat pentingnya proteksi, khususnya untuk perlindungan masa depan, OCBC NISP membantu para nasabah untuk bisa meningkatkan proteksi jiwa dan finansial. Salah satunya melalui layanan Great Treasure Assurance yang menawarkan manfaat uang pertanggungan hingga 40 kali premi.

Baca Juga:

Story for your Inspiration

Baca
Sumatra Elektrik Motor

Edukasi - 29 Apr 2024

Mau Kredit Motor Listrik? Simak Syarat dan Cara Pengajuannya Berikut!

Baca

Edukasi - 29 Apr 2024

Kredit Motor Tanpa DP: Ketentuan dan Cara Dapatnya

See All

Produk Terkait

Asuransi

Asuransi

Perlindungan demi masa depan yang lebih aman
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile